Jokowi: RI Masuk 6 Negara dengan Comprehensive Power Melejit di Asia

Pengaruh diplomasi Indonesia terus meningkat tajam

Jakarta, IDN Times - Presiden Republik Indonesia Joko “Jokowi” Widodo mengungkapkan bahwa berdasarkan Lembaga Think Tank Australia Lowy Institute, Indonesia adalah middle power country di Asia dengan pengaruh diplomasi yang terus meningkat tajam.

“Indonesia juga termasuk satu dari enam negara di Asia yang mengalami kenaikan comprehensive power,” kata Jokowi dalam pidatonya di Sidang Tahunan MPR, DPR dan DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Salah satu peluang besar yang Indonesia dapatkan saat ini adalah kepercayaan dunia internasional. Jokowi juga mengatakan  Indonesia memiliki peran dan bukti nyata untuk bersikap, lewat Presidensi di G20, keketuaan Indonesia di ASEAN 2023 dan konsistensi Indonesia dalam menjunjung Hak Asasi MAnusia (HAM).

“Menghadapi krisis dunia 3 tahun terakhir ini telah mendongkrak dan menempatkan Indonesia kembali dalam peta percaturan dunia dan di tengah kondisi dunia yang bergolak akibat perbedaan,” ungkap Jokowi.

“Indonesia dengan Pancasila-nya, dengan harmoni keberagamannya, dengan prinsip demokrasinya mampu menghadirkan ruang dialog, mampu menjadi titik temu dan menjembatani perbedaan- perbedaan yang ada,” tegas Jokowi lagi

Baca Juga: Biografi Sutan Sjahrir Sang Ahli Diplomasi di Balik Kemerdekaan RI

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya