Jokowi: Stabilitas Adalah Kunci Kemakmuran

Jokowi tegaskan KTT ASEAN hasilkan banyak hal

Jakarta, IDN Times - Presiden Republik Indonesia Joko “Jokowi” Widodo kembali menyinggung bahwa stabilitas dan perdamaian adalah kunci dari kemakmuran.

“Bahwa dunia membutuhkan safe house, bahwa kolaborasi dan kerja sama itu harus diutamakan,” kata Jokowi, usai gelaran KTT ke-43 ASEAN, di JCC, Jakarta, Kamis (7/9/2023).

“Indonesia akan terus menyuarakan kepentingan negara berkembang terkait inklusif dan hak-hak untuk menyejahterahkan rakyatnya termasuk di dalamnya adalah industrial down streaming, hilirisasi industri,” tambah Jokowi.

Baca Juga: KTT ASEAN 2023 Ditutup, Jokowi Serahkan Kepemimpinan ASEAN ke Laos

1. KTT ASEAN hasilkan banyak hal

Jokowi: Stabilitas Adalah Kunci KemakmuranPresiden Jokowi menyerahkan palu kepemimpinan ASEAN kepada Perdana Menteri Laos, Sonexay Siphandone (YouTube/Setpres)

Sementara itu, Jokowi mengatakan di tengah situasi yang sulit ini, keketuaan Indonesia menghasilkan banyak hal dalam upaya menjaga perdamaian, menjaga stabilitas, dan menjaga kemakmuran kawasan.

"Di forum memang saya sampaikan bahwa setiap pemimpin yang hadir punya tanggung jawab yang sama-sama besar untuk tidak menciptakan konflik baru, untuk tidak menciptakan ketegangan baru," ucap Jokowi lagi.

"Saya pastikan dunia ini akan hancur jika konflik dan ketegangan di suatu tempat dibawa dan dijadikan tarik-menarik di tempat lain," lanjut dia.

Baca Juga: Pidato Lengkap Presiden Jokowi di Penutupan KTT ASEAN 2023

2. Perbedaan harus dijembatani

Jokowi: Stabilitas Adalah Kunci KemakmuranPresiden Jokowi buka KTT ke-20 ASEAN-India 2023 di Jakarta, Kamis (7/9/2023). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi juga kembali mengingatkan jika semua negara tidak mampu mengelola perbedaan, maka semuanya akan hancur.

"Dunia ini butuh jangkar, butuh penetral, butuh safe house," tegasnya.

3. Ada manfaat terkait ekonomi dalam KTT ASEAN

Jokowi: Stabilitas Adalah Kunci KemakmuranKonferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa (5/9/2023) di Jakarta Convention Center. (Dok. Golkar)

Selain itu, Jokowi juga mengungkapkan ada banyak keputusan yang sudah dihasilkan dari KTT ke-43 ASEAN, salah satunya soal ekonomi.

“Ada banyak keputusan yang sudah dihasilkan termasuk tadi yang sudah saya sampaikan deklarasi East Asia Summit mengenai pusat pertumbuhan, Kemudian pengembangan ekosistem EV baterai, kemudian percepatan pelaksanaan local currency transaction,” katanya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya