Presiden Xi Jinping Terima Prabowo, Siap Kerja Sama Lebih Luas

Xi Jinping selamati Prabowo terpilih jadi presiden RI

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan sekaligus presiden terpilih RI, Prabowo Subianto diterima oleh Presiden China Xi Jinping dalam kunjungannya hari ini ke Beijing.

Dalam keterangan yang diterima dari Kedutaan Besar China di Jakarta, Senin (1/4/2024), Xi mengucapkan selamat kepada Prabowo atas terpilihnya sebagai presiden Indonesia, dan meminta dia menyampaikan salam tulus kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Xi juga mengatakan, dalam 10 tahun yang lalu, ia dan Jokowi menuntun perkembangan hubungan kedua negara yang komprehensif dan pesat.

Baca Juga: Taiwan Diduga Siapkan Pelarian ke AS jika Perang dengan China Pecah

1. Hubungan China-Indonesia masuki tahap baru

Kepada Prabowo, Xi mengatakan bahwa hubungan antara China dan Indonesia sudah memasuki tahap baru, terutama dari segi strategis dan jangka panjang. Kedua negara juga bersedia memperdalam kerja sama strategis komprehensif.

"Membentuk komunitas senasib sepenanggungan China-Indonesia yang berpengaruh regional maupun global, memberikan lebih banyak kesejahteraan kepada rakyat kedua negara, serta memberikan kontribusi positif demi perdamaian, kestabilan dan kemakmuran kawasan maupun dunia," kata Xi.

2. Kunci hubungan dua negara harmonis adalah saling percaya

Presiden Xi Jinping Terima Prabowo, Siap Kerja Sama Lebih LuasIlustrasi bendera China. (unsplash.com/Arthur Wang)

Selain itu, Xi menekankan, kunci pencapaian berharga dalam hubungan China-Indonesia terletak pada berpegang pada kemandirian strategis, saling percaya dan saling membantu, kerja sama yang saling menguntungkan, serta keadilan dan kesetaraan.

"China dan Indonesia adalah negara yang mulai berkembang pesat dan perwakilan dari negara-negara berkembang. Kedua negara juga saling mendukung dalam perjuangan kemerdekaan dan pembangunan nasional," ungkap Xi lagi.

Baca Juga: Prabowo akan Berkunjung ke China Penuhi Undangan Presiden Xi Jinping

3. China bersedia memperkuat kerja sama dengan Indonesia

Xi juga menegaskan bahwa China siap mengembangkan dan memperkuat kerja sama dengan Indonesia ke depannya.

"China bersedia mempertahankan pertukaran yang erat dengan Indonesia, bertukar pengalaman dalam tata kelola negara, memperkuat strategi pembangunan, dan terus memperdalam kerja sama maritim. China kuga bersedia memperkuat kerja sama dan memberikan dukungan dengan Indonesia di bidang pengentasan kemiskinan," ucap Xi lagi.

Usai dari China, rencananya Prabowo bakal menyambangi Jepang pada 2-3 April 2024.

Baca Juga: Presiden China Xi Jinping Ucapkan Selamat ke Prabowo

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya