Ini 4 Fakta Unik Tentang Pencak Silat yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Pencak silat bawa harum Indonesia

Jakarta, IDN Times - Kehadiran pencak silat menjadi olahraga membanggakan bagi Indonesia. Sebab, selain asli dari tanah air, pencak silat juga mencatat banyak prestasi memabanggakan, termasuk saat Asian Games 2018 silam.

Tentu banyak fakta dan sejarah yang mengiringi perjalanan olahraga tersebut. Nah, berikut 3 fakta menarik yang barangkali belum kamu tahu tentang pencak silat:

 

1. Cabor Baru di Asian Games empat tahun silam

Ini 4 Fakta Unik Tentang Pencak Silat yang Mungkin Belum Kamu TahuANTARA FOTO/INASGOC/Melvinas Priananda/nak/18.

Sejarah mencatat, selama ajang Asian Games ternyata pencak silat belum pernah dipertandingkan. Baru pada gelaran multievent bergengsi Asia itu digelar di Indonesia, olahraga itu dipertandingkan.

Beruntunglah Indonesia pada 2018 siilam menjadi tuan rumah Asian Games ke-18. Alhasil, mereka punya hak mengajukan penambahan tiga cabang olahraga baru.

Dan yes! akhirnya pencak silat menjadi salah satu cabor yang ditandingkan dalam ajang olahraga empat tahunan ini. Indonesia pun mendulang banyak medali kala itu.

Baca Juga: [Breaking] Pesilat Indonesia Rebut Semua Medali Emas Hari Ini!

2. Bahasa Indonesia jadi bahasa resmi cabor Pencak Silat

Ini 4 Fakta Unik Tentang Pencak Silat yang Mungkin Belum Kamu TahuIDN Times/Helmi Shemi

Lima tahun silam, setidaknya ada 167 atlet dari 16 negara yang bertanding di olahraga pencak silat. Keenam belas negara itu yakni Timor Leste, Vietnam, Brunei Darussalam, Jepang, India, Thailand, Uzbekistan, Laos, Iran Filipina, Pakistan, Nepal, Singapura, Malaysia, Kyrgiztan dan Indonesia. 

Ternyata negara apapun yang ikut serta dalam cabor pencak silat ini, harus pakai istilah berbahasa Indonesia, seperti pukul, tendang, banting, gunting.

Jadi mau tidak mau dalam cabor ini harus menggunakan bahasa Indonesia dan tidak bisa diterjemahkan. Jadi bahasa Indonesia itu bahasa resminya lho. Wah keren banget yah!

3. Jenis yang dipertandingkan

Ini 4 Fakta Unik Tentang Pencak Silat yang Mungkin Belum Kamu TahuIDN Times/Helmi Shemi

Dalam cabor pencak silat ada dua kategori yang dipertandingkan, yaitu kategori seni dan tarung. Dalam seni, ada tiga kategori yang dipertarungkan yaitu tunggal, ganda dan regu. 

Untuk pesilat tunggal atau regu harus bisa menghapal 100 gerakan dalam waktu tiga menit, jadi semua jurusnya sudah ada pakemnya. 

4. Peraturan pencak silat yang adil

Ini 4 Fakta Unik Tentang Pencak Silat yang Mungkin Belum Kamu TahuINASGOC/Melvinas Priananda

Setiap pesilat yang bertanding di nomor tarung, satu pukulan diganjar satu poin, tendangan dua  poin, dan jika lawan jatuh karena pukulan dan tendangan dapat tiga poin.

Sebaliknya, jika serangan mengenai wajah dan kelamin, maka akan ada pengurangan poin. Adil banget yah?

Tentang berat badan untuk cabor ini ternyata berat minimal untuk seorang atlet pencak silat 45 kilogram dan maksimalnya 95 kilogram. Peraturan ini berlaku untuk laki-laki dan perempuan lho.

Baca Juga: 6 Kuda-kuda dalam Pencak Silat, Mana yang Kokoh?

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Ilyas Listianto Mujib
  • Bayu Nur Seto

Berita Terkini Lainnya