Iran Tangkap Agen Intelijen Israel, Bawa Bahan Peledak Kuat!

Para agen diduga akan melakukan sabotase di titik sensitif

Jakarta, IDN Times – Kementerian Intelijen Iran mengumumkan penangkapan beberapa agen intelijen pada Sabtu (24/7/2022). Mereka diduga memiliki keterkaitan dengan Mossad, entitas utama dalam Komunitas Intelijen Israel.

Media Iran IRNA, melaporkan, para agen tersebut berniat melakukan tindakan teror di Iran, tetapi langkah itu berhasil digagalkan.

“Para anggota jaringan itu memilki kontak dengan Mossad melalui salah satu negara tetangga Iran dan telah memasuki Iran melalui wilayah Kurdistan,” lapor IRNA.

Baca Juga: Iran Tunjuk Kepala Intelijen Baru untuk Atasi Ancaman Israel

1. Semua peralatan agen disita 

Iran Tangkap Agen Intelijen Israel, Bawa Bahan Peledak Kuat!Ilustrasi spionase, hacker, mata-mata (pexels.com)

Laporan media Iran itu juga menyebutkan bahwa para agen tersebut dilengkapi peralatan dan komunikasi modern, serta peledak yang kuat. Mereka berencana melakukan sabotase di beberapa lokasi sensitif dan telah ditargetkan. Namun, upayanya berhasil digagalkan dan peralatan mereka disita.

Kementerian mengatakan, penyelidikan lebih lanjut sedang dilaksanakan terkait kemungkinan kontak di dalam dan luar negeri. Informasi lebih lanjut akan diumukan segera.

Baca Juga: Iran Kecam Serangan Rudal Israel di Suriah: Langgar Kedaulatan!

2. Israel menolak berkomentar 

Iran Tangkap Agen Intelijen Israel, Bawa Bahan Peledak Kuat!Yair Lapid (Twitter.com/Yair Lapid)

Dilansir Reuters, Kantor Perdana Menteri Israel yang mengawasi Mossad menolak memberikan komentar.

Sementara itu, Kementerian Intelijen Iran juga tidak memberikan data rinci terkait jumlah para agen yang ditangkap dan kewarganegaraan mereka.

Baca Juga: Hubungan Iran-Israel Memburuk, PM Bennett: Rezim Iran Akan Berakhir

3. Iran kerap melakukan penangkapan terduga mata-mata 

Iran Tangkap Agen Intelijen Israel, Bawa Bahan Peledak Kuat!Ilustrasi bendera Iran (unsplash.com/mostafa meraji)

Iran dilaporkan sering menuduh musuhnya seperti Amerika Serikat, Israel, dan Arab Saudi berupaya melakukan tindakan yang dapat membahayakan negara.

Bulan lalu, dilaporkan bahwa jenderal senior di Korps Pengawal Revolusi Islam Iran bernama Brigjen Ali Nasiri ditangkap karena diduga menjadi mata-mata untuk Israel. Media Times of Israel menyoroti penangkapan tersebut dan menyebut bahwa ada peningkatan tingkat ketidakpercayaan di antara pemimpin senior negara itu karena dugaan operasi Israel baru-baru ini di wilayahnya.

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya