Penghormatan Terakhir Publik Rusia untuk Mikhail Gorbachev 

Gorbachev adalah Presiden terakhir Uni Soviet

Jakarta, IDN Times - Rakyat Rusia mulai berkumpul untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Mikhail Gorbachev, Presiden terakhir Uni Soviet yang juga mengakhiri Perang Dingin.

Antrean publik mengular melewati peti Gorbhachev di Moskow sebelum nantinya akan digelar upacara pemakaman pada malam hari ini waktu setempat.

Gorbachev meninggal dunia pada Selasa (30/8/2022) dalam usia 91 tahun. Gorbachev akan dimakamkam di Pemakaman Novodevichy, Moskow, tepat di sebelah makam istrinya yang meninggal pada 1999 silam.

Baca Juga: Eks Presiden Uni Soviet Mikhail Gorbachev Meninggal Dunia

1. Putin tak hadir di pemakaman Gorbachev

Penghormatan Terakhir Publik Rusia untuk Mikhail Gorbachev Vladimir Putin Meletakkan Bunga Mawar Merah di Samping Peti Mikhail Gorbachev (twitter/@Michael46937887)

Dilansir dari BBC, Sabtu (3/9/2022), Presiden Rusia, Vladimir Putin, dipastikan tak dapat menghadiri pemakaman Gorbachev karena padatnya jadwal.

“Seremoni perpisahan dan pemakaman digelar pada 3 September, tapi sayangnya jadwal kerja presiden tidak mengizinkannya untuk hadir,” kata Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov.

Peskov menegaskan, Putin telah memberikan penghormatan terakhir pada Gorbachev di rumah sakit tempat ia menghembuskan napas terakhirnya. Putin juga telah meletakkan bunga mawar merah di samping peti Gorbachev. 

Baca Juga: Putin Ingin Menambah Pasukan Rusia Sebanyak 137.000 Orang pada 2023

2. Gorbachev mengakhiri Perang Dingin

Penghormatan Terakhir Publik Rusia untuk Mikhail Gorbachev Pertemuan Pemimpin Uni Soviet, Mikhail Gorbachev, dan Deng Xiaoping di Kota Beijing pada tahun 1989. twitter.com/prchovanec

Gorbachev menjabat sebagai Presiden Uni Soviet pada 1985 hingga 1991 sebelum Uni Soviet pecah. Ia mampu mengakhiri Perang Dingin tanpa pertumpahan darah.

Meski demikian, ia banyak mendapat cemooh dari warga Rusia karena dianggap bertanggung jawab atas runtuhnya Soviet. Namun ia banyak mendapat pujian oleh Barat.

Seremoni pemakaman Gorbachev akan digelar hari ini di Moscow Hall of Columns yang kerap digunakan seremoni pemakaman para pejabat tinggi Rusia, termasuk Joseph Stalin pada 1953 silam.

Baca Juga: Putri Sahabat Putin Terbunuh akibat Ledakan Bom di Mobil

3. Gorbachev adalah Presiden terakhir Soviet

Penghormatan Terakhir Publik Rusia untuk Mikhail Gorbachev pemimpin terakhir Uni Soviet, Mikhail Gorbachev (twitter.com/mgorbachev)

Gorbachev lahir di Privolnoye, Rusia, pada 2 Maret 1931 silam. Ia merupakan politisi Rusia yang juga menjabat sebagai Presiden Uni Soviet meski hanya sebentar yaitu dari 1990 hingga 1991.

Ia juga sempat menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis pada 1985 hingga 1991. Gorbachev terkenal dengan dua kebijakannya yang cukup populer yaitu glasnost dan perestroika.

Gorbachev juga sekaligus presiden Soviet yang terakhir sebelum Soviet runtuh karena sejumlah wilayah melepaskan diri dan membentuk negara masing-masing.

Baca Juga: Rusia Ketar-Ketir, Khawatir Tak Dapat Visa AS Jelang Sidang Umum PBB  

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya