Comscore Tracker

Selamat Hari Peduli Sampah Sedunia! Ini Cara Kelola Sampah dengan 5R

3R saja belum Cukup!

Tanggal 21 Februari diperingati dengan Hari Peduli Sampah, atau Hari Tanpa Plastik Sedunia. Di Indonesia sendiri masalah persampahan masih menjadi isu yang masih sulit untuk diatasi. Sebenarnya, pengelolaan sampah ini bisa dimulai dengan merubah gaya hidup pada tingkat individu.

Adalah 5R (Refuse, Reduce, Reuse, Recycle, Rot) , konsep pengelolaan sampah yang belum lama ini diperkenalkan seorang aktivis lingkungan, Bea Johnson. Ya, kamu sendiri bisa ikut andil dengan menerapkan prinsip sederhana tersebut. Yuk simak, bagaimana sih cara menerapkan 5R itu?

1. Refuse, berani menolak benda yang tidak kamu perlukan

Selamat Hari Peduli Sampah Sedunia! Ini Cara Kelola Sampah dengan 5Rfreepik.com/katemangostar

Coba pikirkan benda apa yang biasanya kamu terima tetapi kamu tahu, itu tidak akan kamu gunakan dan akan segera berakhir di tempat sampah. Misalnya, kantong plastik sekali pakai, brosur, dan pamflet promosi yang tidak kamu minati. Untuk benda-benda semacam ini kamu harus berani untuk menolaknya. Tapi jangan lupa pakai cara yang sopan ya. 

2. Reduce, kurangi penggunaan barang yang tidak berguna dan yang berlebihan

Selamat Hari Peduli Sampah Sedunia! Ini Cara Kelola Sampah dengan 5Rfreepik.com/freepik

Belanja barang sesuai kebutuhan, itu kuncinya. Kalap saat berbelanja sesuatu, selain membuat kantong jebol juga dapat menambah timbulan sampah yang kamu hasilkan.  Sebaiknya rencanakan belanja bulanan sesuai dengan porsi yang kamu butuhkan. 

Baca Juga: 5 Tanda Alam yang Jadi Pengingat Kenapa Kita Harus Peduli Lingkungan

3. Reuse, ganti benda sekali pakai dengan yang bisa digunakan ulang

Selamat Hari Peduli Sampah Sedunia! Ini Cara Kelola Sampah dengan 5Rpixabay

Coba cek di dalam lemari, kamar, dan rumahmu. Lalu pikirkan benda apa saja yang sering kamu pakai dan hanya sekali kamu pakai? Minuman kemasan? Kantong plastik? Atau shampoo sachet? Temukan barang-barang sekali pakai yang dalam waktu sekejap menjadi sampah, lalu ganti dengan barang yang bisa kamu pakai dan tahan untuk waktu yang lama. Atau Kamu bisa juga mengganti benda sekali pakai tersebut dengan benda lain yang bisa terurai dengan cepat. 

4. Recycle, daur ulang yang tidak bisa kamu tolak atau kurangi

Selamat Hari Peduli Sampah Sedunia! Ini Cara Kelola Sampah dengan 5Rfreepik.com/freepik

Apabila barang atau produk yang kamu gunakan akhirnya terpaksa menghasilkan sampah, seperti plastik atau botol, yang kamu lakukan adalah mendaur ulangnya. Apabila kreatif kamu bisa membuat kerajinan baru dari sampah tersebut. Atau jika kamu tidak ada waktu kamu bisa menyetorkan sampah ke lembaga pengelola sampah atau NGO yang bisa membantu mengelola sampah tersebut.  

5. Rot, olah sisanya menjadi pupuk kompos untuk menyuburkan tanaman

Selamat Hari Peduli Sampah Sedunia! Ini Cara Kelola Sampah dengan 5Rpixabay.com/Antranias

Jika sudah berhasil menerapkan 4R di atas, maka yang akan tersisa adalah sampah-sampah organik yang bisa dengang mudah terurai oleh tanah. Untuk sampah yang satu ini, kamu cukup menyiapkan tempat untuk mengolahnya menjadi kompos. Ada beberapa cara untuk mengolah sampah organik menjadi kompos. Kamu bisa cari tahu sendiri dan sesuaikan dengan kemampuanmu. Tidak lagi perlu membeli, kompos yang sudah jadi nantinya bisa kamu gunakan untuk menyuburkan tanaman dan bunga di pekarangan rumah. 

Perubahan besar dimulai dari hal-hal kecil. Yuk mulai terapkan 5R di keseharianmu. Jangan lupa ajak teman-temanmu juga, agar kegiatan peduli sampah ini bisa berdampak. Selamat Hari Peduli Sampah! 

Baca Juga: Dianggap Sampah, 10 Rongsokan Ini Justru Disulap Jadi Taman Bunga

Hanifah Nd Photo Community Writer Hanifah Nd

In the journey of finding Y

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You