Comscore Tracker

5 Tanaman yang Cocok Ditaruh di Kamar, Tingkatkan Kualitas Tidur

Bersihkan udara dan bikin tidur nyenyak! #IDNTimesScience

Kebanyakan orang sudah tahu pentingnya tidur yang nyenyak dan cukup bagi kesejahteraan tubuh. Tidur yang cukup penting untuk menjaga fokus, suasana hati, energi, dan detak jantung. Karenanya, tak mengherankan jika banyak orang akan melakukan apa saja untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Saat mengalami kesulitan tidur, banyak orang yang memilih untuk mengonsumsi pil tidur konvensional, susu hangat, musik yang menenangkan, dan sejenisnya. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa menaruh beberapa tanaman di dalam kamar tidur dapat membantu kamu mendapatkan tidur yang lebih nyenyak?

Jika selama ini kamu tidak bisa tidur nyenyak, tanaman ini dapat membantu mengubah kualitas udara di kamar tidur dan mengubah lingkungan agar terasa lebih nyaman untuk beristirahat. Yuk, simak daftarnya baik-baik!

1. Gardenia

5 Tanaman yang Cocok Ditaruh di Kamar, Tingkatkan Kualitas Tidurilustrasi gardenia (pixabay.com/bunekeeditor)

Gardenia adalah tanaman asli Cina dan Jepang yang bukan hanya memiliki aroma yang harum, tapi juga terbukti bermanfaat untuk tidur. Penelitian dari University of the Ruhr, di Jerman, menguji ratusan wewangian untuk menentukan efeknya pada reseptor GABA pada manusia dan tikus.

Penelitian menemukan bahwa bahan kimia dalam bunga gardenia dapat meningkatkan aktivitas neurotransmiter GABA. Hal ini membantu mengatur kegembiraan di otak dan membantu mempromosikan tidur sebaik obat farmasi.

Untuk dapat tumbuh, tanaman tersebut perlu diberi paparan cahaya terang dan tidak langsung, setidaknya selama 4 jam per hari dan tingkat kelembapan yang tinggi. Jika kamar tidurmu tidak terlalu lembap, kamu juga harus menyemprot gardenia dengan air secara teratur.

2. Melati

5 Tanaman yang Cocok Ditaruh di Kamar, Tingkatkan Kualitas Tidurilustrasi melati (pixabay.com/Capri23auto)

Memiliki bunga berwarna putih yang indah dan aroma wangi, melati bisa menjadi pemanis di kamar tidur. Yang lebih menarik, tanaman ini bisa membantu mengatasi depresi, stres, kelelahan, dan kecemasan. Menurut The Telegraph, menghirup aroma melati terbukti mengirimkan sinyal ke sistem limbik, yaitu wilayah otak yang mengatur emosi serta berdampak pada sistem saraf.

Penelitian lain dalam National Sleep Foundation telah menunjukkan bahwa orang yang menghirup aroma melati saat tidur mengalami tidur yang lebih nyenyak, gerakan yang lebih sedikit sepanjang malam, dan kualitas tidur yang lebih baik secara keseluruhan. Karenanya, bunga ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki masalah tidur dan suasana hati. Taruh melati di dekat jendela dan pangkas secara teratur untuk mengendalikan ukurannya.

Baca Juga: Waspada, 10 Tanaman Liar Ini Terlihat Seperti Makanan padahal Beracun

3. Rosemary

5 Tanaman yang Cocok Ditaruh di Kamar, Tingkatkan Kualitas Tidurilustrasi rosemary (unsplash.com/Zé Ferrari Careto)

Rosemary paling dikenal sebagai salah satu bahan tambahan dalam masakan. Namun, ia juga dapat membantu kamu mendapatkan tidur yang lebih baik. Penelitian yang dilakukan oleh University of Maryland Medical Center menemukan bahwa minyak esensial rosemary dapat mendukung sistem saraf dan kesehatan peredaran darah, meningkatkan konsentrasi, dan menghilangkan stres.

Studi yang dilakukan tahun 2012 dan dipublikasikan dalam jurnal Scientia Pharmaceutica juga menemukan bahwa minyak esensialnya bisa membantu mengatur suasana hati dan membuat kamu merasa lebih bersemangat. Taruh tanaman tersebut di kamar untuk membantu meningkatkan kualitas udara dan mendapatkan tidur yang lebih baik.

4. Peace lily

5 Tanaman yang Cocok Ditaruh di Kamar, Tingkatkan Kualitas Tidurilustrasi peace lily (pixabay.com/manfredrichter)

Peace lily adalah tanaman yang berasal dari hutan hujan tropis Amerika. Selain memiliki bunga yang indah, tanaman hias ini juga hanya membutuhkan perawatan yang rendah, sehingga cocok untuk siapa pun. Peace lily bisa ditaruh di dalam ruangan yang jauh dari pintu dan jendela serta hanya perlu disiram seminggu sekali.

Penelitian dari Jepang tahun 2005 yang dipublikasikan dalam jurnal IEEJ Transactions on Sensors and Micromachines menemukan bahwa peace lily sangat efektif untuk menghilangkan senyawa kimia toluena dan xilena dari udara. Tanaman ini juga mampu menyerap spora jamur dari udara ke dalam daunnya sehingga bisa membuat udara kamar lebih bersih dan segar.

5. Lidah buaya

5 Tanaman yang Cocok Ditaruh di Kamar, Tingkatkan Kualitas Tidurilustrasi lidah buaya (pexels.com/Cintia Siqueira)

Lidah buaya adalah tanaman sukulen yang sejak lama dikenal karena manfaat kecantikannya. Tanaman ini juga memiliki kemampuan memurnikan benzena dan formaldehida beracun dari udara dan membantu merangsang tidur malam yang nyenyak, menurut The Alabama Cooperative Extension System. Karenanya, tanaman lidah buaya cocok ditaruh di dalam kamar tidur.

Selain itu, gel lidah buaya juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka kecil dan memar. Taruh beberapa pot lidah buaya di kamarmu dan letakkan di dekat jendela agar tanaman ini selalu segar.

Setelah mendapatkan tidur malam yang nyenyak, esok harinya kamu akan bisa beraktivitas dengan lebih fokus, produktif, dan berenergi. Taruh satu atau beberapa jenis tanaman ini di kamarmu dan jangan lupa untuk merawatnya dengan benar agar dapat tumbuh dengan subur dan sehat.

Baca Juga: 5 Tanaman Indoor Ini Berisiko Memicu Alergi, Ketahui Sebelum Terlambat

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya