Menlu: Bantuan Kemanusiaan Tahap Kedua untuk Gaza Sedang Disiapkan

Beberapa alat kesehatan masih harus dibeli dulu

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi mengungkapkan, bantuan kemanusiaan tahap kedua dari Indonesia untuk masyarakat Palestina di Gaza, sedang dipersiapkan.

Retno mendampingi Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo serta Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, pagi ini melepas bantuan kemanusiaan tahap pertama dari Indonesia ke Gaza. Bantuan ini akan diterbangkan ke Mesir.

“Barang sudah mulai (disiapkan), termasuk barang-barang alat kesehatan yang harus kita pesan. Tidak ready stock, dan harus dipesan dulu. Jadi ketika barang-barang tersebut sudah siap dan barang-barang yang lain ada, maka akan berangkat secepatnya,” kata Retno, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (4/11/2023).

1. Bantuan akan dikawal Wamenlu sampai Mesir

Menlu: Bantuan Kemanusiaan Tahap Kedua untuk Gaza Sedang DisiapkanWakil Menteri Luar Negeri RI Pahala Mansury. (dok. Kemlu RI)

Retno mengatakan bahwa Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury akan ikut mengawal bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk Gaza.

“Satu tambahan, bahwa untuk batch pertama ini yang akan menjadi komandan adalah Pak Wamenlu. Jadi Pak Wamenlu akan berangkat bersama pesawat-pesawat yang akan berangkat di batch pertama ini,” ujar Retno lagi.

2. Wamenlu akan serahkan bantuan Bulan Sabit Merah Mesir

Sementara itu, Pahala mengonfirmasi bahwa dirinya dan tim akan menyerahkan bantuan tersebut kepada Bulan Sabit Merah Mesir, yang memiliki wewenang untuk bisa sampai ke perbatasan Rafah guna menyerahkannya ke badan-badan PBB di Gaza.

“Memang kita sudah berkoordinasi dengan mereka, saat ini yang mendapatkan kewenangan adalah pemerintah Mesir. Satu-satunya jalur yang dibuka ke Gaza itu hanya perbatasan Rafah, dan Bulan Sabit Merah Mesir adalah lembaga yang paling memungkinkan masuk ke perlintasan tersebut,” ujar Pahala.

Pahala melanjutkan, dari Bulan Sabit Merah Mesir, bantuan-bantuan tersebut akan disalurkan ke badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) untuk diserahkan ke masyarakat Gaza.

3. Bantuan diangkut dua pesawat Hercules

Menlu: Bantuan Kemanusiaan Tahap Kedua untuk Gaza Sedang DisiapkanIndonesia kirimkan bantuan kemanusiaan ke Palestina dari Landud Halim Perdanakusuma, Jakarta (4/11/2023) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Pantauan IDN Times di lokasi hari ini, sejumlah paket bantuan kemanusiaan dari berbagai lembaga maupun pemerintah dipersiapkan di Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Terlihat pula dua pesawat Hercules A-1328 dan A-1327 yang dipakai untuk mengirimkan bantuan terparkir di Lanud Halim Perdanakusuma.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya