RI-Norwegia Jajaki Kerja Sama Percepatan Energi Terbarukan

Nilai komitmen kerja sama mencapai 250 juta dolar AS

Jakarta, IDN Times - Indonesia dan Norwegia telah menjajaki potensi kerja sama bisnis di bidang energi terbarukan, untuk mempercepat realisasi komitmen kontribusi investasi Norwegia dalam Just Energy Transition Partnership (JETP) sebesar 250 juta dolar AS untuk proses dekarbonisasi Indonesia.

Norwegia merupakan salah satu negara yang memberikan komitmen pendanaan JETP Indonesia yang diumumkan pada rangkaian pertemuan G20 di Bali, November 2022. 

Rangkaian pertemuan ini digelar pada 9-12 Oktober 2023 di ibu kota Oslo, Norwegia atas prakarsa KBRI Oslo dengan KADIN Indonesia serta Innovation Norway dan Indonesia Norway Society.

“Kunjungan bisnis merupakan inisiatif Indonesia guna menarik investasi Norwegia bagi pengembangan energi terbarukan Indonesia. Diharapkan melalui kunjungan ini hubungan baik kedua negara yang sudah terbangun baik dapat diwujudkan secara konkret,” kata Duta Besar RI untuk Norwegia, Teuku Faizasyah, dalam keterangannya, Senin (16/10/2023).

Baca Juga: Eks Jubir Kemlu Resmi Jadi Dubes RI untuk Norwegia

1. Pertemuan bisnis perusahaan Indonesia dan Norwegia

RI-Norwegia Jajaki Kerja Sama Percepatan Energi TerbarukanIndonesia dan Norwegia jajaki potensi bisnis di energi terbarukan. (dok. KBRI Oslo)

Dalam kunjungan ini diselenggarakan pertemuan bisnis perusahaan Indonesia dengan perusahaan Norwegia di bidang energi terbarukan seperti Tinfos, Release by Scatec, Fred Olsen Renewables, Norconsult, and Ocean Sun. Pertemuan itu membahas potensi proyek energi terbarukan di Indonesia.

Pertemuan ditindaklanjuti dengan rencana kunjungan perusahaan Norwegia ke Indonesia untuk melihat lokasi dan melakukan feasibility study

Delegasi Indonesia juga melakukan pertemuan dengan institusi Norwegia yaitu NORAD dan NORWEP untuk mengeksplorasi kerja sama, antara lain peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang energi terbarukan. 

Baca Juga: Susul Belanda-Denmark, Norwegia Akan Kirim Jet Tempur F-16 ke Ukraina

2. Pembicaraan soal rencana investasi energi terbarukan Indonesia

RI-Norwegia Jajaki Kerja Sama Percepatan Energi TerbarukanIndonesia dan Norwegia jajaki kerja sama bisnis energi terbarukan. (dok.KBRI Oslo)

Selain itu, KBRI Oslo, JETP Indonesia dan PT PLN telah melakukan pertemuan khusus dengan NORFUND guna membahas rencana investasi energi terbarukan Indonesia.

NORFUND adalah badan pemerintah Norwegia untuk investasi di negara berkembang yang ditunjuk sebagai institusi penyalur dana ke JETP Indonesia.  

Memanfaatkan kunjungan ini, delegasi berkesempatan meninjau fasilitas pengelolaan sampah ke energi di Haraldrud untuk melihat efektivitas ekonomi sirkular yang telah berjalan di Oslo.

Baca Juga: Menlu RI Pamer Kekuatan ASEAN di Oslo Forum 

3. Kerja sama energi terbarukan fokus utama hubungan RI-Norwegia

RI-Norwegia Jajaki Kerja Sama Percepatan Energi TerbarukanIlustrasi panel surya, salah satu jenis energi komponen dari energi terbarukan (unsplash.com/Zbynek Burival)

Kerja sama energi terbarukan merupakan salah satu pilar utama dalam hubungan Indonesia dan Norwegia. Kedua negara telah memiliki Forum Konsultasi Bilateral Energi (FKBE) sebagai wadah diskusi di bidang energi terbarukan, mengombinasikan teknologi dan pengalaman Norwegia dengan potensi Indonesia.

FKBE ke 9 Indonesia dan Norwegia dipimpin Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dengan Menteri Perminyakan dan Energi Norwegia, Terje Asland pada bulan Juni 2022 di Oslo, Norwegia. 

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya