Comscore Tracker

Secara Ilmiah, Ini 7 Perbedaan Utama Pria dan Wanita Soal Jatuh Cinta 

Ternyata proses jatuh cinta pun berevolusi dari zaman dulu

Bicara soal cinta, susah rasanya untuk membuat standar tertentu untuk mendefinisikan atau mengukur apakah seseorang benar-benar mencintai satu sama lain. Namun ternyata itu merupakan hal yang wajar, karena wanita dan pria memang secara ilmiah diketahui mencintai dengan cara serta proses yang berbeda. Kok bisa? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 7 perbedaan utamanya!

1. Pria lebih cepat merasa jatuh cinta

Secara Ilmiah, Ini 7 Perbedaan Utama Pria dan Wanita Soal Jatuh Cinta tamlyhoctinhyeu.vn

Jonathan Bennett dan David Bennett, pendiri Double Trust Dating, mengungkapkan bahwa sebuah studi menunjukkan laki-laki cenderung lebih cepat untuk jatuh cinta dan mengekspersikan perasaannya. Meski tidak dijelaskan secara lebih lanjut, studi tersebut menyatakan bahwa wanita cenderung lebih berhati-hati dalam jatuh cinta karena faktor evolusi.

2. Pria sering kali lebih dulu mengucapkan kata cinta

Secara Ilmiah, Ini 7 Perbedaan Utama Pria dan Wanita Soal Jatuh Cinta thegioitre.vn

Di masa-masa pendekatan atau tahap awal hubungan, pria sering kali menjadi pihak yang cenderung lebih dulu mengucapkan kata cinta. Hal ini ditegaskan oleh Caleb Backe dari Maple Hospital. Situasi ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya, bahwa wanita lebih berhati-hati jika harus masuk ke dalam sebuah hubungan sehingga lebih lama pula waku yang dibutuhkan untuk mengucapkan kalimat seperti, "Aku sayang kamu." Hmmm...

3. Wanita lebih sering mengucapkan kata cinta

Secara Ilmiah, Ini 7 Perbedaan Utama Pria dan Wanita Soal Jatuh Cinta rd.com

Namun sebaliknya, begitu sudah berada dalam hubungan dan merasa nyaman, wanita justru jadi pihak yang lebih sering mengucapkan kata cinta. Selain itu, menurut Dr. Danielle Forshee, kalimat-kalimat bernuansa cinta juga mempunyai lebih makna bagi wanita daripada bagi laki-laki. Bila dilihat dari perspektif evolusi, ucapan sayang dari wanita menunjukkan bentuk komitmen.

Baca Juga: 9 Trik Psikologis Cerdik untuk Menutupi Ekspresimu di Depan Orang Lain

4. Wanita lebih setia

Secara Ilmiah, Ini 7 Perbedaan Utama Pria dan Wanita Soal Jatuh Cinta girly.vn

Ketika wanita memutuskan untuk berada di sebuah hubungan bersama seorang pria, dia cenderung hanya akan fokus pada pasangannya saja. Artinya, tidak ada lagi laki-laki lain yang menjadi prioritas atau bahkan gebetannya. Sayangnya, studi menunjukkan bahwa laki-laki,, terutama dalam usia remaja, cenderung masih suka tebar pesona dengan wanita lainnya. Duh...

5. Wanita butuh waktu lebih lama untuk menyukai

Secara Ilmiah, Ini 7 Perbedaan Utama Pria dan Wanita Soal Jatuh Cinta relateinstitute.com/

Laki-laki cenderung lebih visual dibandingkan wanita. Karena itu, lebih mudah bagi mereka untuk jatuh cinta 'dari jauh' sekaligus menyadari bahwa mereka sedang jatuh cinta. Di sisi lain, wanita punya pertimbangan yang lebih kompleks. Di samping ketertarikan secara fisik, mayoritas wanita juga membutuhkan faktor lain seperti kepribadian calon pasangan. Itu sebabnya wanita biasanya lebih lama 'panas' untuk urusan cinta.

6. Pria lebih sering mengalami perasaan yang tidak terbalas

Secara Ilmiah, Ini 7 Perbedaan Utama Pria dan Wanita Soal Jatuh Cinta heysigmund.com

Salah satu artikel di Business Insider menyatakan bahwa sebuah studi yang dilakukan Andrew Halperin dan Martie Hazletion di University of California, Los Angeles, pada tahun 2010 menemukan tidak ada perbedaan dalam batasan jumlah kemungkinan seseorang berada dalam hubungan romantis heteroseksual. Walau begitu, peneliti juga menyebutkan jika laki-laki mempunyai tingkat cinta pada pandangan pertama dan cinta yang tidak berbalas lebih besar dibandingkan wanita.

7. Pria dan wanita mencari kualitas yang mirip untuk hubungan jangka panjang

Secara Ilmiah, Ini 7 Perbedaan Utama Pria dan Wanita Soal Jatuh Cinta herworldvietnam.vn

Pada akhirnya, baik laki-laki maupun wanita, saat mereka lebih dewasa dan mencari hubungan serius untuk jangka panjang, akan mencari calon pasangan dengan kualitas yang mirip dengan mereka. Seperti yang disampaikan Forshee, hal-hal yang terlalu shallow alias dangkal, seperti fisik, tidak lagi menjadi prioritas utama dan tergantikan oleh hal-hal yang lebih penting seperti: kemampuan dalam memahami satu sama lain, kebaikan hati, intelegensi, dan membalas cinta mereka.

Tentu, fakta-fakta yang didapatkan dari penelitian di atas tidak akan berlaku untuk setiap individu, sesuai pengaruh yang diterima setiap orang. Bagaimanapun, ada pula wanita yang cenderung lebih sering mengungkapkan perasaannya terlebih dahulu, pun ada pula laki-laki yang lebih berhati-hati untuk memutuskan berada dalam sebuah hubungan. 

Bagaimana dengan kamu?

Baca Juga: Ini 14 Perbedaan Pria dan Wanita yang Jarang Kamu Sadari Menurut Ahli

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You