Indonesia Perdana Gelar ASEAN-Indo Pacific Forum

Forum ini adalah flagship event dari ASEAN 2023

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Indonesia akan menyelenggarakan ASEAN-Indo Pacific Forum atau AIPF, sebagai flagship event dari rangkaian keketuaan Indonesia di ASEAN 2023. AIPF akan digelar di Hotel Mulia, Jakarta, pada 5-6 September 2023.

Digelar bersamaan dengan KTT ASEAN ke-43 dan KTT Asia Timur, seremoni pembukaan AIPF akan dihadiri Presiden Republik Indonesia Joko "Jokowi" Widodo dan para pemimpin negara-negara anggota ASEAN.

Baca Juga: Menjelang ASEAN Summit 2023, Jurnalis Asing Harus Punya Visa Kunjungan

1. Perdana digelar di Indonesia

Indonesia Perdana Gelar ASEAN-Indo Pacific ForumBendera ASEAN dan mitra wicara di Hotel Shangri-La, Jakarta. (IDN Times/Sonya Michaella)

Forum perdana ini bertujuan memperkuat kerja sama dan kolaborasi inklusif antara negara-negara ASEAN dengan mitra di kawasan Indo-Pasifik, sehingga menjadikan ASEAN sebagai epicentrum of growth

“AIPF juga berfungsi sebagai platform bagi sektor publik, BUMN dan swasta dari negara anggota ASEAN dan mitra eksternal ASEAN untuk terlibat dalam diskusi yang konstruktif, menghasilkan proyek konkret, dan meningkatkan kolaborasi di kawasan Indo-Pasifik,” sebut pernyataan dari Kementerian Luar Negeri RI, Kamis (24/8/2023).

Baca Juga: Joe Biden Absen di KTT ASEAN Jakarta

2. Ada tiga isu utama yang akan dibahas

Indonesia Perdana Gelar ASEAN-Indo Pacific ForumSuasana KTT ASEAN hari kedua di Labuan Bajo. (dok. asean2023.id)

AIPF akan membahas tiga isu yang menjadi kepentingan bersama, yaitu infrastruktur hijau (green infrastructure) dan rantai pasok (supply chain) yang berketahanan, transformasi digital (digital transformation) dan ekonomi kreatif (creative economy), serta pembiayaan yang berkelanjutan dan inovatif (sustainable and innovative financing).

Sejumlah kepala negara dan pemerintahan akan menjadi pembicara kunci di acara ini. Beragam diskusi panel dan talkshow akan menghadirkan pimpinan industri dan eksekutif, serta para ahli. Selain itu, pameran proyek dan pertemuan business matching melengkapi rangkaian acara AIPF.

Baca Juga: Menkop UKM: ASEAN Harus Tingkatkan Daya Saing demi Pertumbuhan Ekonomi

3. Digelar sebagai implementasi konkret ASEAN Outlook on the Indo Pacific (AOIP)

Indonesia Perdana Gelar ASEAN-Indo Pacific ForumLogo keketuaan Indonesia di ASEAN 2023. (Youtube Setpres RI)

AIPF diselenggarakan sebagai implementasi konkrit dari ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) yang diadopsi negara-negara anggota ASEAN pada tahun 2019.

AOIP adalah inisiatif bertujuan memperkuat arsitektur regional yang inklusif. AOIP juga dimaksudkan untuk mendorong kolaborasi ketimbang rivalitas, memperkuat kerja sama win-win dan menangkap peluang yang ada di kawasan Indo-Pasifik.

AIPF diharapkan membuat kawasan Indo-Pasifik menjadi kawasan yang lebih terintegrasi erat dan saling terhubung, melalui kolaborasi yang inklusif. Sehingga pada gilirannya, dapat berkontribusi pada perdamaian, keamanan, stabilitas dan kemakmuran di kawasan. 

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya