Konsulat Diserang, Iran Sebut Israel Langgar Hukum Internasional

Menyerang fasilitas diplomatik adalah pelanggaran

Jakarta, IDN Times - Kedutaan Besar Iran di Jakarta mengecam keras serangan Israel ke Konsulat Iran di Damaskus, Suriah. Serangan tanpa alasan ini merupakan pelanggaran berat atas hukum internasional karena menyerang fasilitas diplomatik.

“Aksi mengerikan ini merupakan pelanggaran serius terhadap hukum internasional, termasuk Konvensi Wina tentang Hubungan Diplomatik tahun 1961. Israel telah melanggar hukum dengan menyerang fasilitas diplomatik,” sebut pernyataan Kedubes Iran di Jakarta, Kamis (4/4/2024).

“Serangan terhadap misi diplomatik tidak hanya merusak keselamatan dan keamanan personel diplomatik tetapi juga bertentangan dengan prinsip kedaulatan dan non-intervensi yang merupakan landasan hubungan internasional dan diplomasi,” lanjut pernyataan itu.

1. PBB harus ambil langkah tegas

Konsulat Diserang, Iran Sebut Israel Langgar Hukum InternasionalPixabay.com/padrinan

Iran meminta agar PBB segera mengambil langkah tegas terkait serangan Israel ke Konsulat Iran di Damaskus ini.

“Sangat penting bagi pihak yang melakukan penyerangan untuk bertanggung jawab penuh atas tindakannya, yang secara terang-terangan telah mengabaikan norma dan konvensi yang mengatur interaksi antar negara secara damai dan beradab,” demikian bunyi pernyataan tersebut.

Baca Juga: Pemimpin Iran: Kami Bakal Bikin Israel Menyesal!

2. Israel bom Konsulat Iran di Suriah dan tewaskan 7 orang

Sebagai informasi, Israel mengebom Konsulat Iran di Suriah pada Senin kemarin dan menewaskan setidaknya tujuh orang, termasuk tiga komandan senior.

Brigjen Mohammad Reza Zahedi, Komandan Senior Pasukan Quds dan Brigjen Mohammad Hadi Haji Rahimi termasuk di antara korban tewas.

Pemerintah Iran dan Suriah mengutuk keras serangan tersebut, yang menghancurkan sebuah gedung di sebelah Kedutaan Besar Iran.

“Kami mengutuk keras serangan teroris keji ini yang menargetkan gedung konsulat Iran di Damaskus dan menewaskan sejumlah orang,” kata Menteri Luar Negeri Suriah, Faisal Mekdad.

3. Dubes Iran dinyatakan selamat

Sementara itu, Duta Besar Iran untuk Suriah Hossein Akbari dinyatakan selamat dan tidak terluka.

“Tujuh orang yang tewas ini termasuk diplomat. Iran akan membalasnya,” sebut pemerintah Iran.

Iran sendiri yakin bahwa Israel menargetkan tiga komandan Iran, salah satunya adalah Zahedi yang pernah menjadi penasihat militer di Suriah dan serta menjabat sebagai panglima Pasukan Quds di Lebanon dan Suriah.

Baca Juga: Indonesia Kecam Serangan Israel ke Kedutaan Iran di Suriah

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya