Comscore Tracker

10 Tanda Tubuh Makin Tua, Muncul dan Dirasakan Alami

Salah satunya pasti sudah pernah terjadi

Seiring bertambahnya usia, baik kemampuan fisik ataupun otak pasti akan menurun. Akibatnya, tubuh akan mengalami perubahan demi menyesuaikan dengan keadaan.

Lalu, apa saja perubahan tersebut? Simak info selengkapnya berikut ini!

1. Munculnya keriput

10 Tanda Tubuh Makin Tua, Muncul dan Dirasakan Alamioglf.org

Keriput yang muncul pada kulit biasanya disebabkan oleh berkurangnya produksi kolagen pada tubuh. Selain itu, usia yang bertambah juga menyebabkan kelenjar keringat di kulit berkurang. Sehingga orang dengan usia lanjut biasanya mengalami kulit kuring.

2. Muncul bercak hitam dan putih

10 Tanda Tubuh Makin Tua, Muncul dan Dirasakan Alamimirchmasalatv.com

Tidak hanya kulit yang menjadi keriput, saat memasuki usia lanjut ternyata bercak hitam dan putih juga akan muncul pada kulit. Hal ini disebabkan karena berkurangnya sel melanosit yang berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan.

3. Osteoporosis

10 Tanda Tubuh Makin Tua, Muncul dan Dirasakan Alamiindianexpress.com

Osteoporosis adalah penipisan atau hilangnya massa tulang yang berkelanjutan. Sederhananya, osteoporosis adalah pengeroposan tulang yang menyebabkan tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Kondisi ini disebabkan karena kalsium pada tulang semakin berkurang.

4. Sistem imun menurun

10 Tanda Tubuh Makin Tua, Muncul dan Dirasakan Alamisciencemag.org

Aktivitas sel T pada sistem kekebalan tubuh yang menurun menyebabkan lansia sangat mudah mengalami infeksi. Selain itu, menurunnya imunitas juga mengakibatkan sulitnya tubuh lansia untuk mempertahankan dan memulihkan diri dari penyakit.

5. Masalah pencernaan

10 Tanda Tubuh Makin Tua, Muncul dan Dirasakan Alamidrbrighten.com

Saat memasuki usia lanjut, kerja lambung dalam memproduksi asam lambung akan menurun. Akibatnya, tubuh lansia akan sangat rentan terhadap infeksi dari makanan.

Baca Juga: Pertemanan Bisa Lebih Penting daripada Keluarga Seiring Kita Menua

6. Masalah pernapasan

10 Tanda Tubuh Makin Tua, Muncul dan Dirasakan Alamiverywellhealth.com

Seiring bertambahnya usia, elastisitas paru-paru dan aktivitas sel pembersih paru-paru akan berkurang. Hal ini dapat mengakibatkan kapasistas paru-paru dalam menghirup oksigen akan berkurang. 

7. Sistem saraf bermasalah

10 Tanda Tubuh Makin Tua, Muncul dan Dirasakan Alamiwebmd.com

Saat menginjak usia lanjut, sistem saraf dan otak nyatanya akan mengalami perubahan. Mulai dari kemampuan intelektual hingga psikomotorik tubuh akan berkurang. Salah satunya adalah perubahan pola tidur. Lansia biasanya membutuhkan waktu tidur yang lebih sedikit tapi cukup sering.

8. Perubahan hormon

10 Tanda Tubuh Makin Tua, Muncul dan Dirasakan Alamielectrolysisgreenville.com

Proses penuaan akan memengaruhi risiko peningkatan resistensi hormon, seperti insulin, estrogen, ataupun testoteron. Hormon-hormon tersebut bisa saja meningkat dan berkurang karena dipengaruhi faktor usia.

9. Panca indra bermasalah

10 Tanda Tubuh Makin Tua, Muncul dan Dirasakan Alamiclearlyhear.com

Seiring proses penuaan terjadi, indra seperti mata, telinga, hidung, dan lainnya akan mengalami penurunan fungsi. Biasanya, salah satu penyakit yang muncul akibat permasalahan panca indra ini adalah katarak.

10. Kinerja jantung menurun

10 Tanda Tubuh Makin Tua, Muncul dan Dirasakan Alamiexpress.co.uk

Ternyata, penuaan pada tubuh juga berpengaruh pada struktur jantung dan pembuluh darah. Pembuluh darah arteri pada jantung akan menebal dan menjadi keras sehingga katup jantung akan menjadi kaku. Akibatnya, daya tahan dan kinerja jantung akan berkurang.

Beberapa hal tersebut pasti akan terjadi pada tubuh mu. Baik nanti atau telah terjadi saat ini, sebaiknya persiapkan dirimu dengan berolahraga dan hidup sehat. Sehingga tubuh akan terhindar dari risiko munculnya penyakit berbahaya saat menginjak usia lanjut.

Baca Juga: Menurut Ahli, Wanita dengan Anak Kecil Bisa Menua 11 Tahun Lebih Cepat

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya