Comscore Tracker

9 Karakter Winnie The Pooh Ini Ternyata Punya Gejala Gangguan Mental!

Film Christopher Robin akan tayang, mana karakter favoritmu?

Karakter fabel dalam buku atau film kartun sering kali punya karakter yang unik dan menarik. Salah satunya karakter-karakter fiktif karya A.A. Milne, Winnie the Pooh. Saking uniknya, karakter-karakter Winnie The Pooh terus dikenang.

Terbukti sudah banyak adaptasi buku Winnie The Pooh, mulai dari serial kartun, film animasi, hingga yang terbaru ada film live action bertajuk Christopher Robin. Meski begitu, kalau diamati secara psikologis, ternyata mereka punya gejala gangguan mental loh. Kira-kira apa saja ya? Berikut penjelasannya!

1. Winnie the Pooh (eating disorder)

9 Karakter Winnie The Pooh Ini Ternyata Punya Gejala Gangguan Mental!hdqwalls.com

Winnie the Pooh atau lebih akrab disapa Pooh adalah sosok beruang madu yang doyan makan. Mungkin kamu ingat hampir di setiap episodenya, Pooh digambarkan doyan banget makan. Dia bakal terlihat mondar-mandir mencari madu. Gak jarang dia merepotkan teman-temannya sekadar untuk memuaskan hasrat laparnya. Sebenarnya dia kenapa sih? Kalau dilihat dari sisi psikologis, ada dugaan dia mengidap eating disorder atau gangguan makan. Penderitanya akan merasa terus-menerus lapar dan ingin makan.

2. Piglet (anxiety disorder)

9 Karakter Winnie The Pooh Ini Ternyata Punya Gejala Gangguan Mental!hdqwalls.com

Berikutnya adalah Piglet, babi kecil yang punya sifat penakut berlebihan. Dia adalah sahabat Pooh yang seringkali cemas saat menghadapi sesuatu. Dugaan kuat dia mengalami anxiety disorder atau gangguan kecemasan. Sering banget kan kamu lihat dia bersembunyi di balik pohon atau di belakang badan teman-temannya.

3. Eeyore (depressive disorder)

9 Karakter Winnie The Pooh Ini Ternyata Punya Gejala Gangguan Mental!hdqwalls.com

Eeyore adalah sosok keledai yang punya ekor pita yang seringkali terlepas. Meski begitu, ia gak yakin akan menemukannya dan lebih suka untuk berdiam diri. Hampir setiap saat dia merasa gak bersemangat untuk menjalani hidup dan cenderung pemurung. Dari hal tersebut ada dugaan dia mengalami gejala depresi atau depressive disorder. Untungnya, Pooh dan kawan-kawan sering menyemangatinya dan membantunya jika mengalami masalah.

4. Owl (dyslexia dan short-term memory loss)

9 Karakter Winnie The Pooh Ini Ternyata Punya Gejala Gangguan Mental!imdb.com

Meski punya karakter yang cerdas, Owl sering digambarkan sebagai sosok yang pelupa dan sering salah mengeja. Dugaannya dia memiliki gangguan memori jangka pendek atau short term memory loss. Buktinya dia seringkali lupa apa yang baru saja dia katakan.

Selain itu, dia juga mengalami disleksia atau gangguan yang membuat otak kesulitan dalam mengolah bahasa. Hal ini mengakibatkan penderitanya kesulitan membaca dan mengeja. Salah satu buktinya saat dia mengeja kata school yang ditulis jadi skull.

Baca Juga: Rasa Takut dan Fobia Itu Tidak Bisa Disamakan, Ini Pembedanya

5. Tigger (attention deficit hyperactivity disorder)

9 Karakter Winnie The Pooh Ini Ternyata Punya Gejala Gangguan Mental!hdqwalls.com

Macan lincah yang punya ekor seperti pegas ini juga gak lepas dari dugaan gangguan mental. Hal tersebut terlihat dari perilakunya yang suka meloncat ke sana kemari tanpa henti. Dugaan kuat dia mengalami attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) yang berarti dorongan kuat untuk bertindak di luar kendali, baik perilaku maupun berbicara. Kalau kamu lihat sering kan dia merusak kebun Rabbit, meski sebenarnya dia gak bermaksud.

6. Rabbit (obsessive compulsive disorder)

9 Karakter Winnie The Pooh Ini Ternyata Punya Gejala Gangguan Mental!imdb.com/Disney Enterprises

Mungkin kamu sering mendengar gangguan obsessive compulsive disorder (OCD). OCD adalah gangguan kecemasan yang mengakibatkan penderitanya sering melakukan sesuatu berulang-ulang. Ada dugaan Rabbit mengalaminya. Hal itu bisa dilihat dari cara Rabbit yang seringkali merasa cemas sehingga berulang-ulang merapikan hasil panennya. Meski buang-buang waktu, dia sering banget melakukannya. Kalau gak dilakukan, dia pasti kepikiran. Namun, ada saja kelakuan Pooh yang membuatnya makin cemas, salah satunya mengacak-acak stok madu yang sudah dirapikan dan dikumpulkan olehnya.

7. Kanga (social anxiety disorder)

9 Karakter Winnie The Pooh Ini Ternyata Punya Gejala Gangguan Mental!hdqwalls.com

Kanga adalah sosok kanguru yang diduga punya social anxiety disorder. Hal tersebut dilihat dari caranya yang terlewat protektif dalam menjaga anaknya, Roo. Dia selalu cemas untuk membiarkan Roo keluar kantungnya dan berkeliaran. Dia beranggapan bahwa dunia di luar kantungnya berbahaya bagi Roo. 

8. Roo (autism)

9 Karakter Winnie The Pooh Ini Ternyata Punya Gejala Gangguan Mental!hdqwalls_com

Mungkin ada benarnya Kanga sangat protektif terhadap Roo mengingat Roo seringkali gak merespons dan mengabaikan peringatan yang diberikan orang-orang di sekitarnya. Ada dugaan kalau Roo mengidap autisme. Terbukti Roo kadang suka mendekati bahaya seakan gak terjadi apa-apa. Dia pun sering berdiam diri di dalam kantung Kanga dan jarang berinteraksi dengan siapa pun.

9. Christopher Robin (schizophrenia)

9 Karakter Winnie The Pooh Ini Ternyata Punya Gejala Gangguan Mental!hdqwalls.com

Satu-satunya karakter manusia dalam kisah Winnie the Pooh adalah Christipher Robin. Dia terlihat sering bermain dengan Pooh dan kawan-kawan. Kalau melihat konteks bahwa Pooh dan kawan-kawan adalah boneka binatang, bisa jadi mereka adalah imajinasi dari Christopher Robin sendiri. Ada dugaan, Christopher Robin mengalami skizofrenia yang membuat penderitanya gak bisa membedakan mana yang nyata dan mana yang imajinatif.

Meski ada dugaan kuat karakter-karakter Winnie the Pooh mengalami gangguan mental, A.A. Milne selaku kreator gak pernah mengonfirmasinya. Namun, sebagai pembaca atau penonton Winnie the Pooh jangan buru-buru menganggap karya ini buruk ya. Terbukti, banyak banget yang bisa dipetik dari petualangan Pooh dan kawan-kawan, seperti arti dari persahabatan dan tolong-menolong. Karena itu, bijak-bijaklah dalam memilah-milah mana yang bisa diteladani.

Dengan melihat banyaknya karakter Winnie the Pooh yang mengalami gangguan mental, bisa jadi kamu bisa melihat teman-temanmu yang mengalami gejala yang serupa dan bisa membantunya. Lihat tokoh-tokoh ini dari segi positif dan pembelajarannya ya!

Baca Juga: Seperti Apa Rasanya Menjadi Orang yang Menderita Skizofrenia?

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono
  • Bunga Semesta Int
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya