4 Jawara Muay Thai di ONE Championship, Rodtang Paling Populer 

Thailand mendominasi

Muay thai menjadi olahraga sekaligus seni bela diri yang cukup populer saat ini. Kehadiran petarung-petarung muay thai di atas ring pun selalu ditunggu-tunggu, khususnya bagi penggemar ONE Championship. Sebab, mereka mampu menghadirkan pertarungan yang sangat menghibur.

Sebagai rumah bagi striker terbaik dunia, ONE Championship memiliki beberapa jawara muay thai yang sangat populer dan disegani. Siapa saja mereka? Simak daftar jawara muay thai di ONE Championship berikut ini!

1. Rodtang menjadi raja muay thai di ONE Championship

4 Jawara Muay Thai di ONE Championship, Rodtang Paling Populer Rodtang Jitmuangnon usai menang dalam suatu laga ONE Championship. (instagram.com/rodtang_jimungnon)

Membahas muay thai tentu tak bisa lepas dari sosok striker bernama Rodtang Jitmuangnon. Rodtang dikenal sebagai petarung yang tahan pukulan maupun tendangan. Ia juga memiliki agresivitas dalam bertarung yang didukung dengan serangan yang kuat dan mematikan sesuai dengan namanya yang memiliki arti tank tempur. Tak heran jika ia mendapatkan julukan The Iron Man.

Pemilik nama asli Tinnakorn Srisawat ini telah mencatatkan 16 pertandingan di arena ONE Championship dengan 14 kemenangan dan 2 kekalahan. Saat ini, Rodtang menjadi pemegang sabuk juara dunia ONE Flyweight Muay Thai. Selain itu, ia berada di peringkat pertama ONE Flyweight Kickboxing di bawah Superlek Kiatmoo9.

Nama Rodtang sempat menghilang karena didera cedera usai laga menghadapi Superlek pada 22 September 2023 lalu. Lama menepi karena cedera, kini Rodtang telah siap kembali untuk bertarung di atas ring. Rodtang dijadwalkan menghadapi Denis Puric di gelaran ONE 167 pada Sabtu (8/6/2024).

2. Superlek mampu mengalahkan Rodtang

https://www.youtube.com/embed/winAKNQ9b1Q

Striker berjuluk the Kicking Machine ini memiliki rekor satu kali kekalahan selama kariernya di ONE Championship. Superlek kini berada di peringkat pertama ONE Flyweight muay thai di bawah Rodtang. Namun, bukan berarti Superlek tidak layak disebut sebagai jawara muay thai di ONE Championship.

Walaupun kini menjadi juara dunia ONE Flyeweight Kickboxing, Superlek mampu menundukkan raja muay thai, Rodtang, di ONE Friday Fights 34 pada 22 September 2023. Pertarungan Superlek dengan Rodtang ini digadang-gadang sebagai pertarungan muay thai terbaik tahun itu. Rodtang mampu merobek dahi Superlek. Namun, Superlek masih mampu bertahan dan melakukan serangan ke arah megabintang Thailand tersebut.

Baca Juga: 5 Fakta Rodtang Jitmuangnon, Raja Muay Thai dari Thailand 

3. Jonathan Haggerty menjadi juara dunia ONE Bantamwight muay thai dan Kickboxing

https://www.youtube.com/embed/75FtfOQPWL4

Nama Jonathan Haggerty tentu layak disebut sebagai salah satu raja muay thai ONE Championship. Striker asal Inggris ini melakukan debut di ONE Championship pada 2019. Hebatnya, saat debut, ia mampu merebut gelar juara dunia ONE Flyweight Muay Thai dari tangan juara dunia muay thai legendaris, Sam-A Gaiyanghadao.

Sayangnya, Jonathan Haggerty tidak bisa mempertahankan gelar juaranya. Ia harus rela menyerahkan sabuk juara ONE Flyweight Muay Thai ke tangan Rodtang. Striker berjuluk The General ini kalah dalam dua kali pertarungan menghadapi Rodtang.

Setelah kekalahan tersebut, ia berpindah kelas ke ONE Bantamwight Muay Thai. Pada 2023, Jonathan Haggerty membuat kejutan. Ia berhasil mengalahkan sosok legendaris yang menjadi juara dunia ONE Bantamweight Muay Thai, Nong-O Hama. Nong-O Hama adalah striker yang belum pernah terkalahkan dalam sepuluh pertandingan sebelum menghadapi Jonathan Haggerty. Kini, Jonathan Haggerty masih menjadi raja muay thai di ONE Bantamweight.

4. Tawanchai pemegang sabuk juara dunia ONE Featherweight Muay Thai

https://www.youtube.com/embed/Fl-FkQb5UEU

Tawanchai PK Saenchai dikenal sebagai raja muay thai di skena lokal Bangkok sebelum bergabung bersama ONE Championship. Ia pernah meraih penghargaan sebagai Fighter of the Year di Lumpinee Stadium, Sports Authority of Thailand. Ketenarannya ini membawanya untuk bergabung bersama ONE Championship pada 2021.

Awalnya, ia berada di ONE Bantamweight Muay Thai. Kemudian, ia memilih untuk pindah kelas ke ONE Featherweight Muay Thai. Tawancai berhasil merebut sabuk juara dunia ONE Featherweight Muay Thai dari tangan Petchmorakot Petchyindee di ajang 161 pada 29 September 2022.

Tawancai mampu mempertahankan sabuk juara dunianya. Ia belum pernah dikalahkan dalam empat laga setelah merebut sabuk juara dunia tersebut. Perjalanan kariernya di ONE Championship cukup bersinar. Tawancai telah melakoni 9 laga dengan 8 kemenangan dan 1 kekalahan.

Muay thai kini tak hanya berkembang di Thailand. Terbukti, salah satu jawara muay thai berasal dari Inggris. Akankah muncul nama-nama jawara muay thai baru di ONE Championship pada 2024 ini?

Baca Juga: Profil Denis Puric, Siap Hadapi Rodtang di ONE 167

Ari Budiadnyana Photo Verified Writer Ari Budiadnyana

Menyenangi hal-hal baru. Menulis salah satu hobi sejak jaman blog. Menulis apa saja yang ada di hati.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya