3 Fakta Kemenangan Pahit Smilla Sundell, Tanpa Sabuk Juara 

Tak terkalahkan di ONE Championship

ONE Championship menggelar ONE Fight Night 22 pada Sabtu (4/5/2024) di Lumpinee Boxing Stadium, Bangkok, Thailand. Laga ini menghadirkan beberapa pertandingan menarik dengan menghadirkan puncak laga Smilla Sundell menghadapi Natalia Diachkova. Ini tambah menarik karena kedua striker sama-sama belum terkalahkan di ONE Championship.

ONE Fight Night 22 lantas menjadi bukti keperkasaan Smilla Sundell. Ia berhasil menaklukkan lawannya yang berasal dari Rusia dalam dua ronde. Pertandingan Smilla Sundell dengan Natalia Diachkova ini sendiri menyajikan beberapa fakta menarik. Benarkah kemenangan ini merupakan kemenangan pahit Smilla Sundell di ONE Championship?

1. Natalia Diachkova menguasai ronde pertama

3 Fakta Kemenangan Pahit Smilla Sundell, Tanpa Sabuk Juara Smilla Sundell dan Natalia Diachkova sebelum pertandingan ONE Fight Night 22. (onefc.com)

Natalia Diachkova ingin membuktikan ucapannya. Ia menyebut Smilla Sundell bukanlah lawan terberatnya. Sejak awal ronde pertama, striker Rusia ini langsung merangsek Smilla Sundell. Ia menghujani lawannya yang jauh lebih muda tersebut dengan kombinasi pukulan keras. Beberapa pukulan Diachkova sempat membuat goyah The Hurricane.

Sesekali Smilla Sundell membalas pukulan Natalia Diachkova. Walaupun Diachkova menghujani Sundell dengan pukulan dan tendangan, Sundel masih mampu bertahan hingga ronde pertama berakhir. Praktis, ronde pertama menjadi milik Diachkova. Wajah Sundell terlihat memar di bagian dahi dan mengeluarkan darah di area pipi, di bawah mata, akibat terkena pukulan Diachkova.

Baca Juga: Natalia Diachkova Siap Rebut Sabuk Juara Smilla Sundell

2. Smilla Sundell memberikan kejutan pada akhir ronde kedua

Memasuki ronde kedua, agresivitas Natalia Diachkova tidak menurun. Karelian Lynx terus melontarkan pukulan dan kombinasi tendangan keras. Tendangan bawah Diachkova sempat membuat Smilla Sundell terjatuh. Namun, remaja 19 tahun asal Swedia ini masih mampu berdiri. Wasit Olivier Coste tidak memberikan hitungan kepada Smilla Sundell.

Dominasi Diachkova masih terlihat hingga 30 detik sebelum ronde kedua berakhir. Tanpa disangka, Smilla Sundel merangsek Diachkova pada akhir ronde kedua. Pukulan bertubi-tubi dan serangan lutut Smilla Sundell ke arah kepala Diachkova membuat wasit Olivier Coste menghentikan pertandingan pada 2:59. Smilla Sundell meraih kemenangan secara TKO atas Natalia Diachkova. Kemenangan ini menjadi kemenangan kelimanya di ONE Championship.

Bagi Diachkova, kekalahan ini adalah kekalahan pertamanya selama berkarier di ONE Championship. Sebelum menghadapi Smilla Sundell, Natalia Diachkova adalah salah satu striker yang belum terkalahkan. Dari 4 laga, 3 di antaranya ia raih dengan kemenangan KO/TKO.

3. Kemenangan pahit Smilla Sundell di ONE Championship

https://www.youtube.com/embed/yylPxMWPn7E

Smilla Sundell berhasil mempertahankan rekor tak terkalahkan di ONE Championship. Namun, kemenangan ini terasa menyakitkan bagi remaja sensasional ini. Pasalnya, Smilla Sundell memang berhasil memenangkan laga, tetapi tidak mendapatkan sabuk juara.

Hal disebabkan insiden saat uji hidrasi dan penimbangan badan yang dilakukan pada Kamis (2/5/2024) waktu setempat. Seperti dilansir ONE Championship, Sundell dinyatakan tidak lolos pengujian saat penimbangan badan. Berat badannya kelebihan 0,68 kilogram atau 1,5 pounds. Hal ini menyebabkan The Hurricane harus melepas sabuk juara dunia ONE Women’s Strawweight Muay Thai yang dipegangnya.

Alhasil, pertandingan Smilla Sundell dengan Natalia Diachkova dilanjutkan dalam kelas catchweight 57,3 kilogram atau 126,5 pounds. Jika Diachkova memenangkan pertandingan, maka ia berhak atas sabuk juara dunia. Berbeda halnya jika Smilla Sundell berhasil menang. Ia tidak berhak mendapatkan sabuk juara dunia tersebut. ONE Women’s Strawweight Muay Thai pun saat ini mengalami kekosongan karena tidak memiliki juara dunia.

Smilla Sundell kini memiliki rekor pertandingan dengan 5 kemenangan dari 5 laga tanpa terkalahkan. Dari 5 kemenangan tersebut, 3 di antaranya ia raih dengan kemenangan TKO. Sedangkan, dua sisanya dengan kemenangan angka. Kini, Smilla Sundell harus berjuang kembali memperebutkan gelar juara dunia ONE Women’s Strawweight Muay Thai pada laga berikutnya.

Baca Juga: Awalnya Coba-coba, Smilla Sundell Malah Jadi Juara Muay Thai Termuda

Ari Budiadnyana Photo Verified Writer Ari Budiadnyana

Menyenangi hal-hal baru. Menulis salah satu hobi sejak jaman blog. Menulis apa saja yang ada di hati.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya