Comscore Tracker

7 Hewan yang Bisa Hidup di Gurun Sahara, Gak Cuma Unta Lho!

Udah pernah lihat langsung?

Kehidupan di Gurun Sahara pasti sulit. Gurun pasir ini sangat luas, panas dan kering pada siang hari, sementara malam hari sangat dingin. Hanya pasir dan pasir yang terlihat oleh mata. Di tempat yang ekstrem ini , tujuh hewan ini dapat beradaptasi. Apa aja hewan-hewan tangguh tersebut? Ini dia tujuh di antaranya.

1. Unta Dromedari

7 Hewan yang Bisa Hidup di Gurun Sahara, Gak Cuma Unta Lho!wildrepublic.com

Ketika kita berpikir tentang gurun, hal pertama yang muncul di benak kita adalah unta. Unta Dromedari yang berasal dari Arab ini, adalah unta besar yang banyak hidup di Sahara. Yang menarik dari unta-unta ini adalah mereka dapat menyimpan lemak dalam punuknya. Mereka juga dapat minum hingga 100 liter air dalam waktu 10 menit. Unta ini sangat cocok di Sahara, karena mereka memiliki kekuatan, daya tahan, dan dapat hidup tanpa air dan makanan dalam waktu yang cukup lama.

2. Viper bertanduk

7 Hewan yang Bisa Hidup di Gurun Sahara, Gak Cuma Unta Lho!sciencesource.com

Hewan ini dapat tumbuh hingga 50 cm. Mereka berburu pada malam hari, dan biasanya mengubur diri di pasir pada siang hari. Racunnya sangat berbisa karena dapat merusak jaringan sel darah merah dan bersifat hemotoksik. Hewan ini sekarang merupakan spesies yang terancam punah, karena faktor lingkungan. Tidak ada yang benar-benar tahu mengapa mereka memiliki tanduk di atas mata mereka. Ada yang mengatakan tanduk tersebut untuk perlindungan bagi matanya terhadap pasir, kamuflase atau navigasi melalui pasir.

3. Burung unta

7 Hewan yang Bisa Hidup di Gurun Sahara, Gak Cuma Unta Lho!animalsake.com

Jenis burung satu ini terkenal karena tidak bisa terbang, tetapi burung unta ketidak mampuannya untuk terbang, menjadikannya salah satu hewan darat tercepat. Seekor burung unta dapat berlari dengan kecepatan rata-rata 40 mil per jam. Burung unta adalah burung terbesar di dunia. Banyak jenis burung unta yang ditemukan di berbagai bagian gurun Sahara. Kaki mereka sangat kuat, dan mereka biasanya menggunakannya untuk menendang predator, ketika dalam bahaya. Mereka juga memiliki kemampuan penglihatan dan pendengaran yang sangat baik, yang menjadikan mekanisme pertahanan utama mereka. 

4. Anjing liar Afrika

7 Hewan yang Bisa Hidup di Gurun Sahara, Gak Cuma Unta Lho!wildrepublic.com

Anjing jenis ini terkenal sebagai salah satu predator yang ulet. Tidak seperti jenis kucing besar lainnya, mereka mengejar mangsanya yang bahkan lebih cepat dari mereka sendiri. Mereka mengejar mangsanya dengan jarak yang jauh dan membuat mangsanya kelelahan lalu memangsa mereka dengan cara disembowelment (eksekusi mati dengan mengeluarkan beberapa atau seluruh organ vital). Metode ini menjadikan anjing liar predator paling sukses di dunia.

Baca Juga: 5 Hewan Mamalia Unik yang ada di Gurun Gobi, Mongolia

5. Jerboa

7 Hewan yang Bisa Hidup di Gurun Sahara, Gak Cuma Unta Lho!hiveminer.com

Hewan ini termasuk keluarga pengerat, jerboa mampu bertahan hidup di tempat yang ekstrem seperti di gurun Sahara. Pertahanan utamanya adalah kemampuannya yang luar biasa untuk melompat dan berlari, hewan ini dapat melompat dengan kecepatan rata-rata sekitar 16 mil per jam. Hal tersebut yang membuat predator susah untuk memburunya. Jerboa biasanya makan tanaman gurun, serangga, dan biji-bijian

6. Landak gurun

7 Hewan yang Bisa Hidup di Gurun Sahara, Gak Cuma Unta Lho!hedgehogsofasgard.com

Landak gurun adalah hewan yang aktif di malam hari. Mereka beristirahat di siang hari di sekitar batu atau tebing  yang dapat memberikan perlindungan saat mereka tidur untuk sembunyi dari burung pemangsa. Landak gurun akan hibernasi ketika suhu lebih dingin, antara Januari dan Februari, dan mereka mungkin menjadi kurang aktif juga ketika makanan langka dan di bulan-bulan terpanas. Meskipun hampir semua spesies landak umumnya menggulung menjadi bola yang rapat lalu menunjukkan duri mereka yang mengarah ke luar, tetapi landak gurun tidak jarang terlihat hanya berlari dari predator.

7. Anubis baboon

7 Hewan yang Bisa Hidup di Gurun Sahara, Gak Cuma Unta Lho!blog.nationalgeographic.org

Babon ini banyak ditemukan di Afrika, hewan ini juga dapat dilihat di daerah pegunungan gurun Sahara. Warna bulu babon ini tampak hijau keabu-abuan dari kejauhan, tetapi jika diamati lebih dekat, bisa dilihat bahwa hewan ini mempunyai bulu berwarna-warni. Jantan lebih besar dari betina, dengan surai yang lebih besar juga. hewan ini beradaptasi dengan baik karena makanannya yang beragam, termasuk tanaman, burung, dan bahkan mamalia kecil.

Melihat gurun Sahara dan iklimnya yang ekstrem, sulit membayangkan bagaimana hewan-hewan ini dapat tinggal di sana. Tetapi entah bagaimana, seiringnya waktu, mereka telah berevolusi dan beradaptasi dengan tempat yang sangat panas ini. Setiap hari menjadi  perlombaan untuk mendapatkan air, makanan, dan kelangsungan hidup yang berharga.

Baca Juga: 5 Hewan Unik yang ada di Gurun Atacama, Amerika Selatan

Etantyo Nathaniel Photo Verified Writer Etantyo Nathaniel

@etantyo_n

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Jumawan Syahrudin
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya