Pujian Justin Trudeau: Keramahan Warga Indonesia Sudah Melegenda!

Senang dengan sambutan hangat di KTT ASEAN 2023

Jakarta, IDN Times – Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, memuji keramahan masyarakat Indonesia. Dia pun mengapresiasi sambutan hangat Indonesia sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023.

“Terima kasih Presiden Joko (Widodo) atas sambutan hangatnya di KTT ASEAN. Seperti biasanya, keramahan orang Indonesia sudah melegenda dan patut diapresiasi,” kata Trudeau saat menghadiri KTT ASEAN-Kanada di Jakarta, Rabu (6/9/2023).

1. Trudeau juga datang ke Bali untuk KTT G20

Lawatan ini menjadi kali kedua Trudeau mengunjungi Indonesia dalam 2 tahun terakhir. Sebelumnya, ia datang ke Bali untuk menghadiri KTT G20 pada 2022.

Saat itu, potret dia bersama Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak sempat viral, karena tampak asyik menikmati bir lokal di salah satu kafe di Bali.

Baca Juga: Kamala Harris, Satu-satunya Pemimpin Perempuan di KTT ASEAN 2023

2. Antusias menyambut babak baru hubungan ASEAN-Kanada

Pada kesempatan ini, Trudeau sangat antusias menyambut babak baru hubungan ASEAN-Kanada.

“Kanada dan ASEAN telah menjalin hubungan lebih dari 45 tahun. Pekan ini menandakan babak bersejarah karena hubungannya sudah menjadi ASEAN-Kanada Strategic Partnership. Kanada adalah negara Pasifik dan Indo-Pasifik adalah tetangga kita, sehingga strategic partnership sangat penting bagi kita,” kata dia.

3. Selamat datang Kanada!

Presiden Jokowi juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada Kanada karena telah menjadi keluarga “baru” ASEAN.

“Hari ini, kemitraan ASEAN dan Kanada memasuki fase baru, yaitu sebagai Mitra Strategis. Selamat datang di keluarga besar ASEAN,” kata Jokowi kepada Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, di Jakarta, Rabu (6/9/2023).

Jokowi berharap, hubungan kedua entitas dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi rakyat Indonesia dan kawasan Asia Tenggara. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga berharap, Kanada dapat bergandengan tangan dengan ASEAN dalam mewujudkan perdamaian dan stabilitas kawasan.

“Kanada adalah Mitra Strategis ASEAN dalam membangun ketahanan pangan, membangun hilirisasi industri, serta membangun perdagangan yang terbuka dan adil di kawasan. Kanada saya harapkan dapat menjadi jangkar perdamaian dan stabilitas kawasan yang menaati hukum internasional,” kata Jokowi.  

Baca Juga: Presiden Korsel Ajak ASEAN untuk Perjuangkan Denuklirisasi Korut

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya