Singapura Dinobatkan sebagai Kota Terpintar Sedunia, 3 Tahun Beruntun!

Ini 10 besar kota terpintar di dunia

Jakarta, IDN Times – Singapura dinobatkan sebagai kota terpintar di dunia untuk tiga tahun berturut-turut versi Swiss Institute of Management Development (IMD) dan Singapore University of Technology and Design pada Oktober 2021.

Kota pintar (smart city) adalah pengaturan perkotaan yang menerapkan teknologi untuk meningkatkan manfaat dan meminimalisir kekurangan urbanisasi bagi warganya. Indeks Kota Cerdas memperhitungkan masukan dari penduduk kota tentang bagaimana teknologi telah meningkatkan kehidupan mereka. Sekitar 120 penduduk dari setiap kota disurvei pada Juli tahun ini.

Dilansir dari The Straits Times, Presiden IMD's Smart City Observatory, Bruno Lanvin, mengatakan bahwa pencapaian Singapura disebabkan oleh kebijakan di tingkat kota dan nasional terkait layanan e-government, pendidikan, dan strategi perkotaan.

Baca Juga: Profesor Singapura: Indonesia Terberkati Punya Pemimpin Seperti Jokowi

1. COVID-19 mengubah cara warga menilai suatu kota

Singapura Dinobatkan sebagai Kota Terpintar Sedunia, 3 Tahun Beruntun!Ilustrasi Bandara Singapura (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Kemampuan Singapura dalam menanggulangi pandemik COVID-19 juga menjadi nilai lebih. Menurut Lanvin, Singapura mampu mengatasi pandemik karena belajar dari wabah Sars beberapa tahun silam.

"Tingkat kohesi sosial yang lebih tinggi juga menjadi pertimbangan, serta ketersediaan aplikasi digital yang memungkinkan pemantauan ketat tentang bagaimana virus itu beredar," terang dia.

Sebagai catatan, jajak pendapat yang dilakukan Lanvin tidak menyimpulkan bagaimana pandemik berdampak terhadap para peserta survei.

Baca Juga: Singapura Hidup Berdampingan dengan COVID-19 saat Kasus Melonjak

2. Kritik terhadap survei yang mengabaikan migran dan kasus COVID-19

Singapura Dinobatkan sebagai Kota Terpintar Sedunia, 3 Tahun Beruntun!Ilustrasi Singapura (IDN Times/Sunariyah)

Di sisi lain, evaluasi IMD yang tidak memperhitungkan bagaimana Singapura menangani migran selama pandemik mengundang kritik lokal dan internasional. Survei juga dilakukan ketika kasus COVID-19 di Singapura melandai, padahal belakangan kasusnya kembali meningkat.

Secara garis besar, ada lima bidang penilaian, yaitu kesehatan dan keselamatan, mobilitas, kegiatan, peluang, dan tata kelola.

Peserta survei juga diminta untuk memilih lima dari 15 area prioritas, seperti perumahan yang terjangkau atau layanan kesehatan, untuk kota mereka. Pertanyaan lain adalaah “Apakah Anda merasa ketersediaan informasi online telah meningkatkan kepercayaan Anda pada pihak berwenang?"

Pemeringkatan juga memperhitungkan data ekonomi dan sosial yang diambil dari Indeks Pembangunan PBB, yang menilai negara berdasarkan standar kesehatan, pendidikan, dan kehidupan.

Baca Juga: Singapura Bersiap Hidup dengan Strategi Baru Hadapi COVID-19

3. Ini 10 kota terpintar di dunia

Singapura Dinobatkan sebagai Kota Terpintar Sedunia, 3 Tahun Beruntun!Ilustrasi Singapura (IDN Times/Indiana)

Tim di balik Indeks Kota Cerdas tahun ini menemukan, perhatian utama di seluruh dunia adalah akses ke perumahan yang terjangkau. Akses terhadap kualitas udara dan layanan kesehatan yang baik juga telah menjadi prioritas yang lebih besar, sejak pandemik COVID-19 terjadi.

"Jelas, COVID-19 telah mengubah cara para pemimpin dan warga kota pintar memandang tantangan ke depan," kata Direktur Pusat Daya Saing Dunia (WCC), Arturo Bris.

Ada pun 10 besar kota terpintar di dunia adalah:

  1. Singapura.
  2. Zurich, Swiss.
  3. Oslo, Norwegia.
  4. Taipei, Taiwan.
  5. Lausanne, Swiss.
  6. Helsinki, Finlandia.
  7. Copenhagen, Denmark.
  8. Genewa, Swiss.
  9. Auckland, Selandia Baru.
  10. Bilbao, Spanyol.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya