Comscore Tracker

Tampak Menggemaskan, Ini 9 Perbedaan Sugar Glider dan Tupai Terbang

Meski tampak serupa tapi kedua satwa ini berbeda, lho!

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan tupai, kan? Ya, satwa mamalia kecil dengan keahlian memanjat pohonnya yang begitu lincah. Ada beragam jenis tupai, salah satunya tupai terbang. Sesuai namanya, tupai terbang ini mempunyai kemampuan berpindah tempat dari satu pohon ke pohon lain dengan cara melayang di udara.

Tapi, apakah kamu sudah tahu satwa sugar glider? Satwa dengan nama latin Petaurus breviceps berhabitat asli di Papua, Papua Nugini, dan Australia. Sekilas sugar glider tampak mirip dengan tupai, lebih tepatnya tupai terbang. Namun, jika dilihat secara saksama kedua satwa ini berbeda, lho! Berikut ini beberapa perbedaan antara tupai terbang dan sugar glider.

1. Bulu sugar glider lebih bervariasi sedangkan bulu tupai terbang lebih dominan berwarna abu-abu

Tampak Menggemaskan, Ini 9 Perbedaan Sugar Glider dan Tupai Terbangkolase potret sugar glider dan tupai terbang di batang pohon (animaldiversity.org | bastabalkana.com)

2. Sugar glider memiliki garis gelap dari kepala sampai ekor, sedangkan tupai terbang tidak ada 

Tampak Menggemaskan, Ini 9 Perbedaan Sugar Glider dan Tupai Terbangkolase potret sugar glider dan tupai terbang (flickr.com | nwf.org)

3. Tupai terbang memiliki mata bulat, berwarna gelap dan besar, sedangkan sugar glider memiliki mata bulat hitam dan hidung bulat dengan warna merah muda

Tampak Menggemaskan, Ini 9 Perbedaan Sugar Glider dan Tupai Terbangkolase potret sugar glider dan tupai terbang (unsplash.com/timgarifov | westexpestmanagement.com)

4. Ekor tupai terbang berbentuk pipih, sedangkan sugar glider membulat dan menjulang ke atas 

Tampak Menggemaskan, Ini 9 Perbedaan Sugar Glider dan Tupai Terbangkolase potret ekor sugar glider dan ekor tupai terbang (flickr.com | zooecomuseum.ca)

5. Sugar glider punya masa hamil 17 hari, sedangkan tupai terbang punya masa hamil lebih lama yaitu 40 hari

Tampak Menggemaskan, Ini 9 Perbedaan Sugar Glider dan Tupai Terbangkolase potret sugar glider dan tupai terbang (unsplash.com/davidclode | pixabay.com/users/andyround62-3316356)

Baca Juga: Bisa Menyala dalam Gelap, Ini 6 Fakta Menarik Tupai Terbang

6. Sugar glider betina memiliki kantung di perutnya seperti kangguru untuk mengantongi anaknya, sedangkan tupai terbang tidak ada

Tampak Menggemaskan, Ini 9 Perbedaan Sugar Glider dan Tupai Terbangkolase potret bayi sugar glider dan tupai terbang (scx1.b-cdn.net | flickr.com)

7. Tupai terbang makan berbagai jenis buah-buahan, sugar glider makan serangga (jangkrik dan ulat) serta buah-buahan

Tampak Menggemaskan, Ini 9 Perbedaan Sugar Glider dan Tupai Terbangkolase potret sugar glider dan tupai terbang sedang makan (pixabay.com/users/andyround62-3316356 | in.gov)

8. Umur sugar glider 3–9 tahun sedangkan umur tupai terbang mampu mencapai 15 tahun, lho!

Tampak Menggemaskan, Ini 9 Perbedaan Sugar Glider dan Tupai Terbangkolase potret sugar glider dan tupai terbang (unsplash.com/timgarifov | treedictionary.com)

9. Tubuh tupai terbang lebih panjang dibandingkan sugar glider, yaitu tupai terbang 275– 342 mm, sedangkan sugar glider 120–320 mm

Tampak Menggemaskan, Ini 9 Perbedaan Sugar Glider dan Tupai Terbangkolase potret sugar glider dan tupai terbang di pohon (flickr.com | worldlifeexpectancy.com)

Tampangnya yang lucu membuat berapa orang menjadikan sugar glider sebagai hewan peliharaan. Apakah kamu tertarik untuk memelihara sugar glider?

Baca Juga: 8 Fakta Unik Sugar Glider, Peliharaan Populer yang Lucu dan Lincah

Aji Trio Pamungkas Photo Writer Aji Trio Pamungkas

Menulis untuk berbagi informasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya