Eks Jubir Kemlu Resmi Jadi Dubes RI untuk Norwegia

Surat kepercayaan telah diserahkan ke Raja Norwegia

Jakarta, IDN Times - Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, resmi menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Norwegia. Hal ini ditandai dengan diserahkannya surat kepercayaan dari Presiden RI Joko Widodo kepada Raja Norwegia, Harald V.

Menurut keterangan KBRI Oslo, Sabtu (23/9/2023), penyerahan surat kepercayaan ini dilakukan di The Royal Palace, Oslo. Upacara penyerahan surat kepercayaan tersebut diawali pemeriksaan barisan kehormatan tentara Kerajaan Norwegia di depan Istana Raja.

1. Komitmen meningkatkan hubungan Indonesia dan Norwegia

Eks Jubir Kemlu Resmi Jadi Dubes RI untuk NorwegiaJuru bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah, menerima tiga sertifikat arsip Indonesia jadi Memory of the World UNESCO. (dok. Kemlu RI)

Pada saat pertemuan, Raja Harald V menyampaikan selamat datang kepada Faizasyah dan memberikan dukungannya terhadap pelaksanaan Duta Besar dalam meningkatkan kerja sama bilateral yang memberikan kontribusi untuk kesejahteraan masyarakat di kedua negara.

Faizasyah menyampaikan terima kasih atas erat dan hangatnya hubungan dan kerja sama Indonesia dan Norwegia yang telah berjalan lebih dari 73 tahun sejak tahun 1950.

“Saya sampaikan kepada Raja Harald V komitmen untuk meningkatkan hubungan Indonesia dengan Norwegia di berbagai bidang terutama bidang ekonomi hijau, lingkungan hidup, demokrasi, kelautan dan perikanan, serta energi terbarukan,” ucap Faizasyah.

Baca Juga: Susul Belanda-Denmark, Norwegia Akan Kirim Jet Tempur F-16 ke Ukraina

2. Kolaborasi Indonesia dan Norwegia di berbagai forum

Eks Jubir Kemlu Resmi Jadi Dubes RI untuk NorwegiaIlustrasi Bendera Norwegia (www.twitter.com/@NorwayTheHague)

Selain itu, Faizasyah melanjutkan, kedua negara akan terus meningkatkan kolaborasi di berbagai forum regional dan global untuk berbagai isu yang menyangkut kemasyalahatan masyarakat global.

Penyerahan surat kepercayaan tersebut juga dilakukan oleh beberapa Duta Besar lainnya yaitu Duta Besar Swiss, Peru dan Kanada. Setelah upacara penyerahan surat kepercayaan, seluruh Duta Besar diundang pertemuan resepsi dengan pejabat terkait Kementerian Luar Negeri Norwegia.

Dengan penyerahan surat kepercayaan tersebut, Teuku Faizasyah telah secara resmi menjabat Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Kerajaan Norwegia.

3. Rekam jejak karier Faizasyah

Eks Jubir Kemlu Resmi Jadi Dubes RI untuk NorwegiaDuta Besar RI untuk Norwegia, Teuku Faizasyah. (IDN Times/Sonya Michaella)

Faizasyah menjabat sebagai Kepala Biro Administrasi Menteri Luar Negeri yang sekaligus juga menjadi juru bicara Kemlu RI pada 2008, .

Sebelum menjadi Dubes RI di Kanada pada 2014, Faizasyah pernah menjabat sebagai juru bicara Presiden RI bidang Hubungan Luar Negeri (kala itu Susilo Bambang Yudhoyono), menggantikan Dino Patti Djalal.

Sepulang dari Kanada, Faizasyah sempat menjabat sebagai Staf Ahli Menteri Luar Negeri Bidang Politik, Hukum dan Keamanan. Setelah itu, Faizasyah kembali mengemban tugas sebagai juru bicara Kemlu RI sekaligus Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kemlu RI.

Baca Juga: Halo-Halo Bandung Dijiplak Malaysia, Kemlu: Tidak Perlu Reaktif

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya