Korea Utara Pamerkan Kim Kun Ok: Kapal Selam Nuklir Taktis

Pakar ragukan kekuatan kapal selam Kim Kun Ok

Jakarta, IDN Times - Korea Utara (Korut) meluncurkan kapal selam untuk serangan nuklir taktis angkatan lautnya. Kapal selam No. 841 itu ditugaskan berpatroli di perairan antara semenanjung Korea dan Jepang.

Diberitakan Reuters pada Jumat (8/9/2023), Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong Un dalam upacara peluncuran pada Rabu mengatakan, kapal selam yang dinamai Kim Kun Ok akan menjadi salah satu "sarana ofensif bawah laut utama angkatan laut" Pyongyang.

1. Analis ragukan kekuatan kapal selam Kim Kun Ok

Menurut beberapa analis, Kim Kun Ok tampaknya adalah kapal selam kelas Romeo era Uni Soviet yang dimodifikasi dan diperoleh dari China pada 1970-an. Mereka menilai dari segi desain, Kim Kun Ok kemungkinan dipersenjatai rudal balistik dan rudal jelajah.

Tetapi, muncul keraguan terkait kekuatan kapal yang digembar-gemborkan oleh Kim. Sebab, kapal bekas itu dulunya relatif berisik, lambat, memiliki jangkauan terbatas, dan tidak akan bertahan lama selama perang.

“Ketika benda ini dikerahkan di lapangan, ia akan menjadi sangat rentan terhadap perang anti-kapal selam sekutu,” kata Vann Van Diepen, mantan ahli senjata pemerintah Amerika Serikat (AS) yang bekerja pada proyek 38 North di Washington.

"Jadi menurut saya, dari sudut pandang militer yang keras kepala, hal ini tidak masuk akal," sambung dia.

Menanggapi peluncuran itu, Korea Selatan (Korsel) mengatakan, kapal tampaknya belum siap beroperasi. Pihaknya menilai Korut berusaha menggembar-gemborkan kemampuan alutsista itu.

Baca Juga: Presiden Korsel Ajak ASEAN untuk Perjuangkan Denuklirisasi Korut

2. Kim Jong Un janjikan luncurkan kapal selam nuklir lainnya

Korea Utara Pamerkan Kim Kun Ok: Kapal Selam Nuklir TaktisIlustrasi kapal selam (pixabay.com/Andy)

Pakar lainnya memperingatkan Korsel dan AS untuk tidak meremehkan Kim Kun Ok. Meskipun modelnya mengusung kapal tua, tidak ada jaminan AS dan Korsel bisa mendeteksi dan menghancurkan kapal tersebut. 

“Terbukti bahwa Korut telah memperluas dan memperkuat kemampuan operasional angkatan lautnya secara signifikan dibandingkan sebelumnya,” ungkap Shin Seung-ki, peneliti di Korea Institute for Defense Analyses (KIDA).

Menurut laporan KCNA, Kim mengatakan bahwa mempersenjatai angkatan laut dengan senjata nuklir adalah tugas yang mendesak. Ia juga berjanji menghadirkan lebih banyak kapal selam dan kapal permukaan yang dilengkapi senjata nuklir taktis.

Kim berujar, Korut berencana mengubah kapal selam lainnya menjadi kapal bersenjata nuklir. Ia menambahkan, Pyongyang juga berencana mempercepat upaya untuk membangun kapal selam bertenaga nuklir.

"Mencapai perkembangan pesat pasukan angkatan laut kita adalah prioritas yang tidak bisa ditunda, mengingat gerakan agresif musuh baru-baru ini dan tindakan militer," kata Kim dalam pidato, yang tampaknya merujuk pada AS dan Korsel, dikutip dari Al Jazeera

3. Jepang sebut ancaman Korut jadi lebih besar dibanding sebelumnya

Korea Utara Pamerkan Kim Kun Ok: Kapal Selam Nuklir TaktisIlustrasi bendera Jepang (pixabay.com/jorono)

Dilansir Reuters, Dewan keamanan PBB telah melarang Korut mengembangkan program senjata nuklir dan rudal balistik. Peluncuran pada Rabu juga menuai kecaman dari negara tetangga seperti Korsel dan Jepang. 

“Aktivitas militer Korut menimbulkan ancaman yang lebih besar dan lebih besar terhadap keamanan negara kita dibandingkan sebelumnya,” ujar Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, Hirokazu Matsuno.

Baca Juga: Korsel Terjunkan Tim Khusus untuk Bantu Visi Indonesia Emas 2045

Syahreza Zanskie Photo Verified Writer Syahreza Zanskie

Feel free to contact me! syahrezajangkie@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya