Menlu Thailand Akui Sudah Bertemu Aung San Suu Kyi

Don Pramudwinai temui Suu Kyi belum lama ini

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai mengonfirmasi telah bertemu dengan pemimpin de facto Myanmar yang digulingkan, Aung San Suu Kyi.

“Pertemuan yang baik. Dia dalam kondisi yang baik,” kata Don, ketika ditemui usai retreat Menteri Luar Negeri ASEAN, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (12/7/2023).

“Setelah dua tahun, ada perkembangan ini, ya ini positif,” ungkap Don lagi.

Baca Juga: Konflik Myanmar Jadi Isu Bahasan Retreat Menlu ASEAN

1. Ada pesan Suu Kyi untuk junta militer Myanmar

Menlu Thailand Akui Sudah Bertemu Aung San Suu KyiAung San Suu Kyi (facebook.com/Aung San Suu Kyi)

Sementara itu, Don mengungkapkan Suu Kyi sempat menitipkan pesan kepadanya untuk junta militer Myanmar. Suu Kyi, kata Don, berpesan agar terus mendorong dialog perdamaian.

“Harus ada keterlibatan dengan otoritas di Naypyidaw,” ujar Don lagi.

“Lima Poin Konsensus, kami mematuhinya. Tetapi ini adalah pendekatan, bahwa kami ingin melihat penyelesaian damai, pendekatan yang sama,” lanjut dia.

Baca Juga: PM Thailand Prayut Chan-o-cha Umumkan Mundur dari Dunia Politik

2. Thailand akui sudah 3 kali adakan pertemuan informal untuk bantu Myanmar

Menlu Thailand Akui Sudah Bertemu Aung San Suu KyiMenteri Luar Negeri Thailand, Don Pramudwinai. (IDN Times/Sonya Michaella)

Sebelumnya, Don juga mengakui bahwa Thailand sudah tiga kali mengadakan pertemuan informal untuk membantu menyelesaikan konflik di Myanmar. Yang terakhir, digelar di Pattaya, pada pertengahan Juni 2023 kemarin dan Indonesia menolak hadir.

“Pertemuan di Pattaya itu adalah yang ketiga kalinya. Ini merujuk pada artikel nomor 14, yakni terbuka untuk semua pendekatan (untuk isu Myanmar). Jadi, pertemuan pertama dan kedua, termasuk yang ketiga merujuk juga pada artikel 14 tersebut, di mana boleh ada pendekatan lain," kata Don, kemarin.

Don juga mengatakan, Myanmar pasti memiliki caranya sendiri untuk menyelesaikan konflik yang sedang terjadi saat ini.

Baca Juga: 13 WNI Kembali Diselamatkan dari Online Scam Myanmar

3. Indonesia sebut pertemuan di Pattaya bukan main track ASEAN

Menlu Thailand Akui Sudah Bertemu Aung San Suu KyiMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi membuka retreat AMM/PMC di Jakarta. (dok. Gallery ASEAN 2023).

Sementara itu, Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, buka suara soal pertemuan informal yang diinisiasi Menteri Luar Negeri Thailand, Don Pramudwinai di Pattaya tersebut.

“Soal informal meeting yang di Thailand, sekali lagi, saya menegaskan bahwa itu adalah informal meeting dari sebuah negara ASEAN. Yang hadir saat itu hanya menteri luar negeri tuan rumah dan Menlu Laos serta jalur yang diambil dalam pelaksanaan itu bukan main track dari ASEAN,” kata Retno, dalam jumpa pers di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Jumat (7/7/2023) lalu.

Retno menegaskan, hingga hari ini ASEAN masih merujuk pada Lima Poin Konsensus (5PC) untuk menyelesaikan konflik di Myanmar.

"Di sela-sela pertemuan ASEAN antara Summit - AMM - Summit, Indonesia sebagai ketua telah dan akan terus melakukan komunikasi intensif dengan semua pihak, dalam rangka mengimplementasikan 5PC,” ucap Retno.

“Karena, 5PC adalah kesepakatan dari ASEAN, disepakati oleh para ASEAN leaders, dan 5PC harus menjadi rujukan utama ASEAN untuk meng-engage dan menyelesaikan isu Myanmar,” lanjut dia.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya