Comscore Tracker

Apa Itu LGBTQ? Berikut Penjelasan dan Macam-Macamnya

Istilah yang mencakup berbagai orientasi seks dan gender

Pembahasan LGBTQ semakin sering terdengar di kalangan masyarakat Indonesia. Meski masih dianggap sebagai isu sensitif, gak sedikit yang mengambil langkah berani untuk lebih terbuka. Di sisi lain, beberapa menganggap hal ini adalah privasi masing-masing. 

Di tengah hingar-bingar istilah dan akronim tersebut, gak sedikit pula yang masih bertanya-tanya, apa itu LGBTQ? Yuk, ketahui penjelasan seputar orientasi seksual dan identitas gender tersebut di artikel ini!

Mengenal orientasi seksual dan identitas gender

Apa Itu LGBTQ? Berikut Penjelasan dan Macam-Macamnyailustrasi lgbtq+ (pexels.com/Anna Shvets)

Dilansir Planned Parenthood, orientasi seksual merupakan preferensi dengan siapa kamu tertarik dan ingin menjalin hubungan. Hal ini meliputi ketertarikan secara romantik, emosional, maupun seksual. Orientasi seksual di antaranya ada gay, lesbian, straight, biseksual, aseksual, dan lainnya.

Adapun identitas gender bukan membahas keterkaitan, melainkan bagaimana individu menganggap dirinya sendiri. Misalnya, perempuan, laki-laki, genderqueer, transgender, dan sebagainya. Identitas gender gak selalu sama dengan jenis kelamin biologis saat lahir. 

Orientasi seksual dan identitas gender mungkin berubah atau bertahan seumur hidup. Beberapa individu mungkin merasa gak cocok dengan 'pelabelannya', sehingga terus mencari identitasnya. Bahkan jika gak ingin mendapat label apapun pun bukan masalah, kok. 

Apa itu LGBTQ?

Apa Itu LGBTQ? Berikut Penjelasan dan Macam-Macamnyailustrasi rainbow (pexels.com/sharon mccutcheon)

LGBTQ merupakan singkatan dari lesbian, gay, biseksual, transgender, dan queer. Ada kalanya istilah ini dituliskan lebih panjang yakni LGBTQIA+ yang meliputi interseks dan aseksual. Tanda 'plus' di belakang istilah mewakili identitas seksual lainnya, seperti panseksual

Dilansir Very Well Mind, empat huruf pertama (LGBT) merupakan singkatan yang telah digunakan sejak 1990-an. Istilah ini terus bertambah seiring keterbukaan untuk memberikan representasi dengan lebih baik. Meski demikian, secara keseluruhan istilah LGBTQ+ digunakan untuk mewakili beragam orientasi seksual dan ekspresi gender.

Adapun kepanjangan dari masing-masing huruf mewakili identitas tertentu, seperti:

L - Lesbian, yakni istilah yang merujuk ketertarikan seksual dan romantis antara sesama perempuan. Istilah ini diambil dari pulau di Yunani yang bernama 'Lesbos' yang merupakan rumah bagi Sappho (abad ke-6 SM). Sappho adalah seorang penyair perempuan yang menyatakan cintanya pada anak perempuan. 

G - Gay. Dilansir The Gospel Coalition, kata gay awalnya diartikan sebagai perasaan 'tanpa beban', 'bahagia', atau 'cerah dan mencolok'. Baru mulai tahun 1960-an, istilah ini digunakan untuk menggambarkan seorang laki-laki yang tertarik pada laki-laki. Beberapa menggangap ini sebagai alternatif 'homoseksual' yang dianggap terlalu kritis. Dalam praktiknya, gay juga sering digunakan untuk semua kelompok LGBTQ.

B - Biseksual merupakan istilah untuk mewakili seseorang yang tertarik pada dua jenis kelamin atau dua gender berbeda. Manifesto Biseksual pada 1990 juga merujuk pada biseksual untuk individu yang tertarik kepada transgender, biner, dan non-biner. Meski demikian, ada istilah panseksual yang mendeskripsikan individu yang menyukai berbagai jenis identitas seksual.

T - Transgender, merujuk individu yang identitas gendernya berbeda dari harapan sosial untuk jenis kelamin fisik yang mereka miliki sejak lahir. Dalam komunitas LGBTQ, identitas gender mengacu pada tingkat maskulinitas dan feminitas dan berbeda dari sisi jenis kelamin biologis (alat kelamin, kromosom, dll).

Q - Queer merupakan istilah untuk individu yang bukan heteroseksual, heteronormatif, atau gender-biner. Penggunaan queer pun bervariasi dan dapat mencakup panseksual, pomoseksual, interseksual, genderqueer, orang aseksual dan autoseksual, bahkan praktisi BDSM, hingga poliamori.

Huruf dalam istilah LGBTQ pun terus bertambah dan makin bervariasi dari waktu ke waktu. Misalnya, tambahan 'U' untuk 'unsure', 'SA' untuk 'straight allies', 'H' untuk 'HIV affected' dan banyak lainnya. Kamu mungkin menemui  LGBTQQIP2SAA,  LGBTIQ, sebagai variasi LGBTQ.

Baca Juga: Sudah Benarkah Pemahamanmu Soal Seks? Coba Cek 20 Istilah Ini Dulu

Mengapa istilah LGBTQ penting?

Apa Itu LGBTQ? Berikut Penjelasan dan Macam-Macamnyailustrasi bendera LGBTQ+ (unsplash.com/Stavrialena Gontzou)

Jangankan LGBTQ secara keseluruhan, tanda 'plus' di akhirnya saja sangat penting. Ini karena hadirnya istilah tersebut bertujuan untuk mewakili keragaman identitas seksual dan gender. Penambahan 'plus' di belakang pun menunjukkan bahwa istilah ini bisa digunakan untuk semua individu. 

Meski demikian, ada nilai-nilai yang ingin disampaikan dari penggunaan istilah LGBTQ+, seperti halnya:

  1. Inklusivitas. Penggunaan akronim sebagai cara mengenali identitas gender dan orientasi seksual yang berbeda. Istilah ini sama halnya dengan heteroseksual dan memungkinkan mendapatkan pengakuan yang lebih besar oleh masyarakat
  2. Visibilitas. Adanya istilah LGBTQ diharapkan membentuk rasa bangga akan identitas individu, sehingga meningkatkan kesejahteraan mental dan mengurangi diskriminasi.

Salah satu dampak positif adanya terminologi yakni adanya kesempatan terlibat dalam advokasi politik. Solidaritas sosial dalam dan antar kelompok digunakan untuk meningkatkan visibilitas, memerangi diskriminasi, termasuk menekan undang-undang anti-diskriminasi dan kesetaraan. 

Untuk mendukung penyuaraan LGBTQ+, terdapat aktivitas khusus yang dinamakan 'Pride Month'. Aktivitas yang digunakan sebagai momen peristiwa relawan LGBTQ di The Stonewall Inn, Greenwich Village, New York, ini bertujuan untuk menghilangkan stereotip negatif terhadap kaum LGBTQ+. 

Istilah lain yang merujuk pada LGBTQ+

Apa Itu LGBTQ? Berikut Penjelasan dan Macam-Macamnyailustrasi lgbtq+ (unsplash.com/james a. molnar)

LGBTQ+ identik dengan istilah-istilah yang melingkupi berbagai jenis identitas seksual. Dilansir Medical News Today, berikut di antaranya:

  • Androseksual atau androfilik: menggambarkan seseorang yang tertarik secara seksual, estetis, dan/atau romantis pada maskulinitas
  • Autoseksual: istilah yang merujuk ketertarikan individu secara seksual pada dirinya sendiri.
  • Aromantik: seseorang yang tidak mengalami ketertarikan romantis
  • Aseksual: seseorang yang tidak mengalami ketertarikan seksual dan sering disingkat sebagai 'ace'
  • Interseks: Sebuah kata sifat yang merepresentasikan individu yang memiliki satu atau lebih karakteristik seks bawaan, termasuk alat kelamin, organ reproduksi internal, dan kromosom, yang berada di luar konsepsi tradisional tubuh laki-laki atau perempuan
  • QQ: Ungkapan yang mengacu pada proses keterbukaan tentang seksualitas dan gender seseorang. Proses ini bisa meliputi mengungkapkan identitas gender tertentu, ekspresi gender, atau orientasi seksual atau romantis
  • Closeted atau in the closed: Menggambarkan orang -orang di komunitas LGBTQIA+ yang tidak secara terbuka atau terbuka membagikan identitas seksual, ketertarikan seksual, perilaku seksual, ekspresi gender, atau identitas gender mereka
  • Panseksual: Istilah bagi seseorang yang dapat mengalami ketertarikan seksual, romantis, atau emosional kepada siapa pun dalam orientasi seksual maupun identitas gender
  • Pomoseksual: Istilah merujuk pada individu yang menolak label seksualitas atau gak mengidentifikasi dengan salah satu dari mereka
  • Poliamori: ketertarikan seluruh individu dalam sebuah hubungan yang melibatkan lebih dari dua orang. Jika open relationship berarti individu mempunyai kekasih lain dengan kesepakatan pasangan resmi. Jadi, poliamori saling menyukai dan mencurahkan perhatian yang sama di dalam hubungan. 

Jadi, apa itu LGBTQ? Ini merupakan istilah yang merujuk pada sekelompok orang, bukan satu individu saja. Istilah LGBTQ+ hadir untuk membuat khalayak mengenal dan gak membedakan atau bahkan mendiskriminasi gender maupun orientasi seksual seseorang. 

Baca Juga: Mengenal Sejarah PRIDE Month, Bulan Spesial Bagi Kelompok LGBTQ

Topic:

  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya