KTT ASEAN 2023, Jokowi: 5PC Tetap Pedoman untuk Akhiri Krisis Myanmar

Jokowi minta ASEAN semakin taktis dan sigap

Jakarta, IDN Times - Presiden Republik Indonesia Joko “Jokowi” Widodo menegaskan, Lima Poin Konsensus (5PC) akan tetap menjadi pedoman utama ASEAN untuk membantu menyelesaikan konflik Myanmar.

“Terkait implementasi 5PC, saya ingin ingatkan bahwa 5PC adalah upaya kolektif ASEAN sebagai keluarga, yang telah disepakati para pemimpin ASEAN di Jakarta pada 24 April 2021. Dan 5PC akan tetap jadi pedoman utama ASEAN,” kata Jokowi, dalam pembukaan Retreat KTT ke-43 ASEAN, di Plenary Hall, JCC, Jakarta, Selasa (5/9/2023).

“Oleh sebab itu, demi kepentingan keluarga ASEAN, kita harus berani mengevaluasi diri, membahas permasalahan secara terbuka, dan mencari solusi bersama. Kita butuh upaya yang lebih taktis dan extraordinary untuk implementasikan 5PC,” lanjut dia.

Dalam format Retreat ini, Jokowi dan para pemimpin ASEAN lainnya akan me-review implementasi 5PC dan implementasi ASEAN Outlook on the Indo Pacific.

“Dan terkait kerja sama Indo-Pasifik, ASEAN-Indo Pacific Forum sebagai bentuk konkret ASEAN Outlook on Indo-Pacific telah menarik banyak minat, baik dari kalangan pemerintah dan swasta. Saya harap keberlangsungan implementasi AOIP dapat terus dijaga,” ujar Jokowi.

Baca Juga: Fakta-fakta seputar KTT ASEAN yang Perlu Kamu Ketahui!

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya