Kemenhan RI Terima Kunjungan Panglima AD Singapura, Bahas Apa?

Kedua negara akan mengadakan latihan militer bersama

Jakarta, IDN Times - Menteri pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI), Prabowo Subianto, menerima kunjungan panglima Angkatan Darat (AD) Singapura, Brigadir Jenderal David Neo, di Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Jakarta, Selasa (10/5/2022).

Dalam unggahan Kemenhan di Twitter disebutkan, dalam pertemuan tersebut, Prabowo dan Jenderal David Neo membahas upaya kerja sama di bidang pertahanan dan militer.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) RI, Jenderal TNI Dudung Abdurachman, beserta jajaran TNI lainnya dan juga Wakil Menhan RI, M. Herindra.

Baca Juga: Anggota DPR Heran Menhan Izinkan Singapura Latihan Militer di RI

1. Membahas upaya kerja sama militer kedua negara

Kemenhan RI Terima Kunjungan Panglima AD Singapura, Bahas Apa?Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Panglima AD Singapura, Brigadier General David Neo di Kemhan, Jakarta, Selasa 10 Mei 2022. (Twitter/Kemhan RI).

Dalam pertemuan itu, keduanya sepakat untuk menjalin kerja sama antarnegara dalam hal pertahanan. “Kerja sama pertahanan antara kedua negara dapat dikembangkan di sektor lain, seperti industri pertahanan dan pertahanan siber,” kata Prabowo yang dikutip laman Kemhan.

Ia juga menegaskan perlunya menjaga hubungan persahabatan kedua negara bertetangga itu yang didasarkan pada semangat persaudaraan dan juga prinsip saling menghormati.

Baca Juga: Singapura Hukum Mati Pria Disabilitas Mental Asal Malaysia 

2. Panglima AD Singapura juga kunjungi Kostrad 

Kemenhan RI Terima Kunjungan Panglima AD Singapura, Bahas Apa?Pangkostrad, Maruli Simanjuntak, menerima kunjungan Panglima Angkatan Darat Singapura pada Selasa, 11 Mei 2022. (Twitter.com/Kostrad)

Dalam situs Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad), David diketahui juga telah mengunjungi markas Kostrad, terutama museum angkatan militer tersebut.

Kegiatan kunjungan diawali dengan menerima penghormatan jaga dari Pos-1 dan hormat jajar dari Regu Jaga. Ia disambut langsung oleh Pangkostrad, Maruli Simanjuntak. Maruli mengucapkan selamat datang kepada rombongan KSAD Singapura tersebut dan berharap bisa meningkatkan kerja sama di antara keduanya.

Baca Juga: Eks Danjen Kopassus saat Dijenguk Prabowo: Harus Jadi Presiden!

3. Keduanya akan melakukan latihan militer bersama 

Kemenhan RI Terima Kunjungan Panglima AD Singapura, Bahas Apa?Pangkostrad, Maruli Simanjuntak, menerima kunjungan Panglima Angkatan Darat Singapura pada Selasa, 11 Mei 2022. (Twitter.com/Kostrad)

Maruli mengungkap, kedua negara akan mengadakan latihan militer bersama dalam beberapa bulan mendatang. Ia juga berharap bisa kembali melaksanakan latihan lainnya seperti sebelumnya yakni latihan Safkar Indopura.

“Latihan Bersama ini melibatkan satuan Artileri Medan Indonesia dan satuan Artileri Medan Singapura, dilaksanakan di Purwakarta pada tanggal 4 hingga 14 September 2022,” katanya.

Sementara itu, David merasa terhormat dan bangga bisa berkunjung ke Markas Kostrad dan disambut dengan hangat oleh Pangkostrad beserta staf.

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya