5 Fakta Menarik Tentang Suku Aborigin, Penduduk Asli Australia

Suku Aborigin memiliki tradisi yang mengerikan lho

www.sbs.com.au

Australia merupakan sebuah negara sekaligus juga sebuah benua yang berdekatan dengan Indonesia. Banyak orang mengenal Australia sebagai Negara Kanguru. Bahasa resmi dari Australia yaitu bahasa Inggris. Jumlah penduduk Australia saat ini berjumlah 25.392.900 jiwa.

Sebelum datangnya bangsa Eropa, terdapat penduduk asli Australia yaitu suku Aborigin. Kata "Aborigin" sendiri berasal dari bahasa Inggris yang berarti penduduk asli. Suku Aborigin dipercaya sudah mendiami Australia selama 70 ribu tahun lalu. Suku Aborigin juga memiliki beberapa fakta yang menarik untuk dibahas. Seperti apakah fakta dari suku Aborigin ini?

1. Suku Aborigin memiliki jiwa seni yang tinggi

australianmuseum.net.au

Suku Aborigin dikenal sebagai suku yang memiliki jiwa seni yang tinggi. Pada zaman dahulu, suku Aborigin suka membuat lukisan pada dinding gua ataupun kulit binatang. Tak hanya itu, suku Aborigin juga suka membuat karya seni pahat. Saat ini sudah terdapat museum seni suku Aborigin yang dapat kamu kunjungi di Australia.

Baca Juga: 3 Jenis Gender Selain Pria dan Wanita yang Diakui Suku Bugis

2. Bahasa suku Aborigin hampir punah

www.northernstar.com.au

Dahulu suku Aborigin memiliki sekitar 250 bahasa. Tapi sekarang diperkirakan kurang dari 70 bahasa suku Aborigin yang masih digunakan sehari-hari. Hal ini membuat bahasa asli suku Aborigin hampir punah. Walaupun demikian, saat ini beberapa sekolah di Australia sudah mulai mengajarkan bahasa asli suku Aborigin. Hal ini dilakukan agar bahasa asli suku Aborigin tetap lestari.

3. Mayoritas orang Aborigin beragama Kristen

www.abc.net.au

Seiring perkembangan zaman, mayoritas orang Aborigin menganut agama Kristen. Menurut data sensus, terdapat 73% orang Aborigin yang menganut agama Kristen. Kemudian sekitar 24% tidak menganut agama apapun. Sisanya mereka masih menganut agama tradisional yang masih mempercayai adanya Roh Agung yang mengatur kehidupan di Bumi.

4. Uluru merupakan batu yang keramat bagi suku Aborigin

www.theguardian.com

Uluru atau biasa disebut Ayers Rock adalah batu berukuran besar yang dikeramatkan oleh suku Aborigin. Mereka percaya bahwa asal muasal kehidupan ini berawal dari Uluru. Sehingga orang Aborigin sangat menjaga kelestarian dari Uluru ini. Tapi sangat disayangkan masih banyak turis yang masih mendaki Uluru dan tidak menjaga kelestariannya. Maka dari itu akan terdapat larangan bagi para turis untuk mendaki batu Uluru ke depannya.

Baca Juga: 5 Fakta Mengerikan Suku Maya Kuno yang Belum Banyak Diketahui

Verified Writer

Xehi Dekirty

A person who wants to live in peace

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya