Keren! Gerai Kopi Indonesia Pertama Dibuka di San Fransisco

Diresmikan oleh Konjen RI di San Fransisco

Jakarta, IDN Times - Kopiku Coffee, sebuah gerai kopi pertama Indonesia resmi dibuka di San Fransisco, Amerika Serikat (AS) pada 9 Januari 2024 kemarin. Kopiku Coffee berlokasi di jantung kota San Fransisco, tepatnya di Lombard Street.

Pembukaan gerai kopi ini sekaligus menandai pembukaan diplomasi ekonomi Indonesia di San Francisco tahun 2024, termasuk untuk mendorong semakin tumbuh dan berkembangnya bisnis kopi Indonesia di San Fransisco.

“Hari ini, dengan bangga, kami buka gerai kopi pertama Indonesia milik masyarakat Indonesia di San Francisco. Selamat kepada Bapak Adhi dan Ibu Manda, semoga bisnis ini sukses terus, dan kopi Indonesia lebih dikenal dan menjadi primadona,” kata Konsul Jenderal RI untuk San Fransisco, Prasetyo Hadi, dikutip laman Kementerian Luar Negeri RI, Minggu (14/1/2024).

1. Kolaborasi dengan Diaspora Indonesia

Keren! Gerai Kopi Indonesia Pertama Dibuka di San FransiscoKopiku Coffee milik diaspora Indonesia di San Fransisco, AS. (dok. KJRI SF)

Menurut Prasetyo, kolaborasi dengan para diaspora Indonesia di luar negeri juga perlu digalakkan lagi.

“Kita perlu memanfaatkan momentum ini untuk menggalang lebih banyak kolaborasi dengan diaspora kita dalam melaksanakan kegiatan ekonomi yang manfaatnya bisa langsung dirasakan,” ujar Prasetyo.

Berkumpulnya masyarakat pecinta kopi di acara tersebut, digunakan pula untuk menyampaikan pesan semakin baiknya hubungan Indonesia dan AS sejak peluncuran comprehensive strategic partnership kedua negara pada kunjungan Presiden Joko Widodo bulan November 2023 ke Washington DC dan San Francisco dalam menghadiri APEC Leaders’ Summit.

Baca Juga: 9 Restoran Indonesia yang Populer di Amerika Serikat, Semuanya Nikmat

2. Representasi kekayaan kopi Indonesia

Keren! Gerai Kopi Indonesia Pertama Dibuka di San FransiscoKopiku Coffee milik diaspora Indonesia di San Fransisco, AS. (dok. KJRI SF)

Gerai kopi ini merupakan representasi dari kekayaan kopi dan budaya Indonesia. Lahir dari semangat menyuguhkan kopi Indonesia yang berkualitas, gerai kopi ini merupakan hasil jeri payah Adhi dan Manda, sepasang suami istri yang merupakan masyarakat dan diaspora Indonesia di wilayah San Francisco.

Usaha tersebut dimulai dari gerai kopi yang diberi nama Beaneka, terinspirasi dari semboyan nasional Bhinneka Tunggal Ika yang menjual berbagai biji kopi pilihan.

Kini, berkat dukungan KJRI San Francisco beserta diaspora serta mitra lainnya, Kopiku Coffee dapat berdiri di San Francisco. Usaha ini juga dibangun untuk mendukung ekonomi petani kopi Indonesia dengan pemilik Kopiku Coffee yang memberikan edukasi mengenai kopi dan bisnisnya di AS.

Bisnis tersebut juga dijalankan untuk mendukung upaya agar berkesinambungan dan ramah lingkungan.

3. Gastrodiplomasi Indonesia di AS semakin luas

Keren! Gerai Kopi Indonesia Pertama Dibuka di San FransiscoKopiku Coffee milik diaspora Indonesia di San Fransisco, AS. (dok. KJRI SF)

Dengan beroperasinya gerai kopi baru Indonesia di San Francisco, akan semakin meningkatkan upaya gastrodiplomasi yang kini semakin digaungkan pemerintah Indonesia.

Gastrodiplomasi merupakan bagian upaya mendukung bisnis kuliner dan diplomasi ekonomi, terutama guna mendorong penguatan kolaborasi sesama pelaku bisnis dan kuliner Indonesia di San Francisco.

Baca Juga: Mantap! Kopi Indonesia Dipamerkan di Amerika Utara

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya