[OPINI] Rahasia Kesuksesan Vietnam Redam Penyebaran Virus Corona

Benarkah demikian?

Sejak awal kemunculannya di Tiongkok pada akhir tahun 2019 lalu, virus corona terus menyebar. Bahkan WHO sudah menetapkannya sebagai sebuah pandemik global. Sudah lebih dari 200 negara telah terdampak dari persebaran virus ini. Bahkan kasus pasien positif corona diseluruh dunia telah mencapai lebih dari 1 juta jiwa dengan ratusan ribu diantaranya telah meninggal dunia.

Negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Italia, Spanyol, Inggris, hingga Prancis merupakan beberapa negara dengan dampak terparah. Padahal kita tahu bahwa negara-negara tersebut memiliki fasilitas kesehatan yang bisa dikatakan maju dan kehidupan masyarakatnya yang relatif lebih tertib. 

Disisi lain Vietnam, menjadi salah satu negara Asia Tenggara yang terdampak virus corona. Meski begitu, negara beribukota Hanoi ini terbilang sukses dalam meredam penyebaran virus corona. Bahkan kehebatan Vietnam dalam meredam corona juga diakui oleh negara lain. Jika dibandingkan dengan negara lain di Eropa, jumlah korban di Vietnam jauh lebih sedikit, padahal secara jarak dari negara sumber penyebaran, yakni Tiongkok sangat dekat.

Sejauh ini korban yang positif terjangkit Corona di Vietnam sebanyak 268 orang tanpa satupun korban meninggal dunia. Kok bisa?

Antisipasi di awal penyebaran

[OPINI] Rahasia Kesuksesan Vietnam Redam Penyebaran Virus Coronapexels.com

Pemerintah Vietnam sangat serius dalam memperhatikan adanya kasus persebaran virus corona yang telah terjadi di Tiongkok sejak akhir Januari lalu. Bahkan mereka sudah mendeklarasikan “Perang” pada virus ini. Deklarasi tersebut bisa dijadikan sebagai sebuah pesan secara verbal bahwasannya ada hal yang serius mengancam negaranya. 

Perlu diketahui, sekecil apapun kemungkinan fatalitas sebuah wabah penyakit, maka setiap negara wajib melakukan langkah antisipasi secepatnya. Karena mobilitas manusia sangat sulit untuk dibendung. Perdana Menteri, Nguyen Xuan Phuc menyatakan bahwasannya memerangi pandemi corona sama halnya seperti melawan musuh.

Pemberlakuan karantina

[OPINI] Rahasia Kesuksesan Vietnam Redam Penyebaran Virus Coronatheprogrm.com

Hal pertama yang perlu diketahui adalah karantina dan lockdown memiliki makna yang mirip, akan tetapi dalam penerapannya sangat berbeda. Jika lockdown  berarti kegiatan masyarakat benar-benar dibatasi dirumah, namun karantina kegiatan masyarakat hanya dibatasi dalam satu wilayah. Nah Vietnam sesegera mungkin melakukan tindakan karantina untuk mencegah persebaran virus Corona meluas. 

Bahkan mereka telah melakukannya sejak 12 Februari 2020 lalu, ketika jumlah korban positif masih berjumlah 10 orang dan ketika negara lain masih belum peduli akan persebaran virus ini. Tindakan tersebut bukanlah tanpa alasan, sebab infrastruktur kesehatan di Vietnam jauh dari kata siap. 

Salah satu contohnya adalah Walikota Ho Chi Minh, Nguyen Tanh Pong menyatakan kotanya yang memiliki populasi sebanyak 8 juta orang, hanya memiliki fasilitas intensive care bed untuk 900 pasien. Tentu kondisi tersebut membuat fasilitas kesehatan Vietnam menjadi sangat rentan. Sehingga langkah pencegahan lain harus dilakukan, salah satunya karantina. 

Tidak hanya itu, contact tracing yang dilakukan otoritas Vietnam bukan hanya kepada orang yang positif terjangkit virus corona saja, melainkan semua orang yang memiliki potensi memiliki kontak dengan virus tersebut.

Pengawasan secara menyeluruh

[OPINI] Rahasia Kesuksesan Vietnam Redam Penyebaran Virus Coronavnexpress.net

Sadar akan infrastruktur kesehatan yang tidak bisa dijadikan tumpuan, Vietnam lebih memilih opsi memperkuat pengawasan terhadap negara untuk seluruh sektor. Pemerintah memperkuat pondasi keamanan dan pengawasan nasional melalui aparat keamanan yang juga dibantu oleh pihak militer.

Selain itu pihak Kementrian Kesehatan Vietnam juga melakukan pengawasan ketat terhadap warganya yang baru berpergian dari negara-negara yang terdampak Virus Corona. Bahkan mereka mengeluarkan peringatan terhadap warganya yang baru datang dari negara-negara tersebut untuk menghubungi hotline/call center yang telah disediakan. 

Kedisiplinan masyarakat

[OPINI] Rahasia Kesuksesan Vietnam Redam Penyebaran Virus CoronaAljazeera.com

Dan inilah yang terpenting, kesuksesan dari seluruh upaya tersebut juga didukung oleh kedisiplinan masyarakat yang amat tinggi. Mereka bersinergi untuk bersama-sama menekan jumlah penularan virus corona diseluruh wilayah negara Vietnam. 

Nah itulah rahasia kesuksesan Vietnam dalam menekan jumlah penyebaran virus Corona. Memang semua itu memunculkan konsekuensi baru yakni matinya beberapa sektor bisnis. Setidaknya sejak awal tahun 2020, 3000 bisnis harus tutup. Bahkan salah satu konglomerat disana yakni Vin Group harus menutup seluruh bisnis hotel dan resort miliknya.

Lalu apakah semua upaya yang telah dilakukan oleh negara Vietnam juga sudah diterapkan di Indonesia? Jika belum maka tidak ada salahnya untuk dijadikan referensi. Untuk kalian generasi milenial, tentu bisa menjadi pelopor untuk menerapkan upaya-upaya tersebut. Ini merupakan kesempatan bagi kalian untuk bisa berkontribusi bagi negara. Caranya sederhana, jika tidak ada keperluan mendesak, dirumah saja dulu.

Baca Juga: [OPINI] Dilema Karantina Wilayah di Tengah Pandemi COVID-19

Ismimalfathan Photo Writer Ismimalfathan

ismimalfathan.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya