Simak! Potret Masjid Ahmadiyah Baitul Futuh di London

Salah satu masjid terbesar di Eropa

London, IDN Times – Sejumlah masjid Ahmadiyah di berbagai negara menjadi tempat tujuan wisata kota itu, karena dibangun dengan arsitektur yang cantik.  Salah satunya Masjid Baitul Futuh, yang  terletak di London, kota yang sejak 1913 menjadi pusat kegiatan Ahmadiyah global.  Ide pembangunan Masjid Baitul Futuh muncul tahun 1995, selesai prosesnya pada 2003.  Baitul Futuh artinya adalah “Rumah Kemenangan”.

Mirza Tahir Ahmad, yang pada saat itu menjadi pemimpin komunitas Ahmadiyah global mengambil inisiatif mengumpulkan dana bagi pembangunan masjid ini tepatnya pada 24 Februari 1995. Tanah yang dibeli  terletak di kawasan Modern, barat daya London, dan dibeli pada 29 Maret 1996.

Ahmadiyah Inggris Raya (UK) menugasi arsitek dari Studio Oxford, Sutton Griffin untuk mendesain kompleks masjid.  Peletakan batu pertama dilakukan Mirza Tahir Ahmad pada 19 Oktober 1999, dalam sebuah upacara yang dihadiri 2.000-an tamu.  Masjid diresmikan Mirza Masroor Ahmad, pengganti Mirza Tahir Ahmad pada 3 Oktober 2003, dihadiri 600-an tamu. Termasuk di antara tamu adalah komisaris tinggi pemerintah Inggris, anggota parlemen Eropa, Walikota London, wakil rakyat, dan perwakilan dari 17 negara.

Baitul Futuh menyerap biaya pembangunan senilai 15 juta poundsterling atau dengan nilai tukar saat ini sebesar lebih dari Rp292 miliar. Dana seluruhnya berasal dari donasi pengikut Ahmadiyah di Inggris. Kompleks masjid  bisa mengakomodasi 13 ribuan orang.

Pada 26 September 2015, bagian bangunan administrasi terbakar, 50 persen bangunan rusak. Kompleks masjid direnovasi dengan biaya 20 juta poundsterling.

Baitul Futuh merupakan salah satu dari 16 ribuan masjid Ahmadiyah aliran Qadian, di seluruh dunia, dan menjadi tempat penting dikunjungi jemaat mereka.

Berikut potret Masjid Ahmadiyah Baitul Futuh di London:

Baca Juga: Makna Jalsah Salanah, Pengajian Akbar Tahunan Jemaat Ahmadiyah

1. Masjid Baitul Futuh milik Ahmadiyah disebut salah satu masjid terbesar di Eropa Barat

Simak! Potret Masjid Ahmadiyah Baitul Futuh di LondonBaitul Futuh disebut sebagai salah satu dari “Top 50 Bangunan di Dunia” oleh Majalah Spectator dan “Best 50 Modern Religious Building” oleh Surat Kabar The Independent. (IDN Times/Uni Lubis)

2. Tinggi masjid utama 23 meter dan punya bangunan bawah tanah untuk menampung limpahan jemaat

Simak! Potret Masjid Ahmadiyah Baitul Futuh di LondonTinggi masjid utama 23 meter dan punya bangunan bawah tanah untuk menampung limpahan jemaat. (IDN Times/Uni Lubis)

3. Daftar donatur pendirian masjid diabadikan di dinding ini

Simak! Potret Masjid Ahmadiyah Baitul Futuh di LondonDaftar donatur pendirian Masjid Baitul Futuh. (IDN Times/Uni Lubis)

4. Masjid Baitul Futuh dilengkapi fasilitas perkantoran

Simak! Potret Masjid Ahmadiyah Baitul Futuh di LondonFasilitas perkantoran di Masjid Baitul Futuh. (IDN Times/Uni Lubis)

5. Desain Masjid Baitul Futuh merepresentasi arsitektur Inggris modern dengan konsep ramah lingkungan dan memenangi Green Award

Simak! Potret Masjid Ahmadiyah Baitul Futuh di LondonDesain Masjid Baitul Futuh merepresentasi arsitektur Inggris modern dengan konsep ramah lingkungan dan memenangi Green Award. (IDN Times/Uni Lubis)

6. Masjid Baitul Futuh pernah dipublikasikan di film documenter TV berjudul “Britain’s Biggest Mosque” pada 2015 oleh Channel 5

Simak! Potret Masjid Ahmadiyah Baitul Futuh di LondonMasjid Baitul Futuh pernah dipublikasikan di film documenter TV berjudul “Britain’s Biggest Mosque” pada 2015, oleh Channel 5. (IDN Times/Uni Lubis)

7. Masjid Baitul Futuh menjadi lokasi di mana kepala Ahmadiyah global memberikan khotbah setiap salat Jumat

Simak! Potret Masjid Ahmadiyah Baitul Futuh di LondonMasjid Baitul Futuh menjadi lokasi di mana kepala Ahmadiyah global memberikan khotbah setiap salat Jumat. (IDN Times/Uni Lubis)

8. Ada toko buku-buku Islam di komplek masjid

Simak! Potret Masjid Ahmadiyah Baitul Futuh di LondonToko buku-buku Islam di komplek Masjid Baitul Futuh. (IDN Times/Uni Lubis)

9. Bagian dalam Baitul Futuh dihiasi kaligrafi buatan tangan dari perak, dengan kalimat dari Al Qur’an

Simak! Potret Masjid Ahmadiyah Baitul Futuh di LondonKaligrafi buatan tangan dari perak, dengan kalimat dari Al Qur’an yang ada di dalam Masjid Baitul Futuh. (IDN Times/Uni Lubis)

10. Sejumlah ruangan serbaguna atau hall dimanfaatkan untuk menginap saat Jalsah Salanah

Simak! Potret Masjid Ahmadiyah Baitul Futuh di LondonRuangan serbaguna atau hall yang dimanfaatkan untuk menginap saat Jalsah Salanah. (IDN Times/Uni Lubis)

11. Masjid Baitul Futuh didesain oleh arsitek Carter Jonas, tapi kompleks masjid didesain Studio Oxford

Simak! Potret Masjid Ahmadiyah Baitul Futuh di LondonMasjid Baitul Futuh didesain oleh arsitek Carter Jonas, komplek masjid didesain Studio Oxford. (IDN Times/Uni Lubis)

12. Baitul Futuh disebut sebagai salah satu dari “Top 50 Bangunan di Dunia” oleh Majalah Spectator dan “Best 50 Modern Religious Building” oleh Surat Kabar The Independent

Simak! Potret Masjid Ahmadiyah Baitul Futuh di LondonBaitul Futuh disebut sebagai salah satu dari “Top 50 Bangunan di Dunia” oleh Majalah Spectator dan “Best 50 Modern Religious Building” oleh Surat Kabar The Independent. (IDN Times/Uni Lubis)

Baca Juga: Jalan Terjal Jemaat Ahmadiyah Indonesia

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya