Comscore Tracker

[OPINI] Keluhanmu Hanya akan Bikin Semesta Semakin Memperburuk Harimu

Jangan mengeluh

Percaya atau tidak, kehidupan ini akan berjalan sesuai dengan apa yang kita pikirkan dan kita prasangkakan. Jika kita berpikir hal-hal yang baik, maka hal-hal baik itulah yang akan kita dapat. Sebaliknya, jika kita berpikir hal-hal buruk, maka hal-hal buruk itu pula lah yang akan kita dapatkan. Itulah mengapa kita perlu untuk selalu berpikir positif: agar kehidupan kita berjalan sesuai dengan apa yang kita yakini baik untuk kita. Kita harus benar-benar pandai dalam memilih dan memilah hal-hal yang kita inginkan dan kita yang kita pikirkan. Karena ketika kita memikirkan sesuatu, seluruh alam semesta akan bersekongkol untuk mewujudkannya. Perhakah kalian merasa hari kalian sangat baik dari pagi hingga malam, hanya karena sewaktu bangun tidur kalian mendapatkan kabar gembira? Atau, pernahkah kalian merasa sial sepanjang hari, hanya karena sewaktu bangun tidur kita meruntuki kesialan pagi kita yang sebenarnya sangat sepele? Itulah kekuatan semesta, yang akan menjawab pikiran kita dengan caranya sendiri.

Maka, jangan biasakan mengeluh. Hentikan kebiasaan untuk meruntuk, apalagi berkata kotor. Ketika menghadapi hari-hari yang tidak baik, kita tetap tidak boleh berpikir negatif. Seburuk apapun hari yang sedang berjalan, jangan pernah meruntuk dan mengeluh dengan apa yang sedang terjadi. Setiap hari memang tidak selalu menjadi hari yang baik, namun kita harus percaya bahwa pasti ada kebaikan dalam setiap harinya. Kita perlu pintar mencari celah untuk bersyukur dengan nikmat yang kita terima setiap harinya, sekalipun hari yang kita lalui itu adalah hari terburuk atau hari tersial kita. Jangan sekali-kali mengeluh dengan musibah atau kegagalan yang sedang menimpa kita, karena pikiran negatif tidak akan pernah membawa kita kepada jalan yang positif.

Jalani saja semua hari dengan ikhlas dan pikiran yang terbuka. Jika hari ini baik, maka bersukurlan sebanyak-banyaknya sambil terus berharap agar kebaikan itu tidak cepat-cepat berlalu dari hidup ini. Jika hari ini buruk, maka carilah hal-hal baik yang bisa disyukuri. Tetap lah bersyukur dengan apa yang terjadi, sambil terus berharap bahwa keburukan kali ini akan segera tergantikan dengan kebaikan. Hidup itu akan sesederhana itu. Bahagia akan sesederhana itu. Tinggal kita sebagai manusia yang perlu pandai-pandai dalam melihat nikmat yang kita dapat hari ini, agar tidak ada kesempatan bagi kita untuk meruntuk dan mengeluh.

Pergunakan waktu yang kita miliki dengan cara-cara yang baik dan dengan pikiran-pikiran positif. Jangan sampai ada pikrian negatif, apalagi prasangka buruk terhadap Tuhan yang menciptakan takdir kita. Jangan pernah sekali-kali mengeluh pada masalah yang datang bertubi-tubi. Karena keluhan kita hanya akan membuat semesta bersekongkol untuk semakin memperburuk hari-hari kita. Karena setiap keluhan yang kita utarakan dan kita runtuki hanya akan membuat kita semakin lupa dengan nikmat, rezeki, dan kebaikan yang kita miliki hari ini. Karena keluhan hanya akan membuat kita semakin kehilangan rasa syukur dan menjauhkan diri kita terhadap Tuhan kita.

Baca Juga: [Opini] Mampukah Generasi Millennial Memimpin Bangsa Ke Depan?

Elsa Fitria Bena Photo Community Writer Elsa Fitria Bena

architect - traveling - writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You