Cincinnya Lebih Besar dari Saturnus, Inilah 6 Fakta Planet J 1407b

Masih beranggapan Saturnus yang paling eye catching?
Semua orang tahu, bahwa planet Saturnus adalah planet yang memiliki cincin yang sangat indah. Sangking indahnya, banyak orang yang memfavoritkan planet Saturnus. Namun, apakah semua orang tahu jika ada planet yang memiliki cincin berjuta kali lebih besar dari cincin Saturnus?

Planet tersebut adalah planet luar tata surya yang bernama J 1407b. Cincinnya sangat masif dan menawan. Planet ini ditemukan pada tahun 2012 oleh Eric Mamajek dan Kenworthy pada rasi Centaurus dengan menggunakan metode transit lewat teleskop SuperWASP.

Berikut enam fakta menarik planet J 1407, si super saturnus yang punya cincin.

1. Ukuran cincinnya 200 kali lebih besar dari cincin Saturnus

Cincinnya Lebih Besar dari Saturnus, Inilah 6 Fakta Planet J 1407bwikimedia.org

Ukuran cincin J 1407b diperkirakan dua ratus kali lebih besar dari cincin Saturnus. Melalui kurva cahaya, ilmuwan juga memperkirakan diameter cincin J 1407b mencapai 120 juta kilometer. Ini setara dengan dua ribu kali diameter cincin Saturnus. Bisa kita bayangkan betapa raksasanya cincin J 1407b ini.

2. Sistem cincinnya berasal dari debu kosmik

Cincinnya Lebih Besar dari Saturnus, Inilah 6 Fakta Planet J 1407bmicronations.wiki/J1407b

Debu kosmik yang dimaksud, yaitu sisa-sisa materi dari pembentukan planet. Pada awal ditemukan, planet ini diduga sebagai planet mirip Jupiter yang dikelilingi oleh miliaran materi yang tersisa dari pembentukan planet.

Setelah dianalisa lebih jauh, ternyata sisa-sisa materi tersebut membentuk sebuah sistem cincin yang luar biasa besar.

3. Ada tiga puluh lebih cincin yang mengitarinya

Cincinnya Lebih Besar dari Saturnus, Inilah 6 Fakta Planet J 1407bwikimedia.org

Pada dugaan awal, hanya ada empat cincin dengan diameter yang mencapai puluhan juta kilometer. Namun, setelah dilakukan pemodelan dan penelitian lebih lanjut oleh Kenworthy, ternyata ada tiga puluh lebih cincin yang mengitari J 1407b ini. Diameter masing-masing cincin diperkirakan mencapai puluhan juta kilometer. Wah, besar sekali!