TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

15 Peraturan Futsal dan Penjelasan Lengkapnya, Cek di Sini!

Pahami sebelum bermain

Timnas Futsal Indonesia coba memutus dominasi Thailand di final Piala AFf Futsal 2022. (Dok. PSSI)

Futsal merupakan olahraga beregu yang secara umum mirip dengan sepak bola. Bisa dibilang, futsal adalah versi mini dari sepak bola. Bedanya, futsal memiliki lebih sedikit pemain dan lapangan yang lebih kecil. Olahraga futsal juga sudah diperlombakan secara resmi, mulai dari tingkat nasional hingga internasional. 

Sama seperti sepak bola dan cabang olahraga pada umumnya, futsal memiliki peraturan yang harus dipatuhi setiap pemain. Peraturan futsal terdiri dari durasi pertandingan jingga peraturan terkait perlengkapan yang digunakan pemain.

Mau tahu apa saja peraturan futsal? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, ya!

1. Durasi pertandingan

Potret Ricardinho melawan Cosmo di Pro Futsal League, Sabtu (18/6/2022). (Foto: Instagram/ricardinho10oficial)

Secara umum, durasi pertandingan futsal berlangsung selama 40 menit yang dibagi menjadi dua babak. Setiap babak berlangsung selama 20 menit.

Jika dalam sebuah kompetisi dengan sistem gugur terjadi sebuah pertandingan dengan hasil seri selama 40 menit, maka akan ada dua babak tambahan waktu. Masing-masing babak tambahan waktu berdurasi 5 menit. Jika dari babak tambahan waktu masih seri, maka akan dilanjutkan ke babak penalti dengan maksimal 5 gol.

Waktu istirahat pada pertandingan futsal berlangsung selama 10 menit. Lalu, setiap tim juga diberikan satu kesempatan time out selama satu menit pada tiap babak. Namun, di babak tambahan waktu tidak ada time out.

Berjalannya waktu pertandingan dalam futsal juga berbeda dengan sepak bola. Dalam futsal, waktu pertandingan akan dihentikan setiap bola keluar dari garis lapangan atau bola dalam keadaan tidak aktif.

Oleh sebab itu, 40 menit durasi pertandingan dalam praktiknya tidak benar-benar 40 menit, melainkan akan lebih dari itu.

2. Kick off

ilustrasi lapangan futsal (unsplash.com/Falaq Lazuardi)

Kick off atau sepak mula adalah tendangan pertama pada awal pertandingan yang dilakukan oleh pemain sebuah tim. Pemain yang melakukan kick off harus berada di dalam lingkaran tengah lapangan dan pemain lainnya harus berada di luar lingkaran. Pemain yang melakukan kick off juga boleh mengoper ke rekan timnya atau boleh juga langsung mengarah ke gawang lawan. 

3. Kick in

Tangkapan layar pertandingan babak penyisihan Grup B cabang olahraga futsal PON XX Papua 2021 antara Jawa Timur versus Sulawesi Selatan di GOR SP 2 Mimika, Sabtu 25 September 2021. (YouTube.com/PON XX PAPUA 2021)

Kick in adalah tendangan ke dalam lapangan setelah bola keluar dari garis lapangan. Peraturan futsal untuk melakukan kick in adalah bola harus berada tepat di atas garis. Jika dalam sepak bola, bola yang keluar di sisi lapangan akan dilempar atau disebut throw in.

4. Goal clearance

Penjaga gawang Timnas Futsal Indonesia, Muhammad Albagir. (Instagram/@muhammadalbagir13)

Goal clearance merupakan lemparan gawang yang digunakan untuk menggantikan tendangan gawang, seperti dalam sepak bola. Kiper futsal harus melempar bola atau menendang bola ke depan atau ke rekan timnya. Bola harus keluar dari area penalti maksimal dalam waktu empat detik.

5. Penentuan pemenang

potret punggawa Timnas Futsal Indonesia di babak semifinal AFF Futsal 2022 (newsbeezer.com)

Sama seperti sepak bola, pemenang suatu pertandingan futsal adalah tim yang mencetak gol paling banyak pada pertandingan tersebut. Sebuah gol dianggap sah jika seluruh bola sudah melewati garis gawang secara keseluruhan. Selain itu, gol yang dianggap sah adalah gol yang tidak tersentuh oleh tangan pemain.

6. Pelanggaran futsal

Pemain Sulawesi Selatan Syamsul Hadi (kanan) berebut bola dengan pemain Maluku Utara, Trifandi Layn dalam pertandingan penyisihan grup B cabang olahraga futsal putra PON XX Papua di GOR Futsal SP-2 Mimika, Jumat (24/9?2021). PB PON XX Papua / Ady Sesotya

Peraturan futsal berikutnya berkaitan dengan pelanggaran yang terjadi selama pertandingan. Pelanggaran futsal memiliki banyak jenisnya. Bisa berupa pelanggaran ringan maupun berat. Misalnya, menarik atau mendorong lawan, melakukan tackle dan mengenai kaki lawan, dan sebagainya. Tim yang dilanggar akan mendapatkan tendangan bebas.

7. Pergantian pemain

Timnas Futsal Indonesia di Piala AFF 2022 / Dokumentasi PSSI

Pergantian pemain pada futsal juga memiliki peraturannya tersendiri. Setiap tim diperbolehkan membawa maksimal 7 pemain cadangan.

Berbeda dengan pergantian pemain sepak bola yang pertandingannya harus dihentikan, futsal memiliki peraturan lain. Pemain cadangan pada futsal bisa masuk ke lapangan setelah pemain yang akan ditukar sudah melewati garis lapangan.

Menariknya, tidak ada batasan pergantian pemain pada futsal. Pemain yang sudah keluar lapangan nantinya boleh masuk kembali. Pemain cadangan juga bisa keluar dan masuk lagi jika instruksi pelatihnya memang seperti itu.

8. Tendangan bebas

Ilustrasi futsal (pixabay.com/apnew0)

Peraturan futsal berikutnya adalah tendangan bebas. Tendangan bebas pada futsal dilakukan jika terjadi pelanggaran. Tendangan bebas boleh diarahkan langsung ke gawang lawan, boleh juga dioper ke rekan tim.

Kemudian, titik melakukan tendangan bebas akan ditentukan oleh wasit. Tim yang bertahan juga diperbolehkan membentuk dinding pertahanan dengan jarak lima meter dari bola.

9. Tendangan sudut

percepat.com

Tendangan sudut pada futsal dilakukan di sudut 90 derajat pada sisi gawang. Tendangan sudut atau corner kick didapatkan sebuah tim jika bola keluar dari garis gawang setelah terkena pemain tim lawan.

Jika pemain tidak menendang bola sampai empat detik setelah wasit memberi aba-aba, maka bola akan diberikan ke tim lawan untuk dilakukan goal clearance. Saat melakukan tendangan sudut, pemain tim lawan juga harus berada setidaknya tiga meter dari bola.

Selain itu, pemain yang melakukan tendangan sudut tidak boleh menyentuh bola untuk kedua kalinya sebelum disentuh pemain lawan.

10. Tendangan penalti

Ilustrasi arena bermain futsal (freepik.com/oduo)

Tendangan penalti juga menjadi salah satu peraturan futsal yang memiliki ketentuan khusus. Tendangan penalti diberikan kepada sebuah tim jika terjadi pelanggaran di dalam area penalti tim lawan.

Ada dua jenis titik penalti pada futsal, yaitu titik penalti yang berjarak 6 meter dari garis gawang dan titik penalti 10 meter. Titik penalti yang berjarak 10 meter biasanya terjadi karena sebuah tim sudah melakukan enam kali pelanggaran dalam satu babak.

11. Peraturan ukuran bola

Ricardinho, pemain futsal kenamaan asal Portugal. (instagram.com/ricardinho10oficial)

Ukuran bola futsal juga berbeda dengan bola sepak. Berikut rincian ukurannya:

  • Lingkar bola: 62-64 cm
  • Bobot bola: 400-440 gram.

12. Peraturan ukuran lapangan

Ilustrasi lapangan futsal (futsalindonesia.org)

Ukuran lapangan futsal juga jelas berbeda dengan lapangan pada sepak bola. Dari segi permukaan, standar lapangan futsal juga menggunakan vinyl.

Lapangan futsal di Indonesia memiliki panjang 25-42 meter dan lebar 15-25 meter. Sedangkan menurut Asociación Mundial de Futsal (AMF), panjang lapangan futsal adalah 38-42 meter dan lebar 19-25 meter.

13. Kartu kuning

ilustrasi kartu kuning (dicaseducacaofisica.info)

Kartu kuning juga digunakan dalam futsal sebagai peringatan kepada pemain yang melakukan pelanggaran. Biasanya, pemain yang mendapatkan kartu kuning sudah melakukan beberapa kali pelanggaran ringan atau melakukan satu kali pelanggaran sedang.

Sama seperti sepak bola, bagi pemain yang sudah mendapat dua kartu kuning, maka akan mendapatkan kartu merah.

Baca Juga: 4 Posisi Pemain Futsal dan Tugasnya di Lapangan, Pahami Yuk!

14. Kartu merah

Kartu merah pada futsal (dicaseducacaofisica.info)

Kartu merah pada futsal diberikan kepada pemain yang sudah mendapatkan dua kartu kuning dalam satu pertandingan atau bagi pemain yang melakukan pelanggaran fatal. Sama seperti sepak bola, pemain yang diganjar kartu merah harus keluar dari lapangan, sehingga pemain timnya akan berkurang satu tanpa pemain pengganti.

Namun, dua menit setelah wasit memberikan kartu merah, tim yang pemainnya mendapat kartu merah boleh memasukkan pemain lagi, dengan catatan belum terjadi gol. Jika sudah terjadi gol, maka kembali ke keputusan wasit apakah mengizinkan tim tersebut atau tidak.

Baca Juga: 11 Perbedaan Futsal dan Sepak Bola, Jangan Sampai Keliru

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya