Comscore Tracker

7 Cara Mudah Melatih Anjing yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Anjing yang cerdas adalah cerminan dari pemiliknya

Memiliki seekor anjing adalah cita-cita sebagian orang sejak lama. Setelah memilikinya, tak sedikit pemilik yang bingung bagaimana cara melatih hewan berkaki empat ini. Kadang, kita kesal karena anjing semakin bandel dan tidak kunjung patuh.

That's why, pemilik perlu melatih anjingnya dengan benar. Mulai dari mengajarinya trik hingga cara buang air agar tidak sembarangan. Simak caranya di sini!

1. Beri perintah "sit" atau "duduk"

7 Cara Mudah Melatih Anjing yang Bisa Kamu Lakukan di Rumahpetfirst.com

Menurut laman Cesar's Way, ini adalah perintah kepatuhan basic yang mudah untuk diajarkan. Mulailah dengan mendekatkan camilan (treats) ke hidung anjing, lalu gerakkan tangan ke atas. Kepala anjing akan otomatis mengikuti gerakan tangan kita dan membuat pantatnya turun ke lantai.

Jika anjing sudah berada dalam posisi duduk, katakan "sit" dan berikan camilan serta elusan kasih sayang. Ulangi perintah ini setiap hari sampai anjing memahaminya.

2. Beri perintah "come" atau "kemari"

7 Cara Mudah Melatih Anjing yang Bisa Kamu Lakukan di Rumahthelabradorsite.com

Ingin anjing mendatangimu ketika kamu memanggilnya? Pertama, tunjukkan camilan yang sangat disukai, lalu berjalanlah beberapa langkah sembari memanggil nama anjing dan ucapkan "come" dengan suara yang bersahabat dan menyenangkan, saran Royal Society for the Prevention of Cruelty to Animals (RSPCA) di laman resminya.

Saat anjing mendatangimu, elus dengan lembut dan beri camilan kesukaannya. Secara bertahap, tingkatkan jarak dengan anjing sembari tetap memberi perintah yang sama.

Latihlah perintah "come" di dalam rumah lebih dulu, lalu coba di luar rumah. Jangan lupa beri pujian seperti "good boy" atau "good girl" jika anjing berhasil, ya!

3. Beri perintah "down" atau "berbaring"

7 Cara Mudah Melatih Anjing yang Bisa Kamu Lakukan di Rumahdogopedia.net

Dibanding dua perintah sebelumnya, perintah "down" mungkin terasa lebih sulit. Untuk melakukannya, siapkan camilan dan pegang di tangan yang tertutup. Lalu, dekatkan tangan ke moncong anjing dan biarkan ia mengendusnya.

Saat anjing mengendus, gerakkan tangan ke lantai agar ia mengikutinya. Setelah anjing menurunkan tubuhnya, ucapkan "down" dan berikan camilan serta elusan kasih sayang. Tetapi, jika anjing mencoba untuk duduk atau melompat ke tangan kita, ucapkan "no" dengan tegas.

Perintah "down" berguna untuk menjaga agar anjing tetap tenang dan rileks, terutama bagi anjing yang sedang gelisah atau ketakutan, ungkap laman Cesar's Way.

4. Beri perintah "stay" untuk diam di tempat

7 Cara Mudah Melatih Anjing yang Bisa Kamu Lakukan di Rumahthelittlepup.com

Untuk mempraktikkan perintah "stay", anjing harus menguasai perintah "sit" terlebih dahulu. Pertama, minta anjing untuk duduk, lalu buka telapak tangan di depan anjing sembari mengatakan "stay" dan mundurlah beberapa langkah.

Jika anjing patuh, beri camilan dan elusan kasih sayang. Lakukan perintah ini berulang-ulang sampai anjing paham. Perintah "stay" adalah bentuk latihan pengendalian diri untuk anjing. Sebab, anjing diperintahkan untuk diam di tempat dan sabar menunggu.

Baca Juga: 10 Jenis Anjing yang Jarang Menggonggong, Tidak Mengganggu Tetangga!

5. Beri perintah "leave it" untuk meninggalkan sesuatu

7 Cara Mudah Melatih Anjing yang Bisa Kamu Lakukan di Rumahjohnacademy.co.uk

Anjingmu terlihat penasaran dengan sesuatu, tapi mungkin terlihat berbahaya? Perintah "leave it" bisa digunakan! Caranya, tempatkan camilan di kedua tangan, lalu tunjukkan satu kepalan tangan dengan camilan di dalamnya dan katakan "leave it".

Mungkin, anjing tidak langsung mematuhi dan justru mencoba menjilat, mengendus, mencakar, atau menggonggong demi mendapatkan camilan tersebut. Kita cukup mengabaikan perilakunya.

Jika anjing sudah berhenti, berilah camilan dari tangan yang lain. Lakukan perintah ini berulang-ulang sampai anjing benar-benar memahaminya. Kita dianggap berhasil jika anjing konsisten menjauh saat perintah "leave it" diucapkan.

6. Latih potty training agar anjing tidak buang air sembarangan

7 Cara Mudah Melatih Anjing yang Bisa Kamu Lakukan di Rumahpuppypowerclub.com

Kesal karena anjing buang air sembarangan di rumah dan menimbulkan bau tak sedap? Latih potty training sejak dini adalah solusinya!

Siapkan alas khusus untuk anjing buang air. Perhatikan tanda-tanda anjing yang sedang "kebelet", seperti mengendus, berputar-putar, menggonggong, merengek, atau menggaruk pintu.

Jika anjing berperilaku demikian, tepuk tangan dengan keras untuk memperingatkan bahwa anjing telah melakukan sesuatu yang salah. Setelahnya, giring atau bawa anjing ke alas khusus untuk buang air. Apabila anjing berhasil menaatinya, beri pujian, camilan, dan elusan penuh kasih sayang.

7. Beri perintah "high five" untuk tos dengan tangan kita

7 Cara Mudah Melatih Anjing yang Bisa Kamu Lakukan di Rumahakc.org

Jika anjing melakukan sesuatu yang hebat, rayakan dengan tos atau high five. Lakukan trik ini di tempat yang tenang dan bebas gangguan. Jangan lupa sediakan camilan lezat kesukaannya, seperti irisan daging asap atau sepotong keju kecil.

Taruh camilan di tangan dan kepalkan tangan. Lalu, taruh kepalan tangan di depan hidung anjing. Tunggu sampai ia tidak sabar dan tangannya menggapai tangan kita, lalu ucapkan "high five". Jika berhasil, berikan camilan sebagai hadiah dan ulang hingga 5-10 kali.

Nah, itulah cara mudah melatih anjing beserta perintahnya yang bisa dipraktikkan. Yuk segera coba ke anjing kesayanganmu!

Baca Juga: 10 Jenis Anjing dengan Indra Penciuman Terbaik, bisa Diandalkan

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya