8 Manusia Purba yang Dulu Pernah Tinggal di Bumi Mendampingi Kita

Semua kisah mereka masih diselimuti kabut misterius

Kita yang hidup pada zaman modern ini adalah keturunan langsung dari Homo Sapiens, spesies manusia yang berhasil bertahan hidup hingga sekarang. Faktanya ada manusia-manusia lain yang sebenarnya hidup bersama kita, atau lebih tepatnya “pernah” hidup bersama kita. Berikut ini adalah manusia purba atau subspesies lain yang pernah hidup di dunia ini.

1. Homo neanderthal

8 Manusia Purba yang Dulu Pernah Tinggal di Bumi Mendampingi Kitaneandhertal (businessinsider.sg)

Neanderthal diperkirakan muncul di bumi ini 200 ribu tahun yang lalu ketika zaman Pleistosen (berlangsung 2,6 juta tahun sampai 11.700 tahun yang lalu). Nama Neanderthal sendiri diambil dari lokasi ditemukannya fosil mereka, yaitu Lembah Neander yang terletak di Jerman.

Homo neanderthal dianggap sebagai arketipe manusia gua. Penemuan-penemuan tentang manusia satu ini menunjukkan saudara kita tersebut hidup sebelum dan selama zaman es yang mana itu adalah kondisi lingkungan yang paling parah untuk dihidupi manusia. Kemampuan mereka bertahan hidup menunjukkan bagaimana hebatnya kemampuan manusia untuk bertahan hidup.

2. Denisova hominins

8 Manusia Purba yang Dulu Pernah Tinggal di Bumi Mendampingi Kitadenisovan (sci-news.com)

Ditemukan di Siberia, penyebaran Denisova hominins diperkirakan mencapai Indonesia dan daerah-daerah sekitar Asia Tenggara. Penelitian lebih lanjut terkait genom menunjukkan Denisovan masih berhubungan dengan Neanderthal dan besar kemungkinan DNA-nya ada di manusia zaman sekarang. Diperkirakan DNA itu ada di orang-orang Melanesia dan Aborigin Australia, namun itu pun hanya enam persen saja.

Dilansir Bradshaw Foundation, analisis mtDNA terhadap manusia Denisovan menunjukkan pada awalnya mereka dari Afrika, namun bermigrasi ke berbagai daerah. Temuan terakhir terkait fosil Denisovan adalah rahang raksasa. Akan tetapi fosil tersebut tidak mengindikasikan peneliti paham sepenuhnya akan bentuk tubuh manusia satu ini.

3. Homo erectus

8 Manusia Purba yang Dulu Pernah Tinggal di Bumi Mendampingi KitaHomo erectus (newsweek.com)

Peneliti yakin bahwa ini adalah manusia pertama di Afrika. Subspesies yang terkadang dikenal juga sebagai Homo ergaster ini diketahui juga sebagai manusia paling tua yang punya bentukan seperti manusia modern: kaki yang relatif memanjang dan lengan yang lebih pendek ketimbang tinggi tubuh.

Berdasarkan artikel dari Smithsonian National Museum of Natural History, fosil Homo erectus pertama kali ditemukan di Indonesia pada 1891 oleh Eugène Dubois. Kala itu Dubois memberikannya nama Pithecanthropus erectus atau manusia kera yang tegak. Menariknya, walau dikatakan sebagai manusia Afrika, fosil manusia ini belum ditemukan di benua tersebut.

4. Homo rhodesiensis

8 Manusia Purba yang Dulu Pernah Tinggal di Bumi Mendampingi KitaHomo rhodeinsis (flickriver.com)

Subspesies manusia satu ini merupakan di Zambia, Afrika pada 1921. Oleh karena itu, tidak mengagetkan peneliti juga menganggap Homo rhodesiensis sebagai manusia Afrika. Bentukan fosil Homo rhodesiensis dikatakan sebagai yang terbaik ketimbang fosil manusia purba lainnya karena kondisinya terjaga.

Bersumber dari situs Natural Histroy Museum, manusia yang dikenal juga dengan nama ilmiah Homo heidelbergensis ini diperkirakan sudah muncul sejak 600 ribu tahun yang lalu. Hanya saja peneliti tidak bisa menentukan kepastian waktunya mengingat situs penggalian fosilnya sendiri pun sudah rusak.