Kominfo Resmikan ASEAN Newsroom di KTT ASEAN 2023

Kantornya akan terletak di LKBN Antara

Jakarta, IDN Times – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, meresmikan ASEAN Newsroom di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN. Menurut dia, ASEAN Newsroom merupakan inisiasi Indonesia untuk menyebarkan informasi seputar pencapaian-pencapaian organisasi secara faktual, aktual, dan terpercaya.

“Momentum ini juga kesempatan untuk mempromosikan peran Indonesia dalam diplomasi regional dan global,” kata Budi di Media Center KTT ASEAN, Senin (9/4/2023).

1. ASEAN yang berorientasi pada people center

Lebih lanjut, Budi menjelaskan bahwa ASEAN Newsroom merupakan bentuk komitmen Indonesia untuk mewujudkan pembangunan kawasan Asia Tenggara yang lebih berorientasi kepada rakyatnya.

“Ini keseriusan ASEAN untuk membuat dan mewujudkan people center, bukan lagi state center. Sehingga masa depan ASEAN orientasinya tidak lagi pada negara, tapi pada orang-orangnya,” kata dia.

“Dan ini salah satu cara untuk mendorong target people center, melalui dibentuknya ASEAN Newsroom,” tambah dia.

Baca Juga: Jokowi Terima PM Timor Leste, Vietnam, dan Kamboja Jelang KTT ASEAN

2. ASEAN Newsroom akan terus eksis

Harapan Budi, ASEAN Newsroom tidak hanya bermanfaat selama perhelatan KTT ASEAN. Tapi juga bermanfaat untuk jangka panjang.

Adapun selama KTT ASEAN, Kominfo menyediakan media center yang mampu menampung hingga 2 ribu jurnalis. Mereka juga akan mendapat berbagai fasilitas, mulai dari makan, snack, WiFi, komputer, studio, hingga kursi pijat.

“ASEAN Newsroom tidak hanya beroperasi sementara, tapi juga akan belanjut sampai selesai acara. ASEAN Newsroom akan berlokasi di Jakarta, tepatnya di LKBN Antara,” kata Budi.

"Tidak kalah pentingnya, kita perlu memastikan bahwa gaung dari KTT ASEAN dan hasil yang disepakati dapat diketahui dan dipahami," sambung dia.

3. ASEAN Newsroom gandeng kantor berita resmi negara Asia Tenggara

Bersamaan dengan peresmian ASEAN Newsroom, Budi Arie berharap keketuaan Indonesia dapat memperkuat eksistensinya untuk perdamaian dan kesejahteraan dunia.

Turut hadir dalam peresmian Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria, Direktur Utama Perum LKBN Antara Akhmad Munir, dan Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah.

"Saya mengapresiasi Perum LKBN Antara yang telah menginisiasi pembentukan ASEAN Newsroom Corner sebagai sarana untuk memperkuat kerja sama antar Kantor Berita negara ASEAN,

"Akhir kata, dengan ini dengan bangga, saya menyatakan, ASEAN Newsroom Corner resmi dibuka," ucap Budi Arie.

Baca Juga: Serbia, Panama dan Kuwait Resmi Teken Traktat Persahabatan ASEAN

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya