11 Perbedaan Futsal dan Sepak Bola, Jangan Sampai Keliru

Ternyata futsal ada batasan jumlah pelanggaran lho

Ternyata ada cukup banyak perbedaan futsal dan sepak bola yang penting untuk diketahui. Apalagi bagi kamu yang sejak kecil gemar bermain bola dan ingin berkarier secara profesional, tetapi masih belum paham secara menyeluruh apa saja perbedaannya.

Hal yang membedakan keduanya terdapat pada beberapa unsur. Mulai dari jumlah pemain, waktu permainan, sampai jenis sepatu yang dipakai pemain. 

Penasaran apa saja perbedaannya? Simak artikel ini sampai selesai, yuk!

1. Perbedaan futsal dan sepak bola secara umum

11 Perbedaan Futsal dan Sepak Bola, Jangan Sampai KeliruPesepak bola Timnas Indonesia Rachmat Irianto (tengah) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Thailand Airfan Doloh (kanan) dalam pertandingan semifinal sepak bola SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis (19/5/2022). Dalam laga ini skuad Garuda kalah 0-1. (ANTARA/Aditya Pradana Putra/tom)

Sebelum lebih jauh membahas tentang perbedaan futsal dan sepak bola, perlu diketahui lebih dahulu terkait hal-hal umumnya. Berikut penjelasan tentang perbedaannya:

1. Futsal

Istilah Futsal berasal dari dua kata bahasa Spanyol, yaitu "futbol" yang artinya sepak bola dan "sala" yang berarti ruangan. Oleh sebab itu, sering kali futsal dimaknai sebagai permainan sepak bola di dalam ruangan.

Futsal awalnya lahir dan populer di negara asal Amerika latin. Pertandingan futsal di dunia juga sudah terdapat peraturan dan ketentuannya yang dibuat oleh organisasi sepak bola dunia, yaitu FIFA.

Di Indonesia, futsal mulai dikenal masyarakat pada 2000-an. Tak disangka futsal mendapat tempat sebagai olahraga favorit masyarakat Indonesia. Dibuktikan dengan ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah kejuaraan futsal di Asia pada 2002.

Kini Indonesia memiliki liga futsal profesional yang dinamakan Liga Pro Futsal dan sudah diselenggarakan sejak 2004.

2. Sepak bola

Di Indonesia, sepak bola sudah dikenal sejak masa penjajahan, yaitu tahun 1914. Saat itu, Belanda bahkan mendirikan organisasi sepak bola di Hindia Belanda, yaitu Nederlandsch Indische Voetbal Bond (NIVB). Meski begitu, pada tahun 1927 namanya berubah menjadi Nederlandsch Indische Voetbal Unie (NIVU).

Baru pada 1930, dibentuk Persatoean Sepakraga Seloeroeh Indonesia (PSSI). Namun, namanya kemudian diganti menjadi Persatuan Sepak Bola Indonesia dan diketuai oleh Soeratin Sosrosoegondo.

2. Perbedaan jumlah pemain

11 Perbedaan Futsal dan Sepak Bola, Jangan Sampai KeliruFutsal sebagai permainan bola besar (unsplash.com/setyaki)

Dari segi jumlah pemain, futsal dan sepak bola sudah berbeda. Satu tim futsal hanya diisi oleh 5 orang pemain sudah termasuk kiper. Sedangkan sebuah tim sepak bola berisi 11 pemain termasuk kiper.

3. Perbedaan ukuran dan jenis lapangan

11 Perbedaan Futsal dan Sepak Bola, Jangan Sampai Kelirupercepat.com

Kemudian, ukuran lapangan futsal dan sepak bola juga berbeda cukup jauh. Lapangan futsal biasanya berukuran panjang 38-42 meter dan lebar 18-25 meter. Sedangkan lapangan sepak bola umumnya memiliki panjang 90-120 meter. Lalu lebar lapangan sepak bola 45-90 meter.

Selain itu, jenis lapangannya pun berbeda. Lapangan futsal berada di dalam ruangan (indoor) dengan permukaannya berbahan vinyl atau rumput sintetis yang berada di atas lapisan beton atau semen.

Sedangkan lapangan sepak bola tentu saja berada di luar ruangan (outdoor) dengan menggunakan rumput hijau asli yang ditanam di atas tanah rata.

4. Perbedaan ukuran gawang

11 Perbedaan Futsal dan Sepak Bola, Jangan Sampai KeliruBek Chelsea, Kalidou Koulibaly, mencetak gol ke gawang Tottenham Hotspur (Twitter @PremierLeague)

Berikutnya, perbedaan futsal dan sepak bola terletak pada ukuran gawang. Pada olahraga futsal, gawang hanya berukuran tinggi 2 meter dan lebar sekitar 3 meter.

Sementara pada olahraga sepak bola, gawangnya cukup besar, yaitu umumnya memiliki tinggi 2,44 meter dan lebar 7,32 meter.

5. Jenis bola

11 Perbedaan Futsal dan Sepak Bola, Jangan Sampai Kelirupexels.com/Markus Spiske

Bola yang digunakan dalam permainan futsal dan sepak bola pun berbeda. Mulai dari segi ukuran keliling, berat, tekanan, hingga tinggi pantulannya. Berikut perbedaannya:

1. Bola futsal

Ukuran keliling: 62-64 cm

Berat: 400-440 gram

Tekanan: 0,4-0,6 atmosfer

Tinggi pantulan jika dijatuhkan dari ketinggian 1 meter: 55-65 cm

2. Bola sepak

Ukuran keliling: 68-71 cm

Berat: 396-453 gram

Tekanan: 8-12 psi

Tinggi pantulan jika dijatuhkan dari ketinggian 1 meter: 60 cm

6. Jenis sepatu

11 Perbedaan Futsal dan Sepak Bola, Jangan Sampai KeliruIlustrasi sepatu futsal (instagram.com/specs_indonesia)

Perbedaan selanjutnya terletak pada jenis sepatu yang dikenakan pemain. Sebab jenis lapangan berpengaruh pada jenis sepatu yang dipakai.

Sepatu futsal biasanya memiliki sol karet yang tidak keras, sehingga membuat pemainnya bisa bergerak bebas di atas lapangan yang berbahan dasar vinyl. Sedangkan sepatu untuk sepak bola memiliki pul sebanyak 6 buah atau lebih. Fungsi pul pada sepatu sepak bola adalah membantu kaki untuk berpijak dan mencengkeram di permukaan tanah.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Sepatu Futsal Ortuseight, Kualitas Juara!

7. Waktu pertandingan

11 Perbedaan Futsal dan Sepak Bola, Jangan Sampai Kelirufoxsport.com.au

Perbedaan futsal dan sepak bola selanjutnya adalah terkait waktu pertandingan. Pada pertandingan sepak bola, waktu yang diberikan yaitu 90 menit atau 2 x 45 menit. Sedangkan pada olahraga futsal, sebuah pertandingan hanya berdurasi 40 menit atau 2 x 20 menit.

Namun, waktu pada pertandingan futsal akan berhenti setiap kali bola keluar atau terjadi pelanggaran. Lalu akan dilanjutkan ketika permainan dimulai kembali atau wasit meniupkan peluit.

Sementara untuk babak tambahan waktu, pada sepak bola biasanya dilaksanakan selama 2 x 15 menit. Sedangkan futsal hanya 2 x 5 menit.

Kemudian pada setiap pergantian babak, biasanya ada waktu jeda untuk istirahat bagi kedua tim yang bertanding. Pada sepak bola, waktu istirahat antar babak biasanya sekitar 15 menit. Sedangkan pada futsal hanya sekitar 10 menit.

8. Jumlah wasit

11 Perbedaan Futsal dan Sepak Bola, Jangan Sampai Kelirudutchreferee.com

Setiap pertandingan olahraga selalu ada wasit sebagai pihak yang berhak memberi keputusan, begitu pula pada futsal dan sepak bola. Wasit pada pertandingan futsal biasanya berjumlah 2 orang. Satu wasit berada di dalam lapangan dan satu wasit berada di luar lapangan.

Sedangkan pada pertandingan sepak bola terdapat 4 wasit, rinciannya yaitu 1 wasit berada di dalam lapangan, 2 wasit berada di kedua sisi lapangan, dan 1 wasit pembantu berada di tengah luar lapangan.

9. Pergantian pemain cadangan

11 Perbedaan Futsal dan Sepak Bola, Jangan Sampai KeliruExtra Time Indonesia on Twitter

Perbedaan futsal dan sepak bola berikutnya terletak pada pergantian pemain. Pada pertandingan futsal, ketika sebuah tim ingin melakukan pergantian pemain, bisa langsung melakukannya tanpa harus izin ke wasit dan menghentikan permainan.

Jumlah pemain yang diganti juga tidak ada batasannya. Pemain futsal yang sudah diganti juga bisa masuk kembali.

Sedangkan pada pertandingan sepak bola, seperti yang diketahui bahwa untuk melakukan pergantian pemain, perlu izin ke wasit dan menghentikan permainan sejenak. Lalu jumlah pemain yang boleh diganti ada batasannya tergantung peraturan kompetisi.

Ada yang membolehkan mengganti 3 atau bahkan 5 pemain dalam satu pertandingan. Pemain yang sudah ditarik keluar juga tidak boleh bermain kembali dalam pertandingan tersebut.

Baca Juga: 11 Teknik Dasar Sepak Bola, Kunci Kuasai Pertandingan

10. Perbedaan peraturan

11 Perbedaan Futsal dan Sepak Bola, Jangan Sampai Kelirudailymail.co.uk

Peraturan futsal dan sepak bola juga terdapat beberapa perbedaan. Rinciannya sebagai berikut.

  1. Pada futsal, bola yang keluar harus ditendang, bukan dilempar seperti pada pertandingan sepak bola
  2. Pada futsal, tidak ada aturan offside
  3. Pada futsal, pemain yang mendapat kartu merah masih bisa bermain setelah 2 menit
  4. Pada futsal, hanya boleh melakukan 1 kali back pass ke kiper, sedangkan pada sepak bola tidak ada batasan

11. Jumlah pelanggaran futsal dan sepak bola

11 Perbedaan Futsal dan Sepak Bola, Jangan Sampai KeliruPemain Sulawesi Selatan Syamsul Hadi (kanan) berebut bola dengan pemain Maluku Utara, Trifandi Layn dalam pertandingan penyisihan grup B cabang olahraga futsal putra PON XX Papua di GOR Futsal SP-2 Mimika, Jumat (24/9?2021). PB PON XX Papua / Ady Sesotya

Dalam hal jumlah pelanggaran juga berbeda. Jika pada sepak bola sebuah tim tidak ada batasan spesifik untuk melakukan pelanggaran, maka pada olahraga futsal sebuah tim hanya boleh melakukan 5 kali pelanggaran.

Jika tim kamu melakukan pelanggaran ke-6, maka tim lawan akan mendapat hadiah penalti.

Nah, itulah tadi 11 perbedaan futsal dan sepak bola yang penting untuk kamu ketahui sebelum memainkannya. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Baca Juga: 11 Perlengkapan Kiper Futsal yang Wajib Kamu Punya, Catat!

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya