Xi Jinping Sebut Eks Menlu AS Henry Kissinger sebagai Teman Lama

Eks menlu AS berusia 1 abad itu bertemu Xi Jinping

Jakarta, IDN Times - Presiden China Xi Jinping menjamu eks Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Henry Kissinger di Beijing pada Kamis (20/7/2023). Xi memberi sambutan hangat dengan menyebut pria berusia 100 tahun itu sebagai teman lama.

Xi menjamu Kissinger di Wisma Tamu Negara Diaoyutai, sebuah kompleks diplomatik di Beijing barat yang jadi kunjungan pertamanya ke China pada tahun 1971. Xi mengatakan Kissinger telah mengunjungi China lebih dari 100 kali.

Baca Juga: Xi Jinping Sebut Selandia Baru Teman dan Mitra China

1. Xi Jinping serukan pihak AS mainkan peran konstruktif untuk tingkatkan hubungan

Xi Jinping Sebut Eks Menlu AS Henry Kissinger sebagai Teman LamaPotret Presiden China, Xi Jinping (twitter.com/AmbQinGang)

Melansir CNN, Kissinger menjadi pejabat tinggi AS pertama yang mengunjungi China pada Juli 1971. Kunjungan rahasia Kissinger kala itu membuka jalan untuk normalisasi hubungan Washington-Beijing.

“Kami tidak pernah melupakan teman lama kami, dan tidak akan pernah melupakan kontribusi bersejarah Anda terhadap pengembangan hubungan China-AS dan peningkatan persahabatan antara kedua bangsa,” kata Xi kepada Kissinger, dikutip dari Reuters.

“China dan AS sekali lagi berada di persimpangan ke mana harus pergi, dan kedua belah pihak perlu membuat pilihan lagi,” sambungnya.

Xi menambahkan, ia mendesak Kissinger dan warga Amerika yang berpikiran sama untuk terus memainkan peran konstruktif, demi membawa hubungan AS-China kembali ke jalur yang benar.

Baca Juga: 11 Fakta Henry Kissinger, Pemenang Nobel Perdamaian

2. Kissinger sebut hubungan AS-China penting untuk perdamaian dunia

Pada gilirannya, Kissinger menyebut berkunjung kembali ke China baginya adalah kehormatan besar. Ia juga berterima kasih kepada Xi karena memilih menemuinya di gedung yang sama kala pertemuannya dengan para pemimpin China tahun 1971.

“Hubungan AS-China sangat penting bagi perdamaian dan kemakmuran kedua negara dan dunia,” kata Kissinger, mengutip NBC News.

Kissinger pun bersumpah untuk melakukan upaya demi meningkatkan rasa saling pengertian antara kedua belah pihak.

3. Pakar sebut Xi Jinping cenderung ingin bertemu orang-orang pro-China

Xi Jinping Sebut Eks Menlu AS Henry Kissinger sebagai Teman LamaIlustrasi bendera China (unsplash.com/CARLOS DE SOUZA)

Direktur Pusat Kerja Sama China-AS di Universitas Denver, Suisheng Zhao, menilai pertemuan Xi-Kisingger itu tanda lain bahwa Beijing menganggap pertemuan orang-ke-orang yang tidak resmi menjadi lebih penting daripada interaksinya yang resmi dengan Washington.

Sementara, profesor di Lee Kuan Yew School of Publik Policy di Universitas Nasional Singapura, Alfred Wu, menyebut pertemuan semacam itu sengaja dilakukan oleh Xi untuk mengirim sinyal ke dunia luar.

"Pesannya sangat jelas: Xi Jinping ingin bertemu dengan orang-orang pro-China, yang bersedia berbicara untuk China. Ini adalah strategi membagi-dan-menaklukkan." ujar Wu.

Baca Juga: Henry Kissinger: Konflik China vs AS Ancam Seluruh Dunia

Syahreza Zanskie Photo Verified Writer Syahreza Zanskie

Feel free to contact me! syahrezajangkie@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya