Comscore Tracker

5 Dampak Pemanasan Global, Manusia pun Merasakan Efeknya

Ngeri banget!

Bumi adalah planet tempat tinggal bagi para makhluk hidup, termasuk manusia. Namun, saat ini kondisi bumi sudah sangat memprihatinkan. Hal ini disebabkan adanya pemanasan global. Penyebab terjadinya pemanasan global tidak lain akibat dari perbuatan manusia itu sendiri.

Pemanasan global merupakan ancaman terbesar bagi makhluk hidup di bumi. Bisa dikatakan kalau pemanasan global merupakan salah satu bencana alam. Lalu, dampak apa saja yang diakibatkan oleh terjadinya bencana alam? Dilansir dari National Geographic, berikut adalah dampak pemanasan global.

1. Terjadinya perubahan iklim

5 Dampak Pemanasan Global, Manusia pun Merasakan Efeknyaabc.net.au

Dampak terbesar akibat pemanasan global yaitu terjadinya perubahan iklim. Suhu di bumi akan menjadi lebih panas. Akibatnya, kekeringan akan terjadi dimana-mana. Kemudian, meningkatnya suhu di bumi akan menyebabkan pergantian musim menjadi tidak stabil. Kadang satu musim bisa lebih lama atau lebih cepat.

2. Kutub bumi mencair

5 Dampak Pemanasan Global, Manusia pun Merasakan Efeknyatravelandleisure.com

Suhu bumi yang panas akibat pemanasan global dapat menyebabkan kutub di bumi mencair. Hal ini dapat menyebabkan permukaan air laut mengalami kenaikan. Akibatnya, banjir bisa terjadi di beberapa daerah. Bahkan, pulau-pulau kecil akan tenggelam karena naiknya permukaan air laut

Baca Juga: 5 Penyebab Dinosaurus Bisa Punah dari Muka Bumi

3. Produksi pertanian menurun

5 Dampak Pemanasan Global, Manusia pun Merasakan Efeknyabusinesswest.com

Suhu panas yang tinggi dapat menyebabkan kekeringan di beberapa daerah. Hal ini dapat menyebabkan tanaman pertanian menjadi mati karena kekeringan. Akibatnya, produksi pertanian mengalami penurunan karena pemanasan global. Hal ini akan berdampak pada kurangnya bahan makanan di beberapa daerah akibat produksi pertanian yang menurun.

4. Kepunahan hewan

5 Dampak Pemanasan Global, Manusia pun Merasakan Efeknyapolarbearsinternational.org

Terjadinya pemanasan global dapat meningkatkan risiko kepunahan hewan. Hal ini disebabkan karena beberapa hewan akan bermigrasi akibat perubahan habitat.

Bagi hewan yang tidak bisa beradaptasi akan perubahan habitat, hewan tersebut bisa mengalami kepunahan. Salah satunya populasi beruang kutub yang semakin berkurang akibat kutub utara mencair. Semoga tak benar-benar punah, ya.

5. Menimbulkan penyakit pada manusia

5 Dampak Pemanasan Global, Manusia pun Merasakan Efeknyaatl.org.uk

Efek pemanasan global tidak hanya menyebabkan suhu di bumi mengalami peningkatan. Pemanasan global juga dapat menyebabkan terjadinya beberapa penyakit, misalnya stres, stroke, hingga busung lapar. Selain itu, penyakit demam berdarah juga bisa meningkatkan akibat populasi nyamuk meningkat karena pemanasan global.

Itulah dampak yang terjadi akibat pemanasan global. Memang, pemanasan global dapat menimbulkan dampak yang berpengaruh bagi makhluk hidup. Jika pemanasan global tidak segera diatasi, akan menimbulkan bencana yang besar. Oleh karena itu, kita sebagai manusia harus menjaga kelestarian lingkungan.

Baca Juga: Terancam Punah! Ini 5 Fakta Menyedihkan Harimau Putih

Xehi Dekirty Photo Verified Writer Xehi Dekirty

A person who wants to live in peace

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya