Comscore Tracker

Kenapa Mata Kucing Belekan? Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini

Jangan remehkan belekan pada kucing

Selain bulu yang indah dan terawat, mata kucing yang bebas belekan juga kerap dijadikan salah satu indikator keberhasilan kita dalam merawat kucing. Yup, tak nyaman rasanya jika kita melihat mata kucing yang kotor, belekan, dan tak terawat. Tentunya, sebagai pemilik, kita wajib merawat dan menjaga mereka agar selalu bersih dan sehat, bukan?

Nah, lantas, kenapa mata kucing belekan terlalu sering? Apakah ini normal? Ternyata, mata belekan pada kucing tidak boleh diremehkan, lho. Bisa saja hal tersebut diakibatkan oleh penyakit yang membuat kucing tidak nyaman. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Apakah Kucing Bisa Menangis? Simak Penjelasan Ilmiahnya

Penyebab dan cara mengatasi mata kucing yang kerap belekan

Kenapa Mata Kucing Belekan? Simak Penjelasan Lengkapnya di Siniilustrasi kucing sedang bermain (unsplash.com/Val Tievsky)

Ada beberapa penyebab utama yang membuat mata kucing belekan. Beberapa di antaranya bahkan mengindikasikan adanya penyakit serius di mata mereka. Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

  1. Mata belekan adalah respons alami kucing terhadap benda asing yang masuk ke mata mereka. Jika ini terjadi, kamu wajib sering-sering membersihkan mata kucing dengan lap lembut dan air bersih. Perhatikan juga apa ada luka atau tidak di sekitar mata kucingmu.
  2. Banyaknya volume air mata pada kucing bisa disebabkan oleh infeksi virus feline calicivirus, seperti ditulis dalam laman Pet MD. Infeksi ini menyerang saluran pernapasan dan bisa ditularkan dari kucing-kucing lainnya. Atasi dengan memberikan perawatan medis di dokter hewan.
  3. Ada penyakit atau infeksi yang menjangkiti mata kucing. Biasanya, mata kucing akan sedikit bengkak dan selalu basah atau belekan. Bersihkan secara rutin. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter hewan.
  4. Luka atau cedera di bagian mata akibat perkelahian. Kucing bisa saja mengalami luka atau cedera serius setelah mereka berkelahi dengan kucing lainnya. Biasanya, cakaran yang cukup dalam di sekitar mata akan membuat mata kucing selalu basah dan belekan. Bersihkan dan obati lukanya dengan benar. Jangan sembarangan memberi obat tetes mata karena akan berisiko menimbulkan iritasi.
  5. Gangguan mata akibat penyakit dan usia, misalnya konjungtivitis, gangguan pada kornea, uveitis, dan epifora (air mata tak terbendung). Untuk memastikan, kamu harus membawanya ke dokter hewan. Biasanya, langkah medis diperlukan untuk menyembuhkan gangguan mata ini.
  6. Adanya penyakit dan gangguan kesehatan lainnya yang mungkin sulit untuk dideteksi sejak awal.

Nah, kadang memang tidak mudah menentukan penyebab kenapa mata kucing selalu belekan. Namun, kamu bisa meminimalkan kasus belekan pada kucing dengan menerapkan hidup sehat di lingkungan sekitarmu. Membersihkan mata kucing secara rutin juga bisa mengurangi intensitas belekan pada kucing.

So, itu tadi beberapa penyebab dan cara mengatasi belekan pada mata kucing. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang kamu butuhkan, ya!

Baca Juga: Kenapa Kucing Bersin? Selain Alergi, Ini 5 Penyebab Lainnya

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya