Temui Presiden Palestina, Jokowi Tegaskan Komitmen Indonesia

Indonesia akan selalu dukung kemerdekaan Palestina

Jakarta, IDN Times - Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (11/11/2023).

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi kembali menegaskan komitmen teguh Indonesia untuk terus mendukung perdamaian dan kemerdekaan Palestina.

"Indonesia berkomitmen mendukung Palestina secara optimal dan konkret. Kekerasan harus segera dihentikan. Pemindahan paksa warga sipil harus diakhiri. Bantuan kemanusiaan harus segera diberikan," tegas Jokowi, kala bertemu Abbas.

Baca Juga: Jokowi: Satu Bulan Serangan ke Palestina, Dunia Tak Berdaya

1. Israel terus lakukan tindakan keji ke Gaza

Jokowi mengaku sangat sedih dengan kondisi kemanusiaan di Gaza yang makin memburuk akibat kekejaman Israel. Presiden Jokowi juga sedih atas intimidasi yang terus terjadi terhadap warga sipil Palestina di Tepi Barat.

"Tindakan keji ini adalah pelanggaran serius terhadap hukum internasional dan nilai-nilai kemanusiaan," ungkapnya.

Selain itu, Jokowi menegaskan Indonesia mengecam keras kekejaman Israel terhadap Palestina. Menurut Jokowi, tidak ada satu pun alasan yang dapat membenarkan pembunuhan massal dan pemindahan paksa warga Palestina dari tanahnya.

2. Bantuan kemanusiaan Indonesia untuk Gaza mulai masuk

Temui Presiden Palestina, Jokowi Tegaskan Komitmen IndonesiaPresiden Joko "Jokowi" Widodo melepas bantuan kemanusiaan untuk Palestina dari Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada hari ini, Sabtu (4/11/2023) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Jokowi pun bersyukur bantuan kemamusiaan dari Indonesia mulai dikirimkan ke Gaza. Presiden Jokowi juga meminta Presiden Abbas menyampaikan apa yang bisa dibantu  Indonesia.

Sementara, Abbas menyampaikan Indonesia adalah salah satu negara yang secara konsisten terus mendukung perjuangan bangsa Palestina. Untuk itu, ia sangat menghargai dukungan tersebut.

Selain itu, Abbas juga menyampaikan terima kasih atas bantuan kemanusiaan Indonesia untuk warga Palestina di Gaza.

Baca Juga: 4 Poin Penting dari Jokowi untuk Situasi di Palestina

3. OKI harus bersatu membela Palestina

Dalam pernyataan nasionalnya di KTT Luar Biasa OKI, Jokowi menekankan, OKI harus bersatu dan berada di garda terdepan dalam penyelesaian krisis di Gaza.

"OKI harus bersatu, harus berada di garis depan menggunakan semua cara damai, semua pengaruh, dan semua upaya diplomasi untuk bela keadilan dan kemanusiaan bagi Palestina," ujar Jokowi.

Jokowi juga mendukung penyelenggaraan KTT OKI yang dinilai sangat tepat untuk dilakukan. Presiden menegaskan OKI harus mampu menghasilkan hal konkret agar kekejaman Israel pada bangsa Palestina segera dihentikan.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya