TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Lebih dari 7000 Atlet Tempur di PON XX Papua 2021

Pembukaan PON Papua hanya bisa dihadiri 25 persen orang

Sejumlah orang berpakaian adat nusantara menari di halaman Kantor Gubernur Papua, Sabtu (19/6/2021). Jelang 105 hari Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 edisi Kota Jayapura di tandai pemukulan tifa, pelepasan balon lampion ke udara, tarian nusantara. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Jakarta, IDN Times - Gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua beberapa hari lagi resmi dibuka. Pesta olahraga paling bergengsi di Indonesia yang dihelat empat tahun sekali bakal dibuka pada Sabtu (2/9/2021).

Menurut rencana, upacara pembukaan PON edisi kali ini bakal digelar di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura. Dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat, pembukaan ini bakal dihadiri langsung Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan beberapa Menteri.

Baca Juga: Media Harus Beri Warna Persiapan PON 2024 di Sumut-Aceh

1. 679 nomor dipertandingkan dari 37 cabor

Sejumlah atlet perahu layar Papua berlatih di perairan Yos Sudarso, Kota Jayapura, Papua, Selasa (29/6/2021) untuk mengikuti PON XX Papua. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

PON XX Papua akan mempertandingkan 37 cabang olahraga, 56 disiplin, 679 nomor pertandingan, dan 11 cabor eksibisi. Seluruh pertandingan itu digelar di empat lokasi berbeda, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Mimika.

Meski baru digelar secara resmi pada 2 hingga 15 Oktober 2021, beberapa cabang olahraga sudah mulai dipertandingkan di ajang ini. Futsal, sepak bola, sofbol, sepatu roda, dan beberapa cabor lainnya, memang sengaja dilangsungkan lebih awal karena rentang kompetisi yang panjang.

2. Sebanyak 7.039 atlet terlibat dalam pertandingan PON Papua

Pemain Sulawesi Selatan Syamsul Hadi (kanan) berebut bola dengan pemain Maluku Utara, Trifandi Layn dalam pertandingan penyisihan grup B cabang olahraga futsal putra PON XX Papua di GOR Futsal SP-2 Mimika, Jumat (24/9?2021). PB PON XX Papua / Ady Sesotya

Total, sebanyak 7.039 atlet terlibat dalam seluruh cabor yang dipertandingkan di PON kali ini. Jika dirinci lebih detail, sebanyak 4.161 atlet putra dan 2.878 putri bakal bersaing memperebutkan medali di PON XX Papua 2021. 

Tuan rumah Papua menjadi kontingen dengan jumlah atlet terbanyak dalam ajang ini, Total, mereka mengirimkan 923 atlet di berbagai cabor, dengan rincian 536 putra dan 387 sisanya putri.

Papua mencanangkan target 84 emas dalam ajang ini. Mereka menyiratkan bakal berusaha menjadi juara umum dalam perhelatan PON yang digelar di kandangnya.

Baca Juga: Atlet Jatim Dilarang Keluyuran Selama PON Papua, Ini Alasannya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya