KBRI Beijing Rayakan HUT ke-77 RI Bersama WNI dan Diaspora 

Pelajar Indonesia diharapkan segera kembali ke China

Jakarta, IDN Times - Setelah dua tahun tidak menggelar perayaan HUT RI akibat pandemik COVID-19, tahun 2022 bendera Merah Putih kembali dikibarkan di halaman KBRI Beijing, China, dalam rangka HUT ke-77 RI.

Acara upacara pengibaran bendera tersebut dilaksanakan tepat pukul 09.00 pagi waktu Beijing pada 17 Agustus 2022. Upacara diikuti sekitar 150 orang yang terdiri dari staf KBRI, serta WNI dan diaspora Indonesia.

Baca Juga: WNI dan Diaspora Hadiri Upacara HUT RI ke-77 di PTRI Jenewa

1. Dubes RI berharap para pelajar Indonesia bisa segera kembali ke China

KBRI Beijing Rayakan HUT ke-77 RI Bersama WNI dan Diaspora Duta Besar RI untuk China, Djauhari Oratmangun. (dok. KBRI Beijing)

Duta Besar RI untuk China, Djauhari Oratmangun, mengatakan bahwa saat ini hubungan Indonesia dan China semakin kuat dengan ditandainya kunjungan Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo ke Beijing beberapa hari lalu.

“Saya berharap acara-acara selanjutnya juga bisa lebih meriah dengan harapan, WNI, khususnya mahasiswa Indonesia bisa segera kembali ke China,” kata Djauhari, dalam keterangan tertulis KBRI Beijing yang diterima IDN Times, Sabtu (20/8/2022).

Baca Juga: Australia Protes Pelaku Bom Bali Dapat Remisi Saat HUT RI

2. Panggung Gembira hadir di KBRI

KBRI Beijing Rayakan HUT ke-77 RI Bersama WNI dan Diaspora Kemeriahan HUT RI-77 di China. (Dok. KBRI Beijing)

Setelah upacara, staf KBRI Beijing menyaksikan upacara kemerdekaan di Istana Negara secara virtual. Rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-77 RI diakhiri dengan kegiatan keruk tumpeng oleh Djauhari beserta istri dan diakhiri dengan acara panggung gembira.

Acara panggung gembira diisi oleh pentas seni dan budaya Indonesia berupa tarian daerah, lagu-lagu daerah dan perjuangan, stand-up comedy hingga sulap yang dipersembahkan diaspora, WNI dan staf KBRI Beijing.

Selain persembahan seni budaya, KBRI Beijing juga melakukan promosi kuliner dengan menghidangkan semur daging dan soto Wonosobo.

Baca Juga: Keren! Warga Venezuela Ikut Meriahkan HUT RI ke-77 

3. Fokus kerja sama ekonomi saat bertemu Xi Jinping

KBRI Beijing Rayakan HUT ke-77 RI Bersama WNI dan Diaspora Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden China, Xi Jinping di Beijing (dok. Sekretariat Presiden)

Adapun Jokowi merupakan Presiden pertama yang diterima Presiden China Xi Jinping dalam kondisi pandemik COVID-19. Dua tahun sudah China tak menerima kunjungan pemimpin negara lain karena pembatasan terkait penyebaran COVID-19.

Saat bertemu Jinping pada akhir Juli lalu, fokus kunjungan Presiden Jokowi adalah membahas penguatan kerja sama ekonomi, khususnya di bidang perdagangan dan investasi.

Baca Juga: Jokowi Bantah Konflik China-AS Meluas ke Laut China Selatan

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya