Indonesia Jadi Panutan soal Pencapaian SDGs

SMU PBB jadi kesempatan banyak negara belajar dari Indonesia

New York, IDN Times – Dirjen Kerja Sama Multilateral Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Tri Tharyat, mengungkap bahwa salah satu isu utama dalam Sidang Majelis Umum ke-78 Perserikatan Bangsa-Bangsa (SMU PBB) adalah Sustainable Development Goals (SDGs). Sebab, laporan secara global menunjukkan bahwa SDGs yang ditargetkan tercapai pada 2030 masih sangat jauh dari harapan.

“Tahun ini dianggap sebagai tahun tengah jalan untuk pencapaian SDGs. Laporan PBB hasilnya agak mengecewakan. Secara global, dari 140 target hanya 12 persen yang on-track, 30 persen stagnan atau bahkan mengalami kemunduran,” kata Tri di Kantor Perwakilan Tetap Republik Indonesia untuk PBB di New York, Amerika Serikat (AS), Minggu (17/9/2023).

“Sekjen PBB mendorong pemerintah dan para pemangku kepentingan di semua negara untuk mengambil tindakan. Karena kalau gak sekarang, kapan lagi?” tambah Tri.

1. Indonesia punya catatan baik soal SDGs

Indonesia Jadi Panutan soal Pencapaian SDGsDirjen Kerja Sama Multilateral Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Tri Tharyat (IDN Times/Vanny El Rahman)

Di tengah tren negatif ihwal pencapaian SDGs, Indonesia justru berhasil menorehkan catatan apik. Berdasarkan 222 indikator yang sudah ditetapkan, sekitar 63 persen atau 141 indikator telah mencapai target.

Jika ditambahkan dengan 15 persen atau 33 indikator yang menunjukkan tren membaik atau akan tercapai, maka terdapat sekitar 78 persen indikator yang telah tercapai. Atas keberhasilan itulah Indonesia akan diminta menjadi pembicara dalam berbagai forum PBB

“Bu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi akan memimpin SDGs Week. Kita diundang untuk berbagi pengalaman di banyak aspek,” kata Tri.

Baca Juga: Sleep Call-Balada Si Roy Ramaikan Indonesian Film Forum New York 2023

2. SDG Summit akan membuka rangkaian Sidang Majelis Umum PBB

Indonesia Jadi Panutan soal Pencapaian SDGsIlustrasi Sidang Majelis Umum PBB (IDN Times/Vanny El Rahman)

Adapun tema SMU ke-78 PBB adalah Rebuilding trust and reigniting global solidarity: Accelerating action on the 2030 Agenda and its Sustainable Development Goals towards peace, prosperity, progress and sustainability for all.

Sebagai informasi, SDG Summit akan dibuka pada Senin (18/9/2023) pukul 09.00 waktu New York, atau sekitar pukul 20.00 WIB. SDG Summit akan menjadi pertemuan tingkat tinggi pertama yang mengawali serangkaian kegiatan SMU ke-78 PBB.

Tri menjelaskan, SDG Summit akan terbagi menjadi dua klaster, yaitu klaster mobilisasi dan klaster akselerasi.

Klaster mobilisasi akan membahas tentang bagaimana mengoptimalkan sumber daya yang ada untuk mencapai target-target yang telah ditetapkan. Sementara, klaster akselerasi membahas soal upaya tambahan yang diperlukan guna mencapai target SDGs yang tersisa 7 tahun lagi, salah satunya soal skema pendanaan bagi negara berkembang untuk mencapai SDGs.

3. Banyak negara ingin belajar dari Indonesia

Indonesia Jadi Panutan soal Pencapaian SDGsDiagram 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs)

Terkait SDGs, pemerintah Indonesia akan mengadakan kegiatan dengan tema Skilling, Upskilling, and Reskilling for a Resilient Workforce.

Selain itu, Indonesia juga akan menjadi co-host untuk kegiatan Accelerating SDGs Progress through National Financing Strategis and Integrated National Financing Framework.

Ada juga sejumlah acara yang melibatkan Indonesia sebagai panelis atau pembicara, yaitu:

  • Regional Actions to Support Localization and Build Resilience.
  • Food Systems: Transforming food systems for a sustainable world without hunger.
  • Power of Data: Unlocking the Data Dividend for the SDGs - SDG Action Weekend
  • Global Accelerator: The Global Accelerator on Jobs and Social Protection for Just Transitions.
  • Nature Driving Economic Transformation.

“Banyak negara belajar dari Indonesia tentang bagaimana kita dapat mencapai target SDGs dengan baik,” kataTri.

Baca Juga: Konsisten Wujudkan SDGs, Pertamina Lestarikan Pesut Mahakam

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya