Wamenlu: Indonesia Ingin Kembangkan Ekonomi Indo Pasifik 

Indonesia gelar ASEAN Indo Pacific Forum bulan depan

Jakarta, IDN Times - Forum ASEAN Indo-Pasifik atau ASEAN Indo-Pacific Forum akan digelar bersamaan dengan KTT ASEAN ke-43 pada 5-6 September 2023 di bawah keketuaan Indonesia di ASEAN. 

Wakil Menteri Luar Negeri RI, Pahala Mansury, mengatakan, forum ini digelar untuk memajukan dan mengembangkan kerja sama ekonomi antarnegara di kawasan Indo Pasifik.

“ASEAN Indo Pacific Forum ini merupakan implementasi konkret dari pandangan ASEAN soal Indo Pasifik yang bertujuan membangun Indo Pasifik sebagai kawasan yang inklusif dan kolaboratif lewat kerja sama,” kata Pahala, dalam jumpa pers daring, Jumat (18/8/2023).

Baca Juga: ASN di Jakarta WFH Sebagian Mulai 28 Agustus Demi Kelancaran KTT ASEAN

1. Bakal bahas sejumlah isu penting tentang ekonomi

Wamenlu: Indonesia Ingin Kembangkan Ekonomi Indo Pasifik Wakil Menteri Luar Negeri RI Pahala Mansury menerima kunjungan Menteri Industri dan Sains Australia, Ed Husic. (dok. Kemlu RI)

Pahala menjabarkan, forum ASEAN Indo Pasifik akan memfokuskan diskusi di sejumlah isu penting ASEAN. Antara lain infrastruktur hijau, rantai pasok global, pembiayaan berkelanjutan, digitalisasi, serta pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Lewat pembahasan beberapa bidang kerja sama itu, ASEAN ingin mengedepankan agenda konkret yang bisa benar-benar memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat di kawasan sesuai dengan prinsip piagam ASEAN,” ujar Pahala.

Baca Juga: Bandara Ahmad Yani Sediakan Parkir Jet Pribadi Rombongan Menteri ASEAN

2. Kawasan Indo Pasifik memberikan kontribusi besar ke pertumbuhan ekonomi dunia

Wamenlu: Indonesia Ingin Kembangkan Ekonomi Indo Pasifik Peta Indo Pasifik. (dok. Istimewa)

Selain itu, Pahala juga berharap, manfaat forum ini bisa dirasakan oleh masyarakat ASEAN dan Indo Pasifik. Kawasan Indo Pasifik menyumbang kontribusi besar sekitar 65 persen terhadap pertumbuhan ekonomi dunia.

“Kita juga ingin menekankan bahwa kawasan Indo Pasifik bukan hanya dipandang dari perspekstif keamanan tapi juga soal ekonomi,” tuturnya.

Baca Juga: Presiden Joe Biden Disebut Bakal Absen di KTT ASEAN Jakarta 

3. Melibatkan pihak swasta dan BUMN

Wamenlu: Indonesia Ingin Kembangkan Ekonomi Indo Pasifik Logo keketuaan Indonesia di ASEAN 2023. (Youtube Setpres RI)

Indonesia sedianya juga akan melibatkan sejumlah pihak seperti swasta dan BUMN dalam forum tersebut. Rencananya, forum ASEAN Indo Pasifik ini akan dibuka oleh Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo.

Sejumlah pembicara yang akan hadir antara lain Ketua KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid; Wakil Menteri BUMN, Rosan Roslani; CEO Pertamina, Nicke Widyawati; CEO PLN, Darmawan Prasodjo; dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Jokowi Akan Pimpin 12 Pertemuan di KTT ASEAN Jakarta

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya