Comscore Tracker

5 Fakta dalam Sejarah Tenggelamnya Kapal Titanic, Gak Terduga Lho!

Antara ganasnya alam dan kesombongan manusia

Pada 15 April 1912 silam terdapat sebuah musibah atau tragedi fatal dalam dunia pelayaran, yakni tenggelamnya kapal pesiar mewah bernama Titanic. Musibah tersebut terjadi pada pelayaran perdana Titanic, dari Inggris menuju New York, Amerika Serikat.

Tragedi ini menelan 1514 korban jiwa, dan dianggap kecelakaan pelayaran sipil paling mematikan sepanjang sejarah. Kapal yang dibuat di Irlandia ini merupakan kapal pesiar terbesar yang pernah dibuat pada zamannya.

Inilah lima fakta tentang sejarah tenggalamnya kapal Titanic, disimak ya!

1. Bulan purnama penuh memiliki andil dalam tragedi karamnya Titanic

5 Fakta dalam Sejarah Tenggelamnya Kapal Titanic, Gak Terduga Lho!ascensionenergies.com

Seperti ditulis dalam laman nasa.gov, terdapat penelitian bahwa karamnya Titanic merupakan efek dari bulan purnama penuh yang terjadi saat itu. Seperti yang kita tahu bahwa kapal tersebut menabrak gunung es sehingga menyebabkan badan kapal mengalami kerusakan parah.

Pada awal 1912 kondisi bulan sejajar dengan matahari, dimana ini mengakibatkan sebuah tarikan medan gravitasi yang sangat kuat, terutama di lautan lepas. Gelombang besar akan terjadi di laut, dan bongkahan-bongkahan es raksasa juga akan bergerak secara liar. Ini sebabnya teknologi Titanic tidak cukup bisa diandalkan untuk memberikan peringatan dini kepada kru kapal.

2. Kru kapal terkesan meremehkan ganasnya alam

5 Fakta dalam Sejarah Tenggelamnya Kapal Titanic, Gak Terduga Lho!smithsonianmag.com

Kecelakaan kapal pesiar Titanic tidak berdiri sendiri, ada kelalaian dalam tindakan yang diambil oleh para kru kapal, termasuk sang kapten yang bernama Edward Smith. Seperti diberitakan bbc.co.uk, kapten Smith tidak mengindahkan peringatan gunung es, dan bahkan tidak memperlambat laju kapalnya.

Di samping itu, dewan pelayaran Inggris kala itu juga mengizinkan Titanic berlayar tanpa akomodasi sekoci yang memadai. Jika saja Titanic tidak mengalami bencana, mungkin hal ini tidak akan pernah diketahui oleh publik.

Baca Juga: 6 Penyintas China Ungkap Babak Baru Rahasia Tenggelamnya Titanic

3. Kisah kecelakaan Titanic pernah "diramalkan" dalam sebuah novel

5 Fakta dalam Sejarah Tenggelamnya Kapal Titanic, Gak Terduga Lho!liverpoolmuseums.org

Tahukah kamu jika tenggelamnya Titanic ternyata pernah ditulis dalam sebuah Novel? Ya, 14 tahun sebelum kejadian karamnya Titanic, seorang novelis bernama Morgan Robertson telah menerbitkan novel berjudul The Wreck of the Titan: Or Futility.

Seperti dilansir dalam laman berita businessinsider.com, novel yang diterbitkan pada 1898 ini secara mengejutkan "meramalkan" kejadian Titanic dengan sangat mirip. Novel ini mengisahkan tentang tenggelamnya kapal pesiar Titan di Atlantik Utara akibat menabrak gunung es. Suatu kebetulan, kah?

4. Ada beberapa yang luput dari bencana karena membatalkan keberangkatan, padahal sudah beli tiket pesiar

5 Fakta dalam Sejarah Tenggelamnya Kapal Titanic, Gak Terduga Lho!thefamouspeople.com

Ada beberapa pengusaha terkenal yang luput dari bencana, di antaranya Milton S. Hershey, pengusaha permen dan coklat asal Amerika Serikat. Pada Desember 1911 silam Hershey telah membeli tiket termasuk untuk keluarganya. Hershey yang sedang berlibur di Prancis, rencananya akan kembali ke New York menggunakan kapal Titanic.

Namun, Hershey dan keluarganya akhirnya tidak jadi menumpangi Titanic. Ia dan keluarganya memutuskan untuk berlayar dengan kapal penumpang Jerman, dan tiba di Amerika pada 7 April 1912.

5. Pendapatan film Titanic dapat digunakan membangun kapal pesiar super mewah

5 Fakta dalam Sejarah Tenggelamnya Kapal Titanic, Gak Terduga Lho!theculturetrip.com

Tahukah kamu berapa pendapatan film berjudul Titanic yang dirilis 1997 silam? Film yang disutradarai James Cameron ini berhasil membukukan pendapatan box office sebesar USD 2,18 miliar atau setara hampir 30 tiriliun Rupiah. Uang sebanyak ini diperkirakan bisa untuk membangun kapal pesiar yang super mewah. 

Itulah lima fakta tentang musibah tenggelamnya kapal Titanic. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu, ya!

Baca Juga: Kisah Nyata di Balik Pasangan Tua yang Berpelukan di Film Titanic

Dahli Anggara Photo Community Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You