Comscore Tracker

Arti 7 Posisi Tidur Kucing, Mereka Mau Kasih 'Kode' ke Kamu

Posisi tidur kucing menunjukkan perasaan dan kondisi mereka

Sekitar 70 persen dari hidup kucing dihabiskan untuk tidur. Dilansir Sleep, waktu tidur "si pus" rata-rata bisa mencapai 15 jam, sedangkan waktu untuk istirahat secara keseluruhan bisa mencapai 20 jam sehari. Inilah yang terkadang membuat manusia iri.

Fun fact, ternyata posisi tidur kucing memiliki arti yang berbeda-beda, lho. Mereka sering menyelipkan "kode" tertentu dari cara mereka tidur. Ingin memahami kucingmu lebih jauh? Yuk, kenali posisi tidur kucing dan artinya berikut ini!

1. Tidur di dalam kardus

Arti 7 Posisi Tidur Kucing, Mereka Mau Kasih 'Kode' ke Kamuthepurringtonpost.com

Salah satu tempat favorit kucing untuk tidur adalah kardus. Di siang hari yang panas atau di malam hari, mereka akan memasukkan tubuhnya ke dalam boks untuk terlelap. Ketika mereka melakukan ini, dijamin kamu akan tergoda untuk memotretnya. 

Lalu apa yang ingin dikatakan kucing dengan memilih posisi tidur ini? Dilansir iHeartCats, kucing melakukan ini karena kardus atau boks dapat membuatnya merasa lebih aman. Posisi tidur tersebut juga bertujuan agar mereka tidak terganggu oleh suara berisik di rumah. 

2. Tidur meringkuk

Arti 7 Posisi Tidur Kucing, Mereka Mau Kasih 'Kode' ke Kamucatological.com

Meringkuk adalah salah satu posisi favorit kucing untuk tidur ataupun bersantai. Tubuhnya telungkup, kepala didekatkan ke dada, dan ekornya menekuk hingga melingkari badan. 

Sering kali, kucing meringkuk di saat hujan atau cuaca sedang dingin. Posisi tersebut memungkinkan mereka untuk menghangatkan tubuh dan melindungi organ dalamnya yang rapuh. 

Saat mereka dalam posisi ini, sebaiknya kamu tidak mengganggunya, ya. Sebab meringkuk adalah cara kucing untuk memberi "kode" agar mereka dibiarkan sendiri dan tak diganggu. 

3. Posisi seperti roti

Arti 7 Posisi Tidur Kucing, Mereka Mau Kasih 'Kode' ke Kamuiheartcats.com

Kamu mungkin bertanya-tanya, apa yang dimaksud dengan posisi tidur seperti roti? Ini adalah saat di mana kucing tidak tidur sepenuhnya. Mereka akan menekuk kaki depannya ke bawah tubuhnya namun tetap tegak dengan mata terpejam. 

Apa arti dari posisi tersebut? Ini adalah cara kucing untuk rileks dan menyimpan energi. Walaupun begitu, indranya tetap siaga. Jadi ketika ada ancaman mendekat atau suaramu membuka kaleng tuna, mereka akan langsung bertindak. 

4. Tidur telentang

Arti 7 Posisi Tidur Kucing, Mereka Mau Kasih 'Kode' ke Kamucatological.com

Tak jarang, kucing juga berada dalam posisi tidur yang aneh, yaitu telentang. Perut, dada, hingga wajahnya benar-benar menghadap ke atas seakan mereka tidak memiliki beban apa pun di dunia. 

Namun ternyata telentang bukanlah posisi favorit karena perut kucing adalah area yang sangat sensitif. Anggap dirimu beruntung ketika mereka tak ragu untuk tidur telentang di rumah. Ini artinya, bagi kucing, kamu bukanlah ancaman dan mereka nyaman dengan keberadaanmu. 

Baca Juga: 9 Fakta Ilmiah 'Kocheng Oren', Si Kucing Oranye yang Terkenal Nakal

5. Tidur dengan mata masih menghadap ke arahmu

Arti 7 Posisi Tidur Kucing, Mereka Mau Kasih 'Kode' ke Kamupixabay.com/vperemencom

Pernahkah kamu melihat kucingmu perlahan tertidur namun dengan mata yang masih menghadap ke arahmu? Walaupun tampak mengantuk, mereka tidak tidur, lho. Apalagi jika mereka tidak benar-benar menutup matanya. 

Dilansir Cole and Marmalade, ini adalah cara mereka untuk menghabiskan waktu namun tetap terjaga dan mengamati sekitarnya. Jika sudah berada di posisi ini, kucing bisa menghabiskan waktu hingga berjam-jam lamanya. 

6. Tidur di atas tubuhmu

Arti 7 Posisi Tidur Kucing, Mereka Mau Kasih 'Kode' ke Kamuamazonaws.com

Hampir semua pemilik kucing pasti merasa senang ketika hewan tersebut tertidur di atas tubuhnya. Entah di atas dada, paha, perut, atau bahkan kepala, intinya di bagian tubuh yang jarang digerakkan.

Benar, dengan tidur di atas tubuh manusia, kucing ingin memberikan "kode" bahwa mereka ingin bermanja-manja. Ini juga berarti bahwa mereka benar-benar percaya padamu sebagai orang yang memeliharanya. Jadi, jangan sia-siakan waktu ini, ya. Sebab kucing bukanlah hewan yang sering menunjukkan rasa sayangnya terhadap sang majikan. 

7. Tidur dengan tubuh meregang

Arti 7 Posisi Tidur Kucing, Mereka Mau Kasih 'Kode' ke Kamupinimg.com

Apakah kucingmu sering tidur dengan meregangkan tubuh dengan kaki mengarah ke depan? Atau terkadang mereka terlihat tidur dalam posisi miring dengan kepala menumpu pada kakinya? Posisi ini normal dan menunjukkan bahwa kucingmu dalam kondisi baik. 

Tidur dengan tubuh meregang berarti bahwa kucing benar-benar rileks dan terkadang menunjukkan bahwa mereka sedang tidur nyenyak. Dalam kondisi tersebut, mereka akan sulit untuk dibangunkan. Jadi, biarkan saja mereka terlelap, ya!

Itulah sejumlah posisi tidur paling umum yang dilakukan kucing beserta artinya. Kalau kucingmu, lebih sering tidur di posisi seperti apa? 

Baca Juga: 7 Benda di Rumahmu Ini Beracun untuk Kucing, Singkirkan!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya