Comscore Tracker

5 Ras Kucing Tercantik di Dunia, dari Ragdoll hingga Scottish Fold! 

Karakter fisiknya bikin kamu sulit berpaling

Kucing merupakan salah satu hewan paling populer yang sering dipelihara oleh masyarakat di dunia. Hewan lucu yang memiliki tingkah polah menggemaskan ini terdiri dari banyak ras yang membedakan karakteristik fisiknya.

Seperti misalnya, ada yang mempunyai bulu yang panjang, ekor dan kaki yang pendek, mata yang berwarna biru, dan beragam keunikan lainnya. Dilansir dari Mysterious World dan Insider, berikut lima ras kucing tercantik di dunia. Yuk, simak!

1. Exotic Shorthair 

5 Ras Kucing Tercantik di Dunia, dari Ragdoll hingga Scottish Fold! Exotic Shorthair (instagram.com/exoticshorthaircats)

Exotic Shorthair merupakan hasil persilangan dari ras American Shorthair dengan Persia ini memiliki badan pendek, bahu besar, tulang besar, serta otot yang sangat kuat. Mereka memiliki wajah yang bulat dan besar serta pipi yang cukup berisi. Sementara itu, matanya terlihat bulat dengan warna kuning, biru, dan keemasan.

Keistimewaan kucing ini ada pada bagian bulunya yang relatif pendek, padat, dan terasa lembut jika dielus. Sedangkan ekornya pendek, tebal, dan berbentuk bulat di ujungnya. Berat badannya mencapai 3,5 sampai 6 kilogram.

Kucing ini memiliki karakter menggemaskan dan cukup tenang, meski dia juga banyak menunjukkan sifat aktif nan lincah. Karena berbagai ciri tersebut, mereka sering dijadikan hewan peliharaan.

2. Ragdoll 

5 Ras Kucing Tercantik di Dunia, dari Ragdoll hingga Scottish Fold! Ragdoll (instagram.com/ragdoll_bluebelldolls)

Ras yang satu ini dinamakan Ragdoll karena mereka sering memperlihatkan kondisi seakan-akan lemas ketika hendak diangkat, persis seperti boneka kain (rag doll). Yang membuat kucing ini terkenal cantik adalah mata birunya yang sangat indah, bulunya panjang, dan halus.

Warnanya pun beragam. Ada yang terdiri dari satu warna, dua warna, belang atau tabby, bercak-bercak, gradasi, hingga punya warna tertentu di ujung telinganya. Sementara itu, usia hidup rata-rata Ragdoll sekitar 14 tahun.

Ras yang penyayang ini adalah tipe kucing rumahan. Mereka akan menyambut kamu ketika pulang ke rumah dari bepergian. Di samping itu, kucing ini juga terkenal pintar karena dapat berhati-hati menggunakan kuku dan giginya ketika bermain dengan pemiliknya.

Baca Juga: Makin Imut, 8 Ras Kucing Ini Punya Mata Besar yang Indah

3. Maine Coon 

5 Ras Kucing Tercantik di Dunia, dari Ragdoll hingga Scottish Fold! Maine Coon (instagram.com/lovers_mainecoon)

Maine Coon merupakan salah satu ras kucing tertua yang berasal dari Amerika Utara. Kucing yang mempunyai nama lain American Longhair ini memiliki bentuk wajah yang mirip seperti singa dan bulu yang lebat di sekitar wajah dan kepala serta ekor yang panjang.

Tulang pipi kucing Maine Coon berbentuk oval dan cukup lebar dengan bentuk dahi melengkung dan mata yang besar. Panjang kucing ini bisa mencapai 121 sentimeter yang diukur dari ujung kepala hingga ekor. Berat badannya dapat mencapai 13 kilogram. Tak heran, Maine Coon termasuk salah satu ras kucing terbesar di dunia.

Lapisan bulu mereka halus dan memiliki warna serta motif yang beragam. Yang istimewa, bulunya memiliki kemampuan kedap air, sehingga mereka termasuk kucing yang tahan terhadap udara dingin.

4. Scottish Fold 

5 Ras Kucing Tercantik di Dunia, dari Ragdoll hingga Scottish Fold! Scottish Fold (instagram.com/catteryqatar)

Kucing asal Skotlandia ini bermula dari adanya kelainan mutasi genetik, sehingga telinganya terlipat ke depan. Pada awalnya, anak kucing Scottish Fold memiliki telinga yang lurus, tapi mulai melipat setelah 3 minggu sejak lahir.

Di samping itu, faktor lain yang mendukung keunikan kucing ini adalah suaranya yang halus dan bervariasi. Hal ini tidak dapat ditemukan pada kucing lainnya.

Scottish Fold juga memiliki banyak warna, di antaranya cokelat, biru, merah, lavender, dan berbagai kombinasi putih. Kucing yang memiliki mata dan wajah yang bulat besar ini memiliki jangka hidup yang cukup panjang yaitu hingga 15 tahun lamanya.

Walaupun begitu, pengembangbiakan Scottish Fold menuai kontroversi. Sebab, kelainan yang mereka alami sering kali berujung pada berbagai risiko kesehatan. Itulah kenapa banyak pencinta hewan tidak setuju jika ras ini terus dibiakkan dan dieksploitasi. 

5. Abyssinian 

5 Ras Kucing Tercantik di Dunia, dari Ragdoll hingga Scottish Fold! Abyssinian (instagram.com/astragalus_aby_cattery)

Abyssinian disebut sebagai salah satu kucing tercantik di dunia karena penampakan mereka yang mirip dengan kucing Mesir Kuno. Mereka mempunyai badan lentur, telinga runcing, kaki ramping, dan bulu pendek berwarna merah kecokelatan.

Ciri khas lainnya dari kucing ini adalah mereka suka menjelajahi daerah sekitar mereka, karena rasa keingintahuannya yang tinggi. Namun, Abyssinian termasuk sebagai kucing penakut saat berdekatan dengan orang yang tidak dikenalinya. Kamu dapat melatih kucing ini dengan mudah, karena mereka termasuk hewan yang cerdas, aktif, dan suka bermain.

Kehadiran kucing lucu dan cantik bisa menambah kegembiraan dan kebahagiaan di dalam rumah. Di samping itu, mereka  juga termasuk hewan penyayang, terlatih, dan cerdas. Kalau kamu punya jenis kucing yang mana, nih?

Baca Juga: 6 Jenis Ras Kucing yang Bertubuh Kecil, Imut dan Gemas!

Ika Larasati Photo Verified Writer Ika Larasati

Happy single mom who loves cooking, baking, travelling, reading, eager to learn something new

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya