Comscore Tracker

125 Bioskop di Inggris Bakal Tayangkan Pemakaman Ratu Elizabeth II

Masyarakat bisa menyaksikan di bioskop dengan gratis

Jakarta, IDN Times - Upacara kenegaraan pemakaman Ratu Elizabeth II akan dilaksanakan pada Senin (19/9/2022) di Westminster Abbey. Upacara tersebut akan ditayangkan di 125 bioskop di seluruh Inggris.

Dilansir ANTARA, Minggu (18/9/2022), selain bioskop, pemerintah Inggris juga akan menyediakan layar lebar di berbagai area publik seperti taman, lapangan, dan katedral. Dengan begitu, maka masyarakat pun bisa menyaksikan upacara tersebut.

Baca Juga: Presiden AS Joe Biden Tiba di Inggris Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth

1. Masyarakat bisa menonton pemakaman di bioskop gratis

125 Bioskop di Inggris Bakal Tayangkan Pemakaman Ratu Elizabeth IIRatu Elizabeth II di pemakaman Pangeran Philip (ANTARA FOTO/Yui Mok/Pool via REUTERS)

Asosiasi bioskop Inggris menyatakan, penayangan upacara pemakaman Ratu Elizabeth II bisa disaksikan di bioskop secara gratis.

Sebelum pemakaman, ratusan ribu orang juga telah mengantre berjam-jam untuk bisa memberikan penghormatan terakhir di dekat peti Ratu Elizabeth II.

Baca Juga: Delegasi China Dilarang Melayat Ratu Elizabeth II

2. Para petinggi negara bakal hadiri pemakaman Ratu Elizabeth

125 Bioskop di Inggris Bakal Tayangkan Pemakaman Ratu Elizabeth IIPresiden Amerika Serikat dari Demokrat Joe Biden melambaikan tangan kepada wartawan sebelum masuk ke pesawat kampanye menjelang perjalanan menuju North Carolina, di Bandara Newscastle di Newcastle, Delaware, Amerika Serikat, Minggu (18/10/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Tom Brenner)

Pemakaman Ratu Elizabeth II juga akan dihadiri oleh para petinggi dunia. Bahkan, pemakaman Ratu Elizabeth II disebut sebagai upacara dengan perkumpulan petinggi negara terbesar pasca era peperangan.

Dilansir Washington Post, Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden akan hadir di upacara tersebut.

Begitu juga dengan Presiden Prancis, Emmanuel Macron; Perdana Menteri Irlandia, Micheal Martin; Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern; Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau; Raja Belada, Willem-Alexander dan Ratu Belanda, Maxima; Kaisar Jepang, Naruhito; Ibu Negara Ukraina, Olena Zelenska, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Raja Charles Sapa Warga yang Antre Melayat Ratu Elizabeth II

3. Pemakaman Ratu Elizabeth II ditetapkan sebagai hari libur nasional

125 Bioskop di Inggris Bakal Tayangkan Pemakaman Ratu Elizabeth IIinstagram.com/westminsterabbeylondon

Hari pemakaman Ratu Elizabeth II pun ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Jumlah orang yang akan menonton upacara tersebut diperkirakan lebih besar dibandingkan peristiwa-peristiwa besar selama sejarah Inggris.

Terutama sejak pemakaman Putri Diana pada 1997, Olimpiade London 2012, dan pernikahan para anggota keluarga kerajaan Inggris.

Baca Juga: Ini Daftar Pemimpin Dunia yang Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth 

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya